Sarana Transportasi Umum Di Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia memiliki berjuta kegiatan sehingga membuat kota ini tidak pernah tidur. Berbagai kegiatan dari sektor berbeda seakan menjadi magnet bagi semua orang untuk datang ke Jarkarta entah itu untuk mencari rejeki, berinvestasi, berwisata, belajar dan lain sebagainya.

Sarana transportasi di Jakarta merupakan salah satu peran penting sebagai penunjang kegiatan di Jakarta. Meskipun alat transportasi ini juga penyumbang masalah baru seperti macet, polusi namun keberadaannya tetap sangat dibutuhkan oleh semua kalangan baik itu penduduk tetap maupun pendatang sementara.

Sarana Transportasi Umum Di Jakarta

Transportasi Umum Di Jakarta

 

Bagi orang yang datang ke Jakarta dengan maksud dan tujuan tertentu, pasti ingin mengetahui sarana transportasi apa yang dapat digunakan sewaktu berada di Jakarta, terutama bagi yang tidak memiliki kendaraan sendiri atau tidak membawa karena mobil masuk bengkel dan sebagainya sebagai alat transportasi untuk mempermudah kegiatannya. Termasuk bagi wisatawan yang ingin mengunjungi obyek wisata di Jakarta yang cukup banyak tersebar di berbagai wilayah.

Sebagai ibukota negara, tentunya Jakarta memiliki beragam sarana transportasi yang memadai untuk mendukung aktivitas kota. Sarana transportasi umum di Jakarta dapat dikatakan cukup memadai yang dapat menjadi pilihan sehingga sangat membantu bagi orang yang datang ke Jakarta.

Beberapa sarana transportasi umum yang ada di Jakarta, yang paling sering digunakan adalah:

Bus Umum Jakarta

Bus adalah salah satu alat sarana transportasi yang murah dan banyak digunakan di Jakarta. Ada banyak jenis bus kota dengan rute dan fasilitas yang berbeda seperti: Bus Trans Jakarta (Busway), bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB), Kopaja, PPD (Pengangkut Penumpang Djakarta). Termasuk mini bus seperti mikrolet.

Taxi Jakarta



Taxi merupakan alat transportasi khusus yang dapat digunakan dengan membayar lebih mahal dibandingkan dengan transportasi umum lainnya karena memiliki kenyamanan yang berbeda. Di Jakarta ada dua jenis taxi yaitu taxi konvensional, taxi khusus (sistem sewa) dan yang terbaru adalah taxi online dengan memiliki cara dan perhitungan tersendiri.

Kereta Jakarta

Kereta adalah alat transportasi massal yang paling banyak diminati di Jakarta terutama bagi masyarakat di luar daerah jakarta seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Depok. Jenis kereta yang ada adalah Kereta Api Listrik (KRL) dengan tarif murah sehingga merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan.

Bajaj

Meskipun alat transportasi ini terbatas di wilayah tertentu terutama di daerah pinggiran kota Jakarta, namun Bajaj masih banyak dipilih oleh masyarakat sebagai sarana transportasi karena dapat diandalkan dalam menerobos kemacetan Jakarta dan tentu saja ongkosnya yang sangat terjangkau.

Ojek Jakarta

Di Jakarta juga terdapat alat transportasi umum dengan menggunakan sepeda motor atau yang lebuh dikenal dengan nama ojek. Ojek motor bisa menjadi alternatif pilihan jika terjadi kemacetan. Saat ini di Jakarta ada tiga jenis ojek yaitu ojek motor konvensional yang biasa mangkal di pangkalan ojek, ojek motor online dengan cara memesan dan yang terakhir adalah ojek sepeda (ontel) yang ada di beberapa wilayah di Jakarta.

 

Itulah beberapa alat transportasi umum di Jakarta yang dapat dijadikan pilihan, terutama bagi yang tidak memiliki kendaraan sendiri atau tidak ingin terjebak kemacetan. Pilihan dikembalikan lagi kepada anda, tergantung budget dan kenyamanan yang ada.

 

Sarana Transportasi Umum Di Jakarta – Kanal Wisata Indonesia

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *