Kerajinan Kerang Nan Eksotis di Cirebon

Siapa sangka cangkang kerang bisa dijadikan tempat tidur. Bukan hanya sekedar hiasan tetapi menjadi rangkanya. Tidak hanya itu saja, segala bentuk furniture atau perabotan rumah tangga bisa dibuat dengan menggunakan bahan kulit kerang. Bahkan berbagai bentuk hewan seperti unta pun ada.

Kerajinan Kerang Cirebon

Kerajinan Kerang Eksotis di Cirebon

Selain wisata kuliner seperti nasi jamblang dan tape ketannya, di Cirebon ada tempat industri kerajinan kerang yaitu Rumah Kerang. Awalnya pemilik rumah kerang hanya menyuplai cangkang kerang ke luar negeri. Kemudian berkembang menjadi bahan setengah jadi hingga akhirnya mencoba membuat kerajinan kerang sendiri.

“Kami belajar ilmu dasarnya dan coba membuat kerajinan dari cangkang kerang sendiri yang dipadukan dengan kearifan lokal Indonesia,” tutur pemiliknya.

Kerajinan kerang tersebut bisa dilihat di Showroom Istana Kerajinan Kerang Multi Dimensi Jalan Ki Ageng Tapa, Desa Astapada, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, sekitar 15 menit dari Pusat Kota Cirebon

Baca juga:   Nikmati Wisata Kuliner Yang Top di Cirebon

Proses pembuatan barang-barang kerajinan tangan kerang ini menarik karena katanya mereka menggunakan cairan khusus untuk meratakan kerang-kerang tersebut sebelum digunakan untuk dirakit menjadi produk. Selanjutnya, kulit kerang dipipihkan dan dibentuk sesuai kebutuhan, kemudian dilapisi polyester.

Bahan baku bukan hanya kerang yang berasal dari Cirebon saja tapi juga diambil dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. Kerang yang digunakan ada 23 jenis, salah satunya yaitu kerang simpung, kerang data, kerang unem, kulit mutian, dan lain sebagainya. Kerang yang paling banyak digunakan yaitu kulit kerang simping. Kerang simping memiliki warna asli transparan. Jika diolah menggunakan teknik pemanasan pada suhu tertentu, akan menghasilkan warna keemasan.

Baca juga:   Wisata Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

Pemerintah daerah yang melihat usaha ini meminta untuk mengembangkan usaha kerajinan kerang. Rumah kerang pun terus berkreasi dengan memadukan variasi kerang dengan bahan lain. Seiring dengan berjalannya waktu dengan mengikuti pameran, hingga akhirnya mendapatkan pembeli.

Kebanyakan pembelinya berasal dari luar negeri. Bahkan saat ini Istana Kerajinan Kerang Cirebon sudah dikenal di berbagai negara seperti Amerika, Spanyol, Arab, Italia Afrika, Jepang, Thailand, Pracis, hingga Timur Tengah serta beberapa negara Eropa lainnya.

Walaupun tadinya banyak dikenal di luar negeri, kini dengan semakin banyak kunjungan wisatawan domestik ke Cirebon, produk-produk Istana Kerajinan Kerang semakin banyak diminati dan menjadi salah satu destinasi wisata di Cirebon.

Baca juga:   Wisata Belanja Tas Tanggulangin Sidoarjo

Di dalam showroom yang cukup luas kita bisa melihat berbagai produksi yang dihasilkan istana kerang dan dengan temaram lampu yang digunakan sebagai penerangan menambah keeksotisannya.

Saat melihat karena keindahannya berpikir bahwa harganya akan mahal tapi ternyata tidak. Bahkan bisa dibilang beberapa produk tersebut lebih murah dibandingkan produk-produk serupa yang dijual di toko atau butik perabotan rumah di Jakarta atau Bali.

Oleh karena itu kalau lagi berburu perabotan rumah yang cantik dengan harga reasonable, langsung aja mampir ke tempat ini. Rumah kerang ini melayani pengiriman jarak jauh dengan jasa ekspedisi. Jadi kalau ada tamu dari luar kota lalu beli produk yang perlu di-packing khusus.

 

Kerajinan Kerang Nan Eksotis di Cirebon

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *