Festival Danau Sentani 2016

Festival Danau Sentani (FDS) merupakan sebuah festival pariwisata yang digelar setiap tahun di sekitar Danau Sentani. FDS pada tahun 2016 kali ini bertema One In Diversity For Greatness  yang artinya “Satu Dalam Keanekaragaman Untuk Kejayaan” diadakan pada tanggal 19-23 Juni 2016 di Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan diikuti oleh 24 kampung di sekitar Danau Sentani yang terdiri dari 6 kecamatan.

festival danau sentani

Festival Danau Sentani telah masuk dalam kalender pariwisata Indonesia yang untuk pertama kalinya di selenggarakan pada tahun 2007, dan biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni selama 5 hari. Pada FDS 2016 diisi dengan kegiatan lomba Suling Tambur, Sosio Drama, Folk Song, Dayung perahu Laki-laki (IFA), Dayung Tradisional Beregu Putra dan Putri, Panahan Tradisional Putra, Tari Kreasi Baru. Bagi para pengunjung Danau Sentani diadakan Tour Wisata di Danau Sentani, Overland Tour dan Diplomatic Tour.

Festival Danau Sentani

 

Kementerian Pariwisata ikut mendukung Festival Danau Sentani secara penuh event besar di Provinsi Papua ini, karena merupakan sarana penting dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani. Festival ini juga sebagai bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama, mengingat di Papua sendiri terdiri dari banyak suku-suku kecil yang terkadang gampang bentrok.

Papua memang sangat spesifik dan menjadi menarik dibicarakan di mana-mana seperti wisata Raja Ampat yang sudah mendunia. Untuk itu ada inisiatif lokal tentang keanekaragaman dan toleransi khususnya di kabupaten Jayapura agar dapat dikembangkan lebih maju lagi dalam sektor pariwisata.



Selain sebagai ajang promosi dan pertunjukan seni dan budaya, FDS memberikan ruang bagi masyarakat sekitar danau Sentani untuk menampilkan ciri khas masing-masing daerahnya melalui pameran ekonomi kreatif dan hasil bumi khas Papua seperti kerajinan kulit kayu, batik Papua, produk olahan cokelat, kopi, sagu dan buah merah yang diharapkan produk Papua akan semakin dikenal sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

festival danau sentani 2016

Festival Danau Sentani Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua

 

Festival Danau Sentani 2016 – Kanal Wisata Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *