Alasan Harus Punya Asuransi Mobil dan Rekomendasi Pilihan Terbaiknya

Berwisata bersama keluarga ke destinasi wisata tentu lebih enak menggunakan mobil sendiri. Namun perlu diketahui bahwa sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda tentu sadar pentingnya memiliki asuransi mobil. Selain berkendara jadi lebih aman, asuransi mobil juga dapat membuat hati lebih tenang dalam perjalanan ke tempat wisata.

Alasan Harus Punya Asuransi Mobil

Pasalnya, Anda akan mendapatkan ganti rugi berbagai peristiwa yang dialami dari perusahaan asuransi mobil tanpa harus menguras tabungan. Dengan catatan, sesuai dengan polis asuransi yang dipilih.

Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dimiliki nasabah, yaitu asuransi All Risk mobil dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Jika Anda belum memiliki asuransi mobil dan ingin menerima manfaat proteksi yang banyak, maka asuransi mobil terbaik dari Sinarmas bisa menjadi pilihannya.

Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa jenis pertanggungan asuransi mobil, seberapa penting memiliki asuransi mobil hingga rekomendasi terbaiknya.

Alasan Wajib Punya Asuransi Mobil

Tentu saja setiap perusahaan asuransi mobil memiliki keunggulan tersendiri seperti halnya dengan premi yang diberikan. Untuk itu, Anda perlu memahami betul alasan mengapa penting memiliki asuransi mobil:

1. Keuangan tidak bocor

Perusahaan asuransi mobil mewajibkan nasabahnya membayar premi asuransi setiap bulannya untuk menjadi dana talangan jika terjadi sesuatu yang buruk terhadap kendaraan. Adapun besaran premi yang dikeluarkan disesuaikan dengan keuangan Anda.

Dengan memiliki perlindungan terhadap kendaraan roda empat, maka keuangan Anda tidak akan bocor. Sebab, Anda bisa keluar uang lebih banyak untuk perbaikan mobil atau bahkan kehilangan jika tidak memiliki proteksi satu ini.

2. Berkendara jadi lebih tenang

Mobil mogok di tengah jalan sebelum mencapai tempat tujuan wisata atau bertemu kerumunan pendemo bisa terjadi kapanpun dan di mana saja.

Jika kejadian tersebut dialami, Anda tidak perlu khawatir dan panik karena asuransi mobil telah menanggung segala risiko tersebut.

3. Menanggung kerusakan hingga kehilangan

Seperti dipaparkan sebelumnya, proteksi yang diberikan dalam asuransi mobil lengkap. Selain kerusakan saat tengah berkendara, mobil hilang digondol maling juga akan tetap diganti rugi oleh perusahaan asuransi mobil.

4. Tidak ada yang perlu dikorbankan

Jika tiba-tiba mengalami kerusakan mobil, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Terkadang pengeluaran tak terduga seperti ini membuat Anda harus menguras tabungan, padahal tabungan tersebut untuk hal-hal yang lebih urgent.

Lain halnya jika Anda memiliki asuransi mobil, tentu tidak akan mengganggu rencana masa depan Anda. Uang tabungan akan tetap terjaga, dan perusahaan asuransi akan bertanggung jawab atas semua kerusakan pada kendaraan kesayangan.

Jenis-Jenis Pertanggungan Asuransi Mobil

Ada dua macam pertanggungan yang diberikan asuransi mobil yakni Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau comprehensive alias menyeluruh. Dalam hal risiko dan nilai pertanggungannya, kedua jenis asuransi tersebut berbeda.

1. Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) akan memberikan ganti rugi pada risiko terhadap kerugian atau kerusakan total dan risiko kendaraan hilang akibat pencurian.

Namun, dengan catatan yaitu biaya perbaikan lebih besar atau sama dengan 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian dan usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan TLO adalah 12 tahun.

2. All Risk atau Comprehensive

Pada pertanggungan asuransi mobil All Risk akan memberikan proteksi penuh. Pihak asuransi mobil akan menjamin risiko terhadap kerugian atau kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.

Meski begitu, ada usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan All Risk, yaitu 9 tahun. Sebab, hampir semua jenis kerusakan ditanggung sehingga meringankan beban pengeluaran.

Rekomendasi Asuransi Mobil Murah

Setelah mengetahui alasan wajib memiliki asuransi mobil dan jenis-jenisnya, tentu saja Anda penasaran dengan perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih.

Berikut ini adalah beberapa nama perusahaan asuransi terbaik yang menawarkan harga terjangkau:

1. Asuransi mobil Sinar Mas

Sinarmas  memiliki produk unggulan bernama Simasnet, yang bisa melakukan klaim langsung ke bengkel authorized apabila terjadi kerusakan pada mobil yang kita asuransikan.

2. Asuransi Garda Oto

Garda Oto masih memberikan pelayanan terbaiknya dengan menghadirkan berbagai jenis asuransi mobil, seperti All Risk, TLO, tanggung jawab pihak ketiga, dan perluasan huru-hara serta bencana alam.

3. Jasaraharja Putera

Jasa Raharja Putera adalah anak perusahaan dari Jasa Raharja, yang menyediakan layanan asuransi mobil terbaik.

Ada Jasa Raharja Putera ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor) yang memiliki dua pertanggungan yaitu TLO dan All Risk.

Semuanya memiliki biaya premi yang tergolong lebih murah dibandingkan perusahaan asuransi lainnya.

4. Asuransi Adira (Autocillin Auto Insurance)

Asuransi mobil yang diberikan Adira tak perlu diragukan lagi, karena kita akan mendapatkan layanan terbaik ketika terjadi kerusakan pada mobil yang kita miliki.

5. AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance menyediakan layanan Smart Drive yang memberikan jaminan terhadap kehilangan kunci kendaraan dan perlindungan terhadap kerugian total ketika mobil terjadi kecelakaan ataupun dicuri oleh supir pribadi.

6. Asuransi ACA Otomate

Asuransi mobil ini adalah memberikan layanan mobil pengganti yang membuat kamu tetap bisa beraktivitas ketika mobil sedang diperbaiki di bengkel.

Selain itu, tersedia pula fasilitas Roadside Assistance yang akan membantu memperbaiki kerusakan mobil langsung di lokasi.

7. Asuransi Allianz Utama Indonesia

Allianz punya produk MobilKu yang menyediakan tiga paket komprehensif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari paket Allianz MobilKu Grand,  yang memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap kerusakan ataupun pencurian.

Itulah beberapa alasan mengapa perlu asuransi mobil saat digunakan berwisata maupun kegiatan lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Alasan Harus Punya Asuransi Mobil dan Rekomendasi Pilihan Terbaiknya

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.