Menikmati Kecantikan Samarinda dari Tepian Sungai Mahakam

Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan kota paling padat penduduk di Pulau Kalimantan. Namun, Samarinda ternyata lebih terkenal sebagai kota yang terletak di tepian Sungai Mahakam yang cantik. Selain pemandangan kota, Samarinda juga menawarkan banyak hal untuk para traveler yang ingin ikut mengeksplorasi kekayaan budaya dan kuliner Kalimantan Selatan.

5 Tempat Wisata Di Samarinda Yang Menarik

5 Tempat Wisata Samarinda Yang Menarik

 

Berikut ini tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kota Samarinda.

1. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid ini merupakan salah satu objek wisata religi yang cukup ramai dikunjungi. Masjid yang bangunannya terinspirasi arsitektur Hagia Sophia di Turki ini, memiliki menara setinggi 99 meter yang berasal dari asmaul husna. Masjid ini juga memiliki enam menara yang terinspirasi dari rukun iman, dan 33 buah anak tangga yang jumlahnya sama dengan butiran tasbih.

2. Desa Budaya Pampang

Jika ingin mengenal lebih jauh budaya suku Dayak, Desa Budaya Pampang paling tepat untuk dikunjungi. Desa yang dihuni oleh suku Dayak Kenyah ini memiliki pertunjukan rutin setiap hari Minggu pukul 1 hingga 3 siang.

Pertunjukan seni ini dilaksanakan di lamin atau gedung pertemuan desa yang berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku Dayak Kenyah. Para traveler dapat menyewa pakaian adat dan berfoto bersama warga setempat dengan latar belakang rumah adat Dayak.

3. Air Terjun Tanah Merah

Jika tidak keberatan berpetualang lebih jauh, para traveler dapat menempuh perjalanan sejauh 14 km dari pusat kota Samarinda untuk sampai di Air Terjun Tanah Merah. Air terjun ini disebut demikian karena air yang turun dari atas terlihat jernih dan bersih, namun begitu sampai di bawah air berubah menjadi keruh kemerahan. Hal tersebut disebabkan tanahnya tersusun dari gambut.



4. Pulau Kumala

Pulau Kumala terletak di sebelah barat Kota Tenggarong, sekitar 27 km dari Kota Samarinda. Pulau ini terletak di tengah Sungai Mahakam yang terbentuk akibat pengendapan lumpur sungai.

Pulau Kumala dikatakan mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, karena menggambarkan seluruh budaya Kalimantan mulai dari candi, bangunan adat, serta patung lembu.

Di sini juga terdapat wahan permainan yang cukup ekstrem, yaitu sky tower setinggi 75 meter. Sementara wahana yang ramah bagi anak-anak antara lain kereta mini, kereta gantung juga komidi putar.

5. Kampung Tenun Samarinda

Tidak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas Samarinda adalah kain tenung bermotif kotak-kotak yang cantik. Di Samarinda Sebrang terdapat Kampung Baga dan Kampung Masjid yang menjadi pusat kerajinan kain tenun. Selain bisa membeli kain tenun, pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun dengan alat yang disebut gedokan.

Indahnya kota Samarinda, sepertinya tidak cukup dinikmati sehari-dua hari saja. Jangan khawatir dengan akomodasinya, Anda dapat menemukan hotel murah di Samarinda melalui AiryRooms.

aplikasi airly rooms

Airyrooms memiliki jaringan hotel paling luas di Indonesia dan jumlah propertinya paling banyak dibandingkan jaringan hotel yang lain. Di jaringan hotelnya, ada berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para tamu. Antara lain, kamar dengan tempat tidur yang bersih, perlengkapan kamar mandi serta shower air hangat, AC, TV layar datar, air minum dan Jaringan WiFi yang bisa diakses secara gratis.

Proses booking kamarnya pun mudah, cepat, dan aman, karena dapat dilakukan melalui website Airy Rooms maupun Android Apps dan iOS Apps. Pembayaran di Airyrooms juga bisa dilakukan dengan menggunakan transfer bank dan kartu kredit.

Jadi tunggu apa lagi? Segera booking hotelnya dan nikmati tepian Sungai Mahakam bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *