Tempat Wisata di Purwokerto Yang Populer

Berkunjung ke kota Purwokerto yang berhawa sejuk ini merupakan pengalaman yang menyenangkan. Liburan dengan mengunjungi tempat wisata yang populer di wilayah Jawa Tengah ini sering dilakukan oleh pengunjung yang suka dengan suasana alam segar. Wisata alam seperti berkunjung ke daerah pegunungan, sungai, dan air terjun juga mewarnai keindahan wilayah Purwokerto. Apa saja yang menarik dan populer di sini? Silakan ikuti panduan di bawah ini.

Tempat Wisata di Purwokerto

Tempat Wisata Populer Purwokerto

Adapun obyek menarik yang dapat anda kunjungi saat liburan meliputi:

Curug Cipendok.

Curug Cipendok.Berupa air terjun yang sangat tinggi, mencapai 92 meter. Lokasinya berada di desa Karangtengah, kecamatan Cilongok, Banyumas Purwokerto. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi berkemah para pecinta alam dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan yang tidak jauh dari Curug Cipendok. Sebagian masyarakat menyebut air terjun ini dengan nama curug Cilongok. Jika anda berniat mengunjungi kawasan yang berada di lerang gunung Slamet ini, dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 30 kilometer via Kalisari.

Telaga Pucung.

Telaga Pucung.Lokasinya sangat dekat dengan Curug Cipendok. Hanya sekitar 500 meter sebelah baratnya air terjun. Danau ini adalah obyek wisata yang baru ditemukan sekitar tahun 1997, dan sebelumnya tersembunyi di tengah semak-semak. Setelah mengalami penataan yang cukup lama, maka pada tahun 2005 tempat ini diresmikan pemerintah Purwokerto sebagai lokasi wisata keluarga yang cukup menarik. Wilayah Telaga Pucung ini dikelilingi hutan yang masih asli dan merupakan habitat elang Jawa dan Harimau Jawa yang mulai langka.

Baca juga:   Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Patut Dikunjungi

Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman.Kota Purwokerto identik dengan tempat kelahiran pahlawan besar negara Indonesia ini, yaitu tepatnya di Purbalingga. Dan untuk menghormati jasa beliau, didirikan monumen yang merupakan obyek wisata bersejarah yang berada di jalan Soeparno no 24. Keberadaan monumen Jenderal Soedirman sebenarnya ada di beberapa kota, salah satunya di Nganjuk, wilayah jawa Timur. Hal ini disebabkan karena Jenderal Sudirman pernah bergerilya memimpin perang di wilayah tersebut selama beberapa hari. Tetapi monumen terbesar dan dilengkapi dengan museum dua lantai adalah yang berada di kota Purwokerto ini.

Goa Maria Kaliori.

Goa Maria Kaliori.Wisata religi rohani yang sering dilakukan umat katolik ini berada di desa Kaliori, kecamatan Kalibagor, Purwokerto. Tempat yang sangat indah dan tenang, seolah berada di dalam hutan yang sunyi. Berada di kawasan ini terasa kedamaian yang mengalir di sanubari para wisatawan. Jika anda berangkat dari pusat kota, silakan jalani rute ke Sokaraja, lalu saat tiba di pertigaan (lampu merah) silakan belok ke kanan. Dari sini lokasi goa Maria Kaliori sudah dekat dan petunjuknya cukup jelas. Setelah berziarah, sebaiknya anda mampir ke tempat kuliner di kawasan Sokaraja.

Pemandian Tirta Husada Kali Bacin.

Pemandian Tirta Husada Kali Bacin.Tempat pemandian air panas ini berada di desa Tambaknegara. kecamatan Rawalo, kabupaten Banyumas, di Purwokerto. Obyek menarik berupa kolam ini dipercayai oleh warga sekitar mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit ini mengandung mineral dan belerang yang cukup tinggi. Jika anda ingin mengunjungi Pemandian Tirta Husada ini, carilah bendungan gerak sungai Serayu. Karena tempatnya hanya 300 meter dari bendungan tersebut.

Baca juga:   Menikmati Kecantikan Samarinda dari Tepian Sungai Mahakam

Baturaden.

Baturaden.Suatu kawasan di sisi gunung Slamet yang merupakan kawasan liburan populer warga Purwokerto. Jarak dari pusat kota menuju tempat wisata ini hanya sekitar 15 menit atau 20 KM. Kawasan dingin yang mirip kawasan Kintamani Bali ini memiliki beberapa obyek utama yang menarik seperti danau, hutan pinus serta pemandian air panas.

Di Baturaden juga terdapat kolam renang dengan berbagai atraksi permainan yang disukai anak-anak. Rekreasi keluarga kerap dilakukan di sini. Penginapan yang tersedia di sini juga bervariasi mulai dari yang murah sekitar 50.000 per malam hingga resort yang harganya hampir 1 juta per harinya. Jika anda mengunjungi Baturaden saat libur panjang, maka kawasan ini sering mengalami kemacetan sehingga menjadi kurang nyaman. Hal ini sangat wajar mengingat wilayah Baturaden dikenal dengan banyaknya obyek menarik dan populer.

Secara geografis wilayah, keenam tempat wisata yang kami sebutkan di atas cukup berdekatan dan obyek-obyek tersebut adalah yang paling populer di Purwokerto. Dan untuk memperlengkapi perjalanan liburan anda, berikut ini adalah obyek menarik di dalam kawasan Wana Wisata Baturaden, diantaranya:

  • Pancuran Pitu.
  • Pancuran telu.
  • Curug Ceheng.
  • Lembah Combong (lokasi bermain paintball & war games).
  • Telaga Sunyi.
  • Bumi Perkemahan Baturaden.
  • Goa Sarabadak (disebelah pancuran pitu).
  • Goa Selirang.
  • Wisata Purbasari Pancuran Mas
Baca juga:   Panduan Tempat Wisata Utama di Wilayah Bandung

Kuliner Khas Banyumas

kuliner purwokerto

Jika anda dan keluarga berwisata ke wilayah Purwokerto disarankan juga mencicipi kuliner khas kota ini. Ada berbagai macam kuliner yang cukup populer, yang tempatnya sangat mudah dijangkau. Diantaranya:

  • Getuk Goreng. Lokasinya di jalan raya Sokaraja (arah masuk kota Purwokerto dari wilayah Wonosobo).
  • Soto Sokaraja. Berada di balik jalan raya Sokaraja.
  • Es Duren Niki Eco di alun-alun timur Purwokerto.
  • Hapir setiap sudut kota terdapat penjual tempe mendoan. Tetapi yang terkenal di dekat terminal bis Baturaden.

Panduan liburan yang cukup lengkap, bukan? Salah satu tempat wisata populer di Jawa Tengah ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur menikmati keindahan alam yang masih asli. Dan kota Purwokerto menyediakan obyek seperti itu untuk anda.

Akses ke Purwokerto

Saat ini perjalanan menyusuri tempat wisata yang indah dan terkenal di Purwokerto hanya dapat dilakukan melalui jalan darat. Pintu masuk ke wilayah ini dapat dilakukan dari lintas selatan yaitu yang menghubungkan provinsi Jawa Barat dengan Yogyakarta.

Saat mendekati Cilacap, ada pertigaan yang menunjukkan arah ke kota Purwokerto. Jika anda berangkat dari Yogyakarta, waktu tempuh sekitar 4 jam. Sedangkan jika akses yang anda lakukan dari pantura yaitu kota Semarang, maka dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan melalui Wonosobo. Kota “Mendoan” ini memang terletak di tengah pulau Jawa, yang merupakan titik temu 3 kota besar.

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *