Indahnya Pemandangan Taman Nasional Baluran Situbondo

Berkunjung di Kota Situbondo tidak ada salahnya jika anda mampir di objek wisata Taman Nasional yang satu ini, yaitu sebuah objek wisata yang kaya dengan Suaka Margasatwanya. Objek wisata tersebut bernama Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran

Objek wisata ini terletak di Banyuputih Situbondo. Nama dari objek wisata tersebut diambil dari nama pegunungan yang berada di daerah Kabupaten Situbondo, yaitu bernama Gunung Baluran.

Taman nasional tersebut terdiri dari beberapa jenis vegetasi hutan yang menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan ketika para wisatawan melakukan travelling serta berwisata di objek wisata tersebut.

Dari jenis Vegetasi tersebut diantaranya yaitu hutan mangrove, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, serta hutan pantai. Hutan – hutan tersebut mendominasi kawasan di Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari luas wilayah lahan di wilayah tersebut.

Baca juga:   Wisata Taman Nasional Cibodas

Objek wisata Taman Nasional Baluran memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 25.000 hektar. Di lokasi tersebut terdapat dua tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing, yaitu tempat wisata Savana Bekol dan tempat wisata Pantai Rama.

Beberapa koleksi pepohonan di objek wisata Taman Nasional Baluran mencapai kurang lebih 450 macam jenis tumbuhan. Dari sekian banyaknya tumbuhan yang berada di objek wisata tersebut sering digunakan sebagai obat – obatan, yang merupakan tumbuhan asli yang mampu beradaptasi dalam kondisi saat kemarau tiba.

Macam – macam jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Baluran di antaranya yaitu: Tumbuhan Mimba, Tumbuhan Pilang, Tumbuhan Asam Jawa, Tumbuhan Gadung, Tumbuhan Kemiri, Tumbuhan Widoro Bukol, Tumbuhan Gebang, Tumbuhan Api – api, Tumbuhan Kendal, Tumbuhan Kepuh, serta Tumbuhan Salam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga:   Danau Kawah Kelimutu Keindahan 3 Warna

Sedangkan untuk jenis satwa yang terdapat di objek wisata Taman Nasional Baluran yaitu terdapat 26 macam jenis satwa yang berada di kawasan tersebut diantaranya Kerbau liar, Kucing Bakau, Kancil, Banteng, Kijang, Macan Tutul, Rusa, serta masih banyak lagi yang lainya.

Selain itu di lokasi objek wisata tersebut juga terdapat 155 spesies burung yang bertempat tinggal serta masih hidup di sekitar lokasi Taman Nasional Baluran diantaranya yaitu Burung Kangkareng, Burung Bangau Tong – Tong, Burung Tawuk Asia, Burung Merak, Ayam Hutan, Burung Cucak Rawa, Burung Murai dan masih banyak lagi spesies burung lainya .

Lokasi Taman Nasional Baluran memiliki beberapa pos atau tempat pengamatan yang dapat dikunjungi para wisatawan yang datang serta memiliki keistimewaan sebagai obyek wisata di dalam Baluran. Yaitu terdapat goa peninggalan masa kolonial Jepang, serta makam putri dari Sunan Maulana Malik Ibrahim.

Baca juga:   Wisata Pantai Boom Banyuwangi dan Sejarah

Selain itu pengunjung juga dapat melihat atraksi sebuah tarian burung merak pada saat musim kawin tiba. Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran tergolong sangatlah murah. Oleh sebab itu sangat disayangkan jika tidak berkunjung di objek wisata tersebut. Demikian informasi dari saya semoga bermanfaat.

 

Taman Nasional Baluran

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *