Wisata Gua Macan dan Gua Lawa Grobongan

Berwisata di Gua merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Nih salah satu tempat wisata berupa Gua yang memiliki keindahan alami di Kabupaten Grobongan. Lokasi wisata tersebut bernama Gua Macan dan Gua Lawa. Lokasi ini berada di kawasan Jatipohon Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Objek wisata tersebut sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun kerabat dekat Anda.

Gua Macan dan Gua Lawa Grobongan

Gua Macan Dan Gua Lawa Menurut Mitos Warga

Objek wisata tersebut berkaitan dengan dua nama binatang yaitu macan atau harimau dan kelelawar atau dalam bahasa jawa lawa. Konon, menurut cerita warga setempat pada zaman dulu di gua ini sering terlihat hewan macan berada di dalam gua tersebut, sedangkan pada gua yang satunya banyak dihuni jutaan kelelawar yang berada di dalam gua.

Baca juga:   Video: Wisata Goa Akbar Tuban

Pada lokasi Goa Macan ini, pengunjung dapat melihat mulut dari Goa Macan yang berada pada bagian paling atas, untuk dapat melihat mulut gua tersebut kita harus menyusuri jalan menanjak untuk sampai ke lokasi tersebut.

Apabila kita memasuki Goa Macan ini, pada bagian ruangan gua akan terlihat remang – remang serta agak gelap dikarenakan hanya terdapat satu lubang pada bagian paling atas gua yang di sinari oleh cahaya matahari. Lokasi Gua Macan ini belum terdapat alat penerangan yang dibuat untuk keperluan wisata.

Keindahan Stalagtit Di Gowa Lawa

Pada lokasi Goa Lawa pertama kali para pengunjung yang dapat dilihat setelah melakukan pendakian jalan setapak yang sudah di paving akan nampak mulut atau pintu masuk Gua dari Goa Lawa tersebut. Pemandangan Stalaktit yang sangat indah akan terlihat jelas di bagian ruangan dari Goa Lawa ini, karena di bagian atas sisi kanan dan kiri, terdapat sebuah lubang yang menyinari seluruh bagian ruangan gua dari sinar matahari secara langsung.

Baca juga:   Wisata Pantai Ombak Mati Jepara

Stalaktit yang meruncing ke bawah yang berada di atap gua tersebut terjadi karena adanya proses pelarutan air berkapur yang berlangsung secara terus menerus sehingga membentuk stalaktit yang sangat indah dan runcing.

Stalaktit adalah jenis speleothem yang menggantung dari langit-langit gua kapur. Ia termasuk dalam jenis batu tetes. Stalaktit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral. (Wikipedia)

Harapan yang di inginkan oleh masyarakat sekitar serta para wisatawan yang pernah berkunjung ke lokasi objek wisata ini diantaranya pembenahan akses jalur transportasi menuju lokasi tersebut secara maksimal, penambahan tanaman hias untuk keindahan serta kenyamanan para wisatawan, pembangunan kolam renang di bagian bawah agar menarik wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Baca juga:   Wisata Alam Piket Nol Lumajang Jawa Timur

Biaya retribusi Obyek Wisata Gua Macan dan Gua Lawa ini sekitar Rp 3.000 per- orang. Lumayan murah tak sebanding dengan keindahan objek wisata tersebut. Selain itu pengunjung juga dikenakan biaya parkir sekitar Rp 3.000 per kendaraan.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kabupaten Grobongan sempatkanlah untuk mampir ke lokasi objek wisata goa tersebut ya sob. Demikian informasi dari saya semoga dapat menambah pengetahuan Anda dan selamat berwisata.

 

Gua Macan dan Gua Lawa Grobongan

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *