Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Sebagai ibukota negara Indonesia, wilayah ini cukup banyak memiliki obyek kunjungan yang direkomendasikan bagi pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Walaupun kota ini identik dengan bisnis, tetapi di seluruh area tersebar berbagai obyek wisata yang layak sebagai tempat hiburan untuk menyegarkan pikiran.

Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Harap pelajari panduan yang kami sampaikan berikut ini dan ada baiknya anda kunjungi dalam waktu dekat ini. Adapun obyek menarik yang dapat anda kunjungi saat berkunjung ke ibukota diantaranya:

Taman Impian Jaya Ancol

Tempat liburan yang mengasyikan bagi warga yang tinggal di Jakarta maupun dari tempat lain, yang menawarkan serunya wahana permainan di Dufan, Sea World, Kolam renang Atlantis atau di pantai Ancol. Tempat yang spektakuler ini juga menyediakan mall, resto, outbound games, paint ball, bike tracking bahkan dermaga kapal pesiar menuju kepulauan seribu. Kawasan di utara ibukota ini memang mengkhususkan hiburan keluarga bagi segala umur. Lokasinya ada di wilayah utara, jika anda berangkat dari pusat kota (monas), maka hanya sejauh 7 kilometer saja.

Monumen Nasional (Monas)

Monumen dengan tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Puncaknya berupa emas murni dengan berat 35 kilogram. Dari atas Monas yang bersejarah ini, anda dapat melihat sekeliling kota Jakarta. Di bagian bawah tempat wisata ini (pintu masuk) berupa museum bersejarah dengan berbagai diorama.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata ini menyediakan wahana permainan cukup lengkap, wisata budaya dan ilmu pengetahuan. Obyek ini dikatakan sebagai versi mini dari nusantara karena menyediakan berbagai rumah adat dan budaya yang ada di seluruh Indonesia. Beberapa wahana yang paling sering dikunjugi adalah keong mas, kereta gantung, kolam renang “snowbay” serta istana anak-anak Indonesia.

Baca juga:   Setu Babakan Wisata Kampung Betawi

Lokasi Taman Mini berada di Jakarta Timur di wilayah Cipayung. Tempat wisata ini sering mengalami kemacetan yang cukup panjang pada hari libur maupun akhir pekan. Jadi pastikan anda datang sejak pagi hari ke TMII, agar terhindar dari macet dan mendapatkan parkir yang strategis.

Kota Tua Jakarta

Kawasan ini dulu bernama Batavia Lama adalah tempat yang menyimpan nilai sejarah tinggi. Berbagai peninggalan masa lampau masih dapat dijumpai di kawasan yang selalu ramai saat akhir pekan ini. Tempat populer di Jakarta ini sangat tepat bagi wisatawan yang suka menelusuri jejak historis dan penggemar fotografi.

Selain itu, Kota Tua menyuguhkan sajian kuliner lezat yang dijual di kafe dan resto yang tersedia di dalamnya. Misalnya Cafe Batavia atau Kafe Gazebo untuk menikmati sajian makanan tradisional. Di kawasan ini juga tersedia jajanan tradisional seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor.

Museum bersejarah

Jakarta juga dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak obyek wisata museum bersejarah, yang sarat dengan informasi dan ilmu pengetahuan, dan tersebar di berbagai wilayah. Yang utama adalah, sejarah perjuangan bangsa ini tidak akan terlupakan dengan keberadaan museum di kota ini yang menyimpan benda-benda penting.

Biasanya pengunjung rombongan dari sekolah sering berwisata ke tempat ini. Diantaranya: Museum Fatahillah, Gajah, Seni Rupa, Bahari, Museum Nasional dan lainnya.

Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata rekreasi keluarga ini merupakan kebun binatang pertama yang terdapat di Indonesia. Pada awal didirikan di tahun 1864, kebun binatang ini terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat dengan menggunakan lahan seluas 10 hektare.

Namun pada tahun 1964, kebun binatang ini dipindahkan ke kawasan Ragunan, di wilayah selatan dan diresmikan menjadi Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966 menempati area seluas 140 hektar. Dan untuk menarik pengunjung, Kebun Binatang Ragunan kini memiliki Pusat Primata Schmutzer yang merupakan pusat pelestarian primata terbesar di dunia.

Kawasan Kepulauan Seribu

Berada di teluk Jakarta yang menyediakan banyak pulau indah baik berpenghuni maupun tidak. Jika ingin menyeberang ke tempat wisata alam ini, sebaiknya dari pelabuhan Muara Karang. Jika anda berangkat dari kawasan Ancol, maka harus menyewa kapal pesiar secara privat dengan harga yang cukup mahal.

Baca juga:   Nikmatnya Durian Bang Ucok Medan

Tempat yang lazim dikunjungi adalah pulau Tidung, Pari, Bidadari, Ayer, pulau Harapan serta pulau Onrust yang memiliki sisa-sisa benteng jaman penjajahan dan sering dikunjungi oleh fotografer pemburu sunset. Ke tempat yang indah ini sangat mutlak membawa kamera karena panoramanya sangat indah.

Lokasi Belanja Murah

Bagi wisatawan dari daerah lain yang berkunjung ke Jakarta, pasti menyempatkan diri mengunjungi beberapa lokasi belanja yang dikenal murah. Diantaranya: Pasar Tanah Abang, Mangga Dua, Belanja gadget dan handphone di Roxy, maupun belanja eketronik di Kota (dekat kawasan Kota Tua).

Selain mengunjungi pasar-pasar tersebut, tempat wisata belanja murah yang lain berupa ITC yang tersebar di wilayah Cempaka Mas, Mangga Dua, Roxy dan di kawasan lain di selatan ibukota. Pada tempat yang telah kami sebutkan, anda bisa menawar serendah mungkin apalagi jika membeli secara grosir. kami mengulas secara terpisah untuk tempat belanja murah ini.

Mall Modern

Sebagai ibukota yang merupakan pintu gerbang negara Indonesia, kota ini memiliki banyak tempat wisata belanja berbentuk mall modern. Bahkan disinyalir bahwa Jakarta sebagai salah satu kota di dunia yang memiliki pusat perbelanjaan modern terbanyak.

Biasanya, wisatawan datang mengagumi beberapa tempat diantaranya: Mall Senayan City, Central Park, Taman Anggrek, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Pluit, dan masih banyak lagi yang akan kami ulas secara terpisah.

Wisata Kuliner

Di kota metropolitan ini, anda juga dapat mengunjungi banyak kawasan jajan, kuliner, resto dan cafe yang tersebar di wilayah utara, selatan, pusat, barat dan timur. Ada kawasan yang berbentuk warung-warung tradisional dengan masakan super lengkap dan lezat hingga kuliner yang modern berbentuk cafe-cafe di kawasan Kemang yang banyak dikunjungi oleh anak muda sebagai tempat nongkrong (hangout) favorit di Jakarta secara terpisah.

Baca juga:   Mal Keluarga di Summarecon Bekasi

Dan untuk menemani perjalanan liburan anda di kota ini, anda dapat mengikuti saran dan tips dari kami.

Saran dan Tips ke Tempat Wisata di Jakarta

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat menarik di ibukota Indonesia diantaranya:

Perhatikan waktu secara seksama. Di kota Jakarta yang memiliki tingkat kemacetan yang sangat tinggi, maka hal yang paling menyita waktu adalah perjalanan. Untuk lokasi wisata dengan jarak kurang dari 10 kilometer saja, bisa ditempuh dalam dua jam. Jadi sebaiknya anda mengajak rekan yang paham tentang lalu lintas di ibukota agar dapat memandu anda ke tempat yang diinginkan. Pastikan atur jadual kunjungan yang tidak terlalu banyak dalam satu hari, dan sebaiknya dikelompokkan berdasarkan area terdekat.

Pilih penginapan atau hotel yang berada di dekat kawasan yang akan paling sering dikunjungi. Hal ini akan menghemat waktu anda yang berharga.

Sediakan dana yang cukup dan cadangkan secara khusus. Karena sebagian besar tempat wisata modern di kota Jakarta mengenakan charges, dan bahkan penggunaan fasilitas umum juga tidak luput dari retribusi.

Kota ini memiliki suhu yang cukup panas. Jadi pastikan anda menggunakan pelindung kepala dan jaket tipis tetapi mampu mengurangi sengatan matahari secara langsung.

Jika anda berkeliling dengan menggunakan alat transportasi umum seperti busway maupun kereta api listrik (KRL), pastikan memiliki panduan yang jelas terhadap arah yang dituju. Dan tentu saja, tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak karena beberapa titik di halte dan stasiun di jakarta cukup rawan dengan pencopetan dan penjambretan. Penggunaan taksi cukup nyaman tetapi imbasnya membutuhkan biaya yang sangat besar.

Demikian informasi tempat wisata populer dan direkomendasikan di wilayah Jakarta. Karena banyaknya obyek yang perlu kami ulas, maka pada beberapa topik kami ulas terpisah agar mempermudah bagi anda mempelajarinya.

 

Tempat Wisata Favorit di Jakarta

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *