Perlindungan Asuransi Jiwa Saat Berwisata

Kegiatan wisata dapat diartikan suatu perjalanan yang dilakukan orang untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain meninggalkan tempatnya semula, dengan suatu perencanaan dan dengan maksud semata-mata untuk menikmati kegiatan tamasya dan rekreasi.

Asuransi Jiwa Saat Berwisata

Namun di lain kegiatan wisata dalam pelaksanaannya banyak terdapat risiko seperti kecelakaan hingga kehilangan nyawa. Guna memperkecil risiko yang terjadi dalam menjalankan aktivitas wisata maka bisa mengantisipasi dengan bekerjasama dengan perusahaan asuransi jiwa. Diharapkan perusahaan asuransi jiwa mampu melakukan seleksi risiko (underwriting) terhadap calon tertanggung.

Asuransi Untuk Wisata

Hampir seluruh tempat wisata yang dikelola dengan baik dan benar, umumnya telah mengasuransikan pengunjungnya. Baca: Landasan Hukum Wisatawan Mendapat Asuransi. Termasuk juga wisatawan yang ikut dalam rombongan paket wisata dari biro pariwisata yang biasanya termasuk biaya asuransi.

Perlindungan hukum bagi pihak tertanggung dalam asuransi pariwisata yang dalam perjanjian diwakilkan kepada biro pariwisata berdasarkan Pasal 31 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, yang mana pihak tertanggung yakni wisatawan telah sepakat untuk diikutsertakan dalam program asuransi selama mengikuti kegiatan program pariwisata dengan perusahaan pelaksana sebagai agen perjalanan, sehingga wisatawan mendapat perlindungan atau asuransi oleh penanggung atau perusahaan asuransi yang bekerjasama.

Baca juga:   Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis yang Tepat

Secara umum, asuransi kecelakaan yang paling banyak untuk wisata (termasuk perjalanan oleh biro wisata). Asuransi kecelakaan diri sering disebut sebagai border line insurance product, yaitu produk asuransi yang berada pada garis batas pemasaran asuransi kerugian dan asuransi jiwa. Maksudnya adalah asuransi kecelakaan diri dapat dipasarkan oleh perusahaan asuransi jiwa maupun perusahaan asuransi kerugian.

Namun, asuransi kecelakaan diri menganut prinsip-prinsip yang dianut oleh asuransi jiwa atau asuransi sejumlah uang, yaitu prinsip kepentingan yang dapat diasuransikan, prinsip itikad baik dan prinsip sebab akibat.

Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident Insurance) adalah asuransi yang menjamin atau memberikan santunan atas risiko kematian, catat tetap, catat sementara, biaya perawatan dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan suatu kecelakaan yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang  datangnya secara tiba-tiba, tidak dikehendaki atau direncanakan, dari luar, terlihat dan langsung yang seketika itu mengakibatkan luka badani yang sifat dan tempatnya dapat ditentukan oleh ilmu kedokteran.

Baca juga:   Ide Bisnis Kopi Modal Ringan Bagi Prakerja

Yang dapat memanfaatkan produk asuransi kecelakaan diri adalah siapa saja yang mempunyai risiko misalnya karyawan perusahaan, anggota keluarga, tamu hotel, nasabah bank, pengunjung tempat wisata, dan lain-lain.

Apalagi saat ini sudah ada Program Universal Travel Protection merupakan program yang dibentuk atas kerjasama antara Kementrian Pariwisata, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, beserta Konsorsium Asuransi Jiwa dan Umum yang ada di Indonesia. Dengan demikian kepariwisataan sudah ada asuransi di dalamnya.

Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Bagi wisatawan yang sering pergi berwisata baik dalam maupun luar negeri, untuk lebih menghindari risiko finansial akibat kematian saat melakukan perjalanan wisata adalah ikut asuransi jiwa mandiri. Artinya bukan hanya mengadalkan asuransi kecelakaan dari tempat wisata maupun dari biro pariwisata saja.

Baca juga:   Proses Audit Pada Energi Listrik

Pasalnya asuransi jiwa akan memberikan solusi lewat uang santunan yang diberikan kepada keluarga. Harapannya, mereka dapat melanjutkan hidup dengan layak.

Banyak perusahaan asuransi yang merupakan lembaga keuangan non bank memberikan layanan jasa asuransi jiwa kepada masyarakat untuk mengatasi risiko yang terjadi di masa yang akan datang.

Namun agar tidak salah pilih perusahaan asuransi yang terbaik, dapat melihat di website Lifepal.co.id karena memiliki daftar lengkap tentang pilihan asuransi jiwa. Lifepal bekerja sama dengan perusahaan asuransi terpercaya dan memiliki rekam jejak terbaik dengan memiliki laporan keuangan yang sehat.

 

Perlindungan Asuransi Jiwa Saat Berwisata

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *