Pengertian Transportasi Dan Akomodasi Dalam Pariwisata

Transportasi dan akomodasi adalah 2 bagian penting dalam dunia pariwisata. Seperti dalam pengertian pariwisata yaitu kegiatan manusia yang melakukan perjalanan ke dan tinggal di daerah tujuan di luar lingkungan kesehariannya, maka alat transportasi dibutuhkan. Demikian juga dalam pengertian wisatawan merupakan pengunjung yang menginap atau pengunjung yang tinggal di daerah tujuan wisata, akan membutuhkan akomodasi.

Transportasi Dan Akomodasi Pariwisata

Pengertian transportasi dalam pariwisata

 

Pengertian transportasi dalam pariwisata adalah sarana (alat) untuk mencapai tujuan wisata dan juga sarana pergerakan di tempat tujuan wisata. (the means to reach
the destination and also means of movement at the destination)

Sedangkan secara umum pengertian transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengacu pada definisi pariwisata tourism is atemporary movement of people from one piace to another berarti keberadaan industri transportasi sangat penting dengan mempertimbangkan bahwa perjalanan wisata menyangkut mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain. Dalam perkembangannya fungsi alat transportasi bukan hanya sebagai sarana mobilisasi, melainkan juga sebagai atraksi wisata (part leisure).

Transportasi Angkutan wisata yang bisa digunakan wisatawan meliputi:

Transportasi Udara

Angkutan udara digunakan oleh wisatawan yang menginginkan kenyamanan dan kecepatan karena alat angkut udara dapat menjangkau jarak yang jauh dan waktu tempuh panjang serta mampu mengangkut penumpang dan barang. Jenis transportasi pesawat udara baik penerbangan internasional maupun penerbangan domestik, dapat berupa penerbangan borongan atau charter dan penerbangan berjadwal atau scheduled.

Transportasi Darat

Setiap kegiatan wisata tentunya membutuhkan transportasi darat baik berupa mobil (pribadi dan sewa), maupun bus, truk, taksi, kereta api. Angkutan darat memberikan beberapa manfaat karena bersifat fleksibel dapat mengantarkan penumpang secara “dari pintu ke pintu”.

Angkutan darat dapat memberikan kenyamanan pribadi. Wisatawan dapat menentukan rute perjalanan, mengatur waktu keberangkatan dan kedatangan serta tempat perhentian.
Transportasi darat dapat mencapai daerah yang sulit bahkan area yang terpencil sekalipun. Ia berfungsi sebagai alat transportasi, sarana rekreasi dan akomodasi serta mampu mengangkut penumpang dan bagasi.



Transportasi air

Transportasi air memberikan pengalaman dan kesan tersendiri. Angkutan air yang dapat digunakan diantaranya kapal feri penyeberangan, kapal pesiar, kapal danau, sungai dan kanal,dan perahu.

Angkutan laut mampu mencapai pulau-pulau kecil (terutama yang tidak dapat dicapai oleh alat transportasi lain) dan menggunakan sumber daya alam (perairan). Angkutan air bisa
menampung banyak pengguna mulai dari perahu, sampan, kapal feri, hingga kapal pesiar.

Sama seperti transportasi udara,angkutan air terdiri dari pelayaran internasional maupun pelayaran domestik,dapat berupa pelayaran borongan atau charter dan pelayaran terjadwal atau scheduled.

Pengertian akomodasi dalam pariwisata

 

Pengertian akomodasi dalam pariwisata adalah suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran.

Pengertian akomodasi bukan hanya untuk pariwisata saja melainkan bisa memiliki pengertian menurut ilmu sosial yaitu suatu perjanjian antara dua kelompok yang memiliki perbedaan pendapat pada subjek, atau proses dari mencapai suatu kesepakatan. Juga akomodasi dikenal dalam bidang biologi yaitu penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda.

Sarana akomodasi tentunya sangat dibutuhkan untuk setiap kegiatan wisata,karena kegiatannya membutuhkan waktu lebih dari 1 hari. Seluruh akomodasi umumnya menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lain namun dalam wujud yang beragam.

Akomodasi terdiri dari berbagai bentuk. Hotel merupakan salah satu bentuk akomodasi umumnya digunakan oleh wisatawan. Bentuk akomodasi lainnya dapat berupa motel atau motor hotel, pondok remaja, vila, bungalow dan cottage, pondok wisata, wisma atau mess (guest house), dormitori, losmen, marina, kapal pesiar, karavan, hotel perahu, flat, apartemen, dan kondominium.

Setiap akomodasi diklasifikasikan dan dikategorikan karena wisatawan yang menjadi tamu hotel,misalnya menganggap penilaian tersebut menunjukkan kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Semakin tinggi peringkat akomodasi menunjukkan kualitas fasilitas dan pelayanan yang baik sejalan dengan harga yang tinggi pula.

 

 

Transportasi Dan Akomodasi – Informasi Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *