Pengertian dan Macam Tipe Restoran

Pengertian restoran secara umum adalah suatu tempat atau bangunan yang diperuntukkan untuk publik dengan menjual makanan dan minuman baik secara dihidangkan, prasmanan, atau pun memilih sendiri dan setiap restoran pasti memiliki pelayan yang memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.

pengertian restoran

Istilah restoran diserap dari dari bahasa Inggris restaurant yang secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu restaurare, yang memiliki arti a public eating place, yaitu rumah makan atau tempat makan umum.

Macam-macam Tipe Restoran

Dilihat dari pengelolaan dan sistem penyajian, restoran dapat dibedakan menjadi beberapa tipe,  yaitu :

1. A’la Carte restaurant 

Suatu restoran yang telah diberi izin untuk menjual segala jenis makanan dengan banyak variasi dan di restoran ini pengunjung yang datang bebas memilih makanan sendiri sesuai dengan kemauan pengunjung akan tetapi setiap makanan yang dijual di restoran ini memiliki harga yang berbeda.

Baca juga:   Pengertian Transportasi Dan Akomodasi Dalam Pariwisata

2. Table D’hote restaurant

Suatu restoran yang menjual makanan dengan cara menyajikan hidangan dengan lengkap yaitu dengan menyajikan mulai dari menu pembuka hingga menu penutup dan di restoran ini harga paketan makanan sudah di tentukan juga.

3. Café

Suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanan terbatas dan tidak menjual minuman beralkohol.

4. Continental Restaurant

Suatu restoran yang menitik beratkan hidangan continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah. Bersuasana santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai dan rileks.

5. Carvery

Suatu restoran yang biasanya identik dengan hotel, dimana disini para pengunjung meracik sendiri makanannya seperti memanggang daging sesuai keinginan pengunjung dan restoran ini sudah menetapkan harga untuk setiap menu yang disajikan.

Baca juga:   Jenis dan Macam Pariwisata

6. Dining room

Suatu tempat makan yang terdapat di hotel-hotel kecil seperti motel atau inn, dimana tarif makan yang diberikan lebih ekonomis dibandingkan tempat makan di hotel berbintang. Dining room biasanya disediakan untuk para tamu yang menginap do hotel tersebut akan tetapi juga menerima tamu yang tidak tinggal di hotel tersebut.

7. Fish and Chip Shop

Restoran yang banyak terdapat di Inggris, dimana pengunjung dibebaskan memilih sendiri ikan atau pun keripik dan biasanya berupa ikan cod yaitu, ikan dibungkus dalam pembungkus kertas dan dibawa pulang, jadi makanan ini tidak dimakan di tempat.

8. Grill Room

Suatu restoran yang menyediakan bermacam-macam jenis olahan daging panggang dan pada umumnya antara restoran dan dapur hanya dibatasi dengan sekat kaca, hal ini bertujuan untuk para pembeli dapat memilih sendiri daging sendiri dan dapat melihat proses memanggang daging tersebut. Griil room bisa disebut juga dengan steak house.

9. Specially restaurant

Baca juga:   Perjalanan Wisata Menggunakan Bus Umum

Restoran yang suasana dan dekorasinya disesuaikan dengan tipe makanan khas yang disediakan. Restoran ini menyediakan masakan Cina, Jepang, India, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tata cara negara tempat asal makanan spesial itu.

10. Terrace restaurant

Jenis restoran yang terletak diluar bangunan, akan tetapi masih berhubungan dengan ruangan induk di dalam. Di negara-negara barat pada umumnya restoran seperti ini hanya dibuka pada musim panas saja.

11. Family tipe restaurant

Jenis restoran sederhana yang menyajikan makanan dan minuman bagi tamu-tamu keluarga atau rombongan dengan harga yang terjangkau.

Jadi dari berbagai jenis tipe restoran diatas, restoran disimpulkan bahwa merupakan salah satu bentuk dari pusat wisata kuliner.

 

Pengertian dan Macam Tipe Restoran

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *