Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara

Salah satu lokasi wisata yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata di Kabupaten Jepara adalah Objek wisata Air Terjun Songgolagit. Objek wisata tersebut berada di Dusun dukuh Ngelencer Desa Bucu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Air Terjun Songgolangit Jepara

Objek wisata Air Terjun Songgolangit

Objek wisata Air Terjun Songgolangit tersebut memiliki ketinggian sekitar 80 meter serta lebarnya sekitar 2 meter. Di bawah lokasi air terjun ini terdapat sebuah kolam penampungan air dengan kedalaman sekitar 3 meter yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk berenang atau bermain air sembari menikmati panorama keindahan alam Air Terjun Songgolangit.

Menurut cerita masyarakat sekitar, para wisatawan yang membasuh badan di lokasi tersebut dapat membikin awet muda. Namun para wisatawan tidak diperkenankan untuk mandi di bawah Air Terjun tersebut dikarenakan sering terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga:   Indahnya Pemandangan Taman Nasional Baluran Situbondo

Di bawah Air Terjun tersebut terdapat sebuah kubangan air yang mempunyai palung dengan kedalaman sekitar 8 meter, disitulah para korban banyak yang tenggelam sampai tidak dapat ditemukan. Hal tersebut yang menjadikan alasan dilarang mandi di bawah Air Terjun Songgolangit tersebut.

Rute Air Terjun Songgolangit

Lokasi wisata ini berada sekitar 35 kilometer di bagian utara pusat Kota Jepara. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut sangatlah mudah. Dikarenakan akses jalur menuju lokasi ini sudah bagus dan bisa di lalui oleh kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Rute perjalanan menuju lokasi tersebut, dari pusat kota jepara yaitu pengunjung mengambil jalur ke arah Kabupaten Pati melewati Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Bangsri, serta Kecamatan Kembang. Setelah sampai di Kecamatan Kembang, maka perjalanan di lanjutkan menuju Desa Cepogo melewati kawasan hutan jati milik perhutani dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer sampai pertigaan jalan Desa.

Baca juga:   Waduk Wadaslintang, Keindahan Di Perbatasan

Di pertigaan tersebut pengunjung akan menemukan papan petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Songgolangit ini. Dari lokasi tersebut pengunjung mengambil jalan ke kanan dengan jarak sekitar 11 kilometer. Dari Desa Cepogo tersebut pengunjung akan melewati Desa Semanding sampailah di Desa Bucu atau Air Terjun Songgolangit tersebut berada.

Fasilitas Yang Ada Di Air Terjun Songgolangit

Fasilitas-fasilitas yang ada di lokasi wisata Air Terjun Songgolangit ini diantaranya yaitu kios – kios warung makan, toilet, serta area parkir yang sangat luas. Biaya tiket masuk di lokasi wisata Air Terjun Songgolangit ini sangatlah murah, yaitu sekitar Rp 1.500,- per orang pada hari biasa. Sedangkan pada saat hari libur tiba tiket masuk menuju lokasi wisata tersebut sekitar Rp 2.000,- per – orang.

Baca juga:   Wahana Wisata Permainan Air (Waterpark) Kota Semarang

Selain membayar tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 1.500,- untuk kendaraan roda dua / sepedah motor dan Rp 3.000,- untuk kendaraan roda empat / mobil. Jika pengunjung membawa kendaraan bus biaya parkir sekitar Rp 5.000,- .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadikan inspirasi Anda untuk berkunjung ke lokasi objek wisata Air Terjun Songgolangit tersebut. Sekian dan terima kasih.

 

Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *