Eloknya Sungai Kapuas di Kota Pontianak

Indonesia memiliki banyak sungai yang panjangnya mencapai ratusan kilometer. Ada Sungai Musi, Sungai Mahakam, Sungai Barito, Sungai Batanghari, Sungai Bengawan Solo, Sungai Mamberamo, dan juga Sungai Kapuas. Dari semua sungai panjang tersebut, Sungai Kapuas memegang tahta sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Dengan panjang 1.143 kilometer, sungai ini mengalahkan Sungai Mahakam dan Sungai Barito yang “hanya” sepanjang 900-an kilometer. Dan salah satu kota yang dilalui sungai ini adalah Pontianak.

Sungai-Kapuas-Pontianak

Masyarakat Pontianak sendiri senang berkumpul di alun-alun yang terletak di tepi Sungai Kapuas. Setiap malam di tempat itu menjadi pusat keramaian dengan adanya pasar malam. Pada hari biasa saja alun-alun dipenuhi orang. Apalagi pada akhir pekan. Rasanya bagaikan seluruh warga kota datang ke alun-alun.

Di tepi sungai, bersandar kapal yang dindingnya terbuka dan seluruh badannya dipenuhi oleh lampu-lampu. Kapal itu siap mengantar pengunjung yang ingin menyusuri Sungai Kapuas. Dari atas kapal, pemandangan memang tak begitu kelihatan karena hari sudah malam. Yang menjadi pemandangan utama adalah jembatan panjang yang menyeberangi Sungai Kapuas.

Selain itu, kita juga bisa membeli beraneka macam minuman di atas kapal. Makna utama dari naik kapal ini bukanlah melihat pemandangan. Kekerabatan mungkin lebih utama. Karena sembari minum, kita juga bisa bercengkerama bersama keluarga atau teman.

 

Sungai Kapuas di Kota Pontianak 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *