Tempat Wisata di Bandung Yang Patut Dikunjungi

Jika dihitung jumlah tempat wisata di Bandung mungkin ada ratusan lokasi yang menarik sebagai tujuan wisata. Budaya, sejarah, masyarakat dan alam di Kota Bandung dan sekitarnya merupakan potensi untuk menarik para wisatawan dalam maupun luar negeri datang berkunjung ke daerah ini. Apalagi sarana dan prasarana pendukung pariwisata terus dikembangkan untuk lebih menciptakan Bandung sebagai tempat tujuan wisata di Indonesia.

Keanekaragaman tempat wisata yang ada di daerah Bandung hampir dapat dinikmati oleh semua lapisan kalangan masyarakat entah itu bertujuan untuk rekreasi, wisata belajar maupun pertemuan. Fasilitas wisata kota Bandung siap mengakomodir keperluan wisatawan yang berkunjung di Kota Kembang ini. Berikut beberapa tujuan wisata yang ada di kota Bandung yang perlu dikunjungi jika datang ke kota Paris Van Java.

tempat wisata di bandung

 

Tempat Wisata Edukasi di Bandung

 

Kota Bandung memiliki beberapa tempat bersejarah yang dapat dijadikan sebagai obyek wisata edukasi sebagai pembelajaran, studi banding selain rekreasi. Banyak gedung peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih berdiri dengan utuh dan terawat. Selain itu budaya dan masyarakat Sunda memiliki daya tarik sebagai wisata budaya yang menarik. Berikut beberapa tempat wisata di Bandung sebagai sarana edukasi.

wisata edukasi di bandung

 

Gedung Sate

Gedung Sate banyak mengungkap cerita sejarah di masa lalu. Bangunan di Jl. Diponegoro No. 22 Bandung ini menjadi salah satu icon kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Tidak sedikit wisatawan mengunjungi tempat ini sekedar berfoto, berkeliling atau duduk santai di sekitarnya. Tepat di seberang jalan gedung yang digunakan sebagai pusat pemerintahan ini terdapat lapangan Gasibu yang sering dijadikan tempat untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang besar.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan tinggi yang ada di kota Bandung ini memiliki catatan yang cukup panjang yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak heran jika kampus ini kerap kali didatangi wisatawan dari luar kota dengan berbagai keperluan. ITB yang berlokasi di Jl. Ganesha No.10, Bandung banyak dikunjungi mahasiswa dan pelajar untuk study tour karena merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung berada dekat dengan ITB yaitu di Jalan Kebon Binatang No. 6 Taman Sari Bandung. Keberadaan Kebun Binatang Bandung berfungsi sebagai tempat wisata bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya juga sebagai sarana pengetahuan tentang aneka ragam flora dan fauna dengan sekitar 1800 satwa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. Pada tempat wisata di Bandung ini terdapat juga museum zoologi, arena bermain anak, flying fox, kolam perahu dan wahana menunggang hewan tunggang.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung terletak di Jl. Diponegoro No.57 Bandung tidak jauh dari Gedung Sate. Museum yang dibangun pada tahun 16 Mei 1928 ini memiliki koleksi fosil, macam bebatuan dan mineral, juga yang berhubungan dengan energi, sumber daya alam, bencana alam, bumi dan lain-lain. Tempat wisata edukasi Bandung yang banyak dijadikan study tour oleh sekolah-sekolah atau perguruan tinggi karena banyak tersimpan peninggalan dan hasil penelitian tentang geologi.

Saung Angklung Udjo

Tempat wisata edukatif di Bandung yang tidak kalah menarik adalah Saung Angklung Udjo sebagai tempat untuk lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musik Angklung yang terbuat dari bambu. Selain itu di  Saung Angklung Udjo yang berada di Jl. Padasuka No. 118, Bandung terdapat juga pertunjukan pentas seni seperti orkestra angklung, wayang golek, tari topeng, dan helaran.

Tempat Wisata Belanja di Bandung

 

Selain alam yang mempesona, Bandung merupakan “surga” bagi yang senang berbelanja. Banyak produk yang dihasilkan dari Bandung yang terkenal di Indonesia seperti kerajinan sepatu, busana dan lain sebagainya. Wisata ke Bandung tidak terlepas dari oleh-oleh khas dari daerah ini. Berikut tempat wisata di Bandung yang dapat menjadi tujuan belanja.

tempat wisata belanja di bandung

 

Rumah Mode

Tempat wisata belanja ini merupakan factory outlet paling terkenal, terbesar, terlengkap, dan teramai di Bandung yang berlokasi di Jalan Setiabudi 41 Bandung. Rumah Mode menawarkan pakaian, sepatu, tas, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fashion untuk semua umur dengan harga relatif murah karena sisa eksport.

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung yang dikenal juga dengan nama Pasar Baru Trade center berlokasi di Jl. Otto Iskandar Dinata No. 70, Bandung cocok bagi yang suka berbelanja pakaian dan aksesoris murah meriah. Wisatawan dari Negeri Jiran banyak berbelanja di tempat ini. Sebaiknya saat belanja di tempat wisata di Bandung ini agar mendapatkan harga murah harus sabar dan pintar menawar.

Bandung Electronic Center (BEC)

Bandung Electronic Center (BEC) merupakan pusat perbelanjaan elektronik terbesar dan terlengkap di Bandung dan Jawa Barat berlokasi di Jalan Purnawarman No. 13-15, Bandung. Kelengkapan barang elektronik beserta harga membuat tempat ini ramai terlebih jika musim libur tiba karena banyak wisatawan dari luar kota datang ke BEC.

Sentra Jeans Cihampelas



Pusat perbelanjaan jeans Cihampelas yang ada sejak tahun 1987 sudah banyak dikenal oleh wisatawan dalam dan luar negeri untuk membeli atau memborong jeans dan pakaian lainnya dengan harga yang relatif murah. Selain itu, di sepanjang jalan Cihampelas banyak tukang permak jeans yang memudahkan pembeli menyesuaikan ukuran jeans.

Sentra Sepatu Cibaduyut

Wisata ke Bandung jangan lupa berkunjung ke Jalan Cibaduyut yang merupakan pusat pembuatan dan penjualan kerajinan sepatu. Daerah ini sangat ramai saat liburan atau hari Sabtu- Minggu yang menyebabkan macet. Wisata Belanja Sepatu Cibaduyut Bandung

Cihampelas Walk (Ciwalk)

Ciwalk atau Cihampelas Walk yang berada di Jl. Cihampelas No. 160 ini adalah salah satu lokasi untuk wisatawan yang datang ke Bandung sebagai tempat berbelanja dengan memberikan kenyamanan dan atmosfir yang berbeda dengan tempat lain.

Tempat Wisata Hiburan di Bandung

 

Kecenderungan orang ke tempat wisata adalah mencari hiburan. Bandung sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia memberikan pilihan lokasi hiburan yang menarik. Berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang menyediakan hiburan untuk seluruh keluarga.

tempat wisata hiburan di bandung

 

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi favorit bagi wisatawan. Fasilitas hiburan yang sangat lengkap dan modern untuk semua umur dilengkapi dengan sarana akomodasi bertaraf internasional. Lokasi Trans Studio Bandung (dahulu bernama Bandung Super Mall) berada di Jalan Gatot Subroto 289 Bandung.

Paris Van Java

Paris Van Java merupakan tempat wisata di Bandung sebagai lokasi yang madukan wisata belanja, kuliner dan hiburan belanja bertaraf internasional dengan konsep ramah lingkungan sangat asri. Paris Van Java Resort Lifestyle Place ini berada di Jl. Sukajadi No. 137-139, Bandung.

Bandung Carnival Land

Bandung Carnival Land ini adalah tempat wisata hiburan yang seru terutama bagi anak-anak. Lokasi tempat wisata mirip Dufan berlokasi Jalan Sinargalih No 15 Bandung dengan tiket masuk yang cukup murah sehingga bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga yang berlibur ke Bandung.

Tempat Wisata Kuliner di Bandung

 

Berwisata tidak terlepas dari urusan perut. Disamping sebagai asupan gizi, menikmati makanan yang jarang ditemui atau belum pernah mencoba merupakan pengalaman tersendiri. Bandung terkenal dengan kuliner tradisional yang tetap bertahan selain munculnya kuliner-kuliner baru seperti martabak Bandung. Tempat wisata di Bandung yang menyediakan lokasi dan menu yang bervariasi antara lain:

tempat wisata kuliner di bandung

 

Paskal Food Market

Paskal Food Market merupakan tempat wisata di Bandung untuk urusan kuliner. Pusat kuliner terbesar di Bandung yang berlokasi di Jl. Pasir Kaliki No. 25-27, Kebon Jeruk, Andir Bandung terdapat banyak kios yang menyediakan hampir 1000 menu yang dapat dipilih sesuai selera.

Miss Bee Providore

Resto dan café ini yang berada di Jalan Rancabentang No. 11A, Ciumbuleuit Bandung ini cukup terkenal sebagai tempat kuliner dengan aneka makanan yang lezat. Selain itu, di lokasi ini terdapat taman bermain untuk anak.

Atmosphere Resort Café

Atmosphere Resort Cafe memberikan pengalaman unik yaitu lesehan dengan menu masakan Eropa. Ada juga ruang gazebo ala Bali dengan kolam ikan disekitarnya untuk bersantap bersama keluarga. Menu favorit Atmosphere Resort Cafe yang berlokasi di Jl. Lengkong Besar No.97 Bandung adalah steak.

 

Tentunya masih banyak lagi tempat wisata di wilayah Bandung yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Uraian di atas merupakan sebagian saja yang ada di Kota Bandung, belum termasuk tempat wisata di luar kota Bandung yang tidak kalah eksotis terutama untuk keindahan alam Pahariyangan.

 

Tempat Wisata di Bandung – Kanal Wisata Indonesia

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *