Kejernihan Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat direncanakan akan jadi kota baru Walini yang dikembangkan pada lahan seluas 2.800 hektare milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Dalam perencanaan tersebut  70 persen dari seluruh lahan perkebunan Walini akan tetap hijau. Namun, banyak yang belum tahu bahwa di daerah ini terdapat Sendang Geulis Kahuripan dengan sumber air mata asli yang jernih dan mempesona.

Sumber mata air Sendang Geulis Kahuripan yang terletak di desa Ganjarsari, kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat ini berarti telaga yang cantik untuk kehidupan dan menurut mitos masyarakat setempat dipercaya mampu membuat awet muda, mempercantik serta memperhalus kulit bagi orang yang berendam di sana.

 

Mata air Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Image: instagram.com/restyfauziahh

Wisata Sendang Geulis Kahuripan

 

Akses menuju lokasi ini masih terbilang cukup berat karena jalan masih sempit dan rusak sehingga untuk mobil hanya sampai di pintu gerbang. Disarankan menggunakan kendaraan motor atau berjalan kaki santai sambil menikmati pemandangan sekitar yang tidak kalah indahnya. Alasan ini kemungkinan yang menyebabkan obyek wisata alam ini kurang mendapat perhatian wisatawan.



Namun tidak usah khawatir dengan masalah fasilitas yang ada karena salah satu tempat wisata di Bandung barat ini dikelola dengan baik dengan menyediakan ruang ganti dan bilas serta dilengkapi dengan warung yang menyediakan makanan dan minuman. Biaya masuk pun cukup murah yakni  sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Lokasi di sekitar Sendang Geulis Kahuripan yang berupa persawahan dan perkebunan membuat suasana menjadi sejuk dan segar yang baik untuk tempat refreshing menyegarkan diri dari kesibukan dan keramaian kota.

 

Akses menuju sumber mata air Sendang Geulis Cikahuripan di Ganjarsari, Cikalong Wetan dari arah Bandung.
 

Sendang Geulis Kahuripan – Wisata Indonesia

One comment

  • Udaranya sih lumayan seger namun jalannya itu super rusak dan baru sebagian sudah dihotmix . Apalagi kalau lewat Cipeundeui mesti pake masker karena kita akan menelusuri bukit2 dan tempat pembuangan sampah dari kota Bandung , hilir mudik kendaraan sampah tak pernah henti2 hingga gundukan tersebut hampir menutupi sebuah bukit .
    Selain bau , lewat sini juga banyak bertebaran lalat dan tampak belatung pada dinding2 sampahnya …. pengen muntah rasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *