Seruling Samudera di Pantai Karst Klayar Pacitan

Kabupaten Pacitan yang dikenal dengan sebutan Kota 1001 Goa ternyata memiliki hamparan pantai karst yang luar biasa mempesona, salah satunya adalah Pantai Klayar Pacitan. Pantai ini merupakan salah satu hamparan pantai karst di pantai selatan yang dikenal dengan ombak yang besar namun mempunyai warna laut yang biru.

Pantai Klayar Pacitan

Pesona Batuan karang yang menjadi bagian dari kecantikan pantai klayar ini menambah nilai estetika sebuah pantai karst. Terdapat jalan setapak yang akan menemani anda menyusuri bukit karst yang berada di pucuk bukit untuk melihat pesona pantai klayar secara luas dari atas bukit.

Banyak pengunjung yang betah berlama-lama menyaksikan keindahan batuan karst yang merupakan ciri khas batuan pegunungan lintas selatan yang berjajar dengan pegunungan gunung kidul.

Pantai Karst Klayar Pacitan

 

Kurang puas jika menikmati pantai Klayar hanya dari atas, berjalan-jalan menyusuri pasir putih menjadi pilihan yang paling menyenangkan. Berjalan ke arah timur, akan bertemu dengan sebuah sungai kecil yang mengalir membelah pantai untuk kemudian menyatu dengan air laut. Menyeberangi sungai ini menjadi sensasi tersendiri yang  mengasyikkan. Di beberapa titik kedalamannya mencapai paha orang dewasa.

Tidak jauh dari muara ini, sungai lain yang lebih kecil namun tidak kalah cantik mengalir tenang membentuk muara yang kedua. Dasarnya berpasir hitam dengan garis-garis pasir putih yang terbawa dari pantai.

Pantai Karst Klayar Pacitan

Di ujung timur Anda akan disapa oleh sebuah laguna yang jelita yang mempunyai warna air yang berbeda dengan air laut di sekitar pantai.



Laguna (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau di dalam atol disebut laguna.

Diapit dua gugusan batu karang yang sangat mendominasi landscape pantai, laguna yang terletak terlihat indah dengan gulungan ombak jernih yang menghantam dinding karang kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih.

Laguna kecil ini memang mempesona dan membuat betah berlama-lama duduk santai yang sudah disediakan gubuk kecil di bibir pantai untuk memandang fenomena alam yang terjadi. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik.

Seruling Samudra Pantai Klayar

Batuan karang yang menjulang tinggi di sebelah timur laguna salah satunya kalau diperhatikan mirip dengan bentuk layar. Menjelajahi area karang di belakangnya, terlihat beberapa lubang kecil berisi air laut yang nampaknya menjadi rumah bagi kepiting-kepiting kecil. Sedangkan di sebelah kanan nampak bukit karang dengan terowongan alami di bawahnya.

Jangan kaget ketika di belakang anda tiba-tiba sebuah air mancur menyembur ke atas. Lagi-lagi sebuah fenomena alam luar biasa. Ada sebuah celah di batu karang ini. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter.

Fenomena semburan alam yang menyerupai air mancur tersebut disebabkan efek pompa yang disebabkan oleh gelombang. Penduduk setempat menamakan nya ‘Seruling Samudera’ karena semburan air diikuti oleh suara melengking yang mirip seruling. Seperti halnya Goa Gong Pacitan yang sering terdengar suara mirip bunyi gong dari dalam goa.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Lokasi pantai Klayar berada di Kalak, Sendang, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Waktu tempuh Pantai Klayar dari kota Pacitan sekitar satu jam, namun juga bisa ditempuh dari Yogyakarta kurang lebih sekitar 110 km, dengan rute Jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam.

Mengingat pantai Klayar ini belum dilalui oleh angkutan umum, maka untuk menuju lokasi ini harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa seperti motor atau mobil. Dari jalan utama Pracimantoro – Pacitan, Anda bisa belok ke kanan (ada papan petunjuk arahnya). Jarak dari situ ke pantai Klayar masih kurang lebih 20 km.

 

Pantai Klayar Pacitan – Wisata Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *