Wisata Bahari Pulo Cinta, Taman Laut Olele dan Tanjung Oile

  • Whatsapp

Mencari tempat wisata di Kota Gorontalo, dijamin pasti akan banyak mendapat banyak pilihan terutama bagi penikmat wisata bahari. Sebut saja Taman Laut Olele, Tanjung Oile, dan yang paling terkenal Pulo Cinta.

wisata pulo cinta

Bacaan Lainnya

Pemandangan di Pulo Cinta benar-benar mempesona, baik saat kita berjalan kaki di deck jembatan yang memanjang, saat berbaring menikmati ketenangan, atau dari atas melalui drone. Dikelilingi lautan dangkal berpasir putih, warna hijau-toska turquoise dan biru berpadu indah membuat pemandangan yang mengundang siapapun untuk datang dan menikmati keindahan Pulo Cinta.

Pulo cinta yang berdiri di Pulo Pasir ini satu satunya di Indonesia di mana berdiri tempat resort yang berkonsep eco resort. Keindahan foto dari udara ini memperlihatkan konsep arsitektur yang menawan, seperti rumah tradisional.

Pulo Cinta Eco Resort ini tidak memiliki penyejuk ruangan, karena semua ventilasi di desain dengan baik sehingga aliran udara memenuhi seluruh ruangan dengan baik. Tak hanya itu Pulo Cinta Eco Resort ini juga menggunakan solar panel untuk menggerakan listriknya , ditambah air yang sejuk sekali tidak lengket jika mandi ataupun keperluan lainnya.

Selain karena bentuk pasirnya, ternyata Pulo Cinta mempuyai cerita sendiri kenapa dinamakan ‘Cinta’. Konon, pada masa peperangan Gorontalo dulu, ada sesorang pangeran yang jatuh cinta dengan seorang perempuan cantik keturunan Belanda, kemudian mereka berdua memadu kasih.

Karena kedua belah pihak orangtua tidak saling merestui, akhirnya mereka berdua menjalin kasih diam-diam, bertemu juga secara diam-diam. Tempat biasa mereka bertemu kini dikenal dengan nama Pulau Cinta. Itulah mengapa, pulau yang satu ini sarat akan nuansa syahdu, romantis dan penuh cinta.

Banyak banget spot keren di Pulo Cinta. Kebanyakan wisatawan menjadikan spot eco resort 15 cottage sebagai latar belakang foto-foto mereka. Nah, buat kamu yang penasaran benar nggak sih pulau cinta itu berbentuk love (hati).

Cobalah untuk gunakan drone untuk memotretnya dari atas ketinggian, sebab pemandangan epic tersebut hanya bisa dinikmati dari atas ketinggian.

Taman Laut Olele

Suka dengan kegiatan snorkeling? Kunjungi Taman Laut Olele. Di Taman Laut Olele tidak perlu ke laut dalam. Dengan menggunakan kapal yang disewakan penduduk, sekitar 10 menit dari pinggir pantai, kita sudah bisa melihat kecantikan warna warni terumbu karang dan bermain bersama ikan.

Dengan menggunakan paket yang ditawarkan penduduk sekitar, kita sudah mendapatkan kapal yang digunakan untuk mengantar kebeberapa spot, peralatan dasar seperti masker, snorkel, dan sirip kaki tambahan. Dan tak kalah penting kamera bawah air beserta fotografernya yang siap mendokumentasikan kita di dalam laut.

Taman Laut Olele, bagian dari Teluk Tomini, merupakan tempat yang pas untuk berwisata dalam laut. Selain ombaknya relatif tenang, letak Olele yang terpencil dan jauh dari keramaian menambah nyaman suasana wisata di sana. Olele menyimpan keunikan terumbu karang yang amat mudah dinikmati bahkan oleh seorang penyelam pemula sekalipun.

Secara umum, ada dua tipe kedalaman terumbu karang di Olele, yaitu terumbu karang dangkal dan dalam. Pada terumbu karang yang dangkal hanya memiliki kedalaman 0,5-1 meter dari permukaan air laut. Dengan kedalaman seperti itu, sangat mudah menikmati pemandangan terumbu karang dengan menggunakan snorkel.

Salah satu spot di Olele yang menyajikan terumbu karang dangkal ada di spot bernama Goa Jin. Di lokasi ini, selain tersaji terumbu karang nan indah, ratusan ikan-ikan kecil aneka warna semakin mempercantik pemandangan di sana. Namun, sesuai namanya, di spot Goa Jin sekaligus ada terumbu karang dalam.

Tanjung Oile

Ingin mendapatkan suasana lain, cobalah wisata ke Tanjung Oile. Tidak hanya menawarkan keindahan lautnya tapi di pantainya pun banyak tempat-tempat indah untuk berfoto ria. Oile merupakan tanjung indah di Gorontalo Utara.

Senjanya memukau, menampilkan langit merah dengan bulatan matahari yang berlahan turun ke peraduan. Warnanya spektakuler, apalagi ketika berhasil menangkap gambar perahu kayuh di dekat bulatan matahari senja.

Kegiatan utama di Oile adalah snorkeling dan diving. Untuk diving wisatawan dapat menyewa perlengkapan di resort. Instruktur diving berpengalaman siap mendampingi ke spot terbaik di perairan Gorontalo.

Penggemar diving akan menemukan surga bawah laut dengan keunikan biota dan terumbu karang. Setelah itu, silakan menikmati ketenangan, keindahan, atau berperahu ke perkampungan, berinteraksi dengan penduduk setempat.

 

Wisata Bahari Pulo Cinta, Taman Laut Olele dan Tanjung Oile

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *