Cara Mudah Refund Tiket Kereta Api di Pegipegi

Liburan ke Bandung menggunakan kereta api memang lebih nyaman dan aman, karena kamu tidak perlu repot-repot mengendarai mobil. Selain lebih nyaman harga tiket kereta api juga lebih ramah di kantong, sehingga menjadi pilihan yang tepat saat dompet sedang menipis.

Tiket Kereta Api

Sebagian besar orang biasanya akan memesan tiket kereta Jakarta Bandung dari jauh-jauh hari. Namun, tak sedikit yang membatalkan perjalanannya karena suatu hal, sehingga tiket yang sudah dibeli harus di-refund.

Cara Refund Tiket Kereta Jakarta Bandung di Pegipegi

Mungkin bagi kamu yang belum pernah melakukan proses refund tiket kereta, pasti bingung dengan langkah-langkah dan prosedurnya. Berapa lama proses refund Pegipegi? Umumnya pelanggan akan menerima pengembalian dana, setelah 30 hari hingga 45 hari setelah pembatalan.

Berikut ini cara refund tiket kereta api di Pegipegi yang bisa disimak.

1. Batalkan Tiket Sebelum 1 Jam Keberangkatan

Kamu bisa membatalkan tiket kereta Jakarta Bandung yang sudah dipesan. Dengan catatan, proses pembatalan harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket tersebut.

Pembatalan bisa dilakukan dengan menunjukkan identitas asli dan tiket, yang sudah dicetak di loket stasiun yang sebelumnya telah dipilih.

2. Cari Tahu Daftar Stasiun yang Menerima Pembatalan Tiket

Perlu diingat bahwa tidak semua stasiun kereta api menerima pengajuan pembatalan tiket. Jika, ingin lebih praktis kamu bisa melakukan pengajuan pembatalan secara online. Namun, jika sudah di lokasi stasiun dan ingin langsung membatalkannya.

Sebaiknya cari tahu apakah stasiun tersebut menerima pengajuan pembatalan tiket. Berikut ini beberapa stasiun kereta api di Jakarta dan Bandung yang mau menerima pengajuan pembatalan:

  • Jakarta: Stasiun Serang, Stasiun Rangkas Bitung, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek.
  • Bandung: Stasiun Purwakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Banjar.

3. Mengubah Jadwal Keberangkatan

Jika, tidak berniat membatalkan tiket KA, kamu bisa mengatur ulang jadwal keberangkatan tanpa perlu melakukan pembatalan. Karena PT KAI memberikan layanan perubahan jadwal keberangkatan untuk penumpang yang sedang berhalangan.

Pengajuan perubahan jadwal harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Perubahan jadwal keberangkatan bisa dilakukan pada kereta api yang sama atau kereta api yang berbeda.

4. Pahami Biaya Pembatalan

Saat melakukan pengajuan pembatalan, kamu akan dikenakan biaya. Jadi, biaya yang akan dikenakan adalah 25 persen dengan pembulatan di atas kelipatan seribu dari harga tiket.

5. Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

PT KAI menyediakan aplikasi KAI Access untuk mempermudah penumpang melakukan berbagai transaksi, termasuk pengajuan pembatalan tiket. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Play Store maupun di AppStore secara gratis.

6. Proses Pengembalian Dana

Setelah melakukan pengajuan pembatalan tiket, baik secara offline mau online. Jamu akan mendapat pengembalian dana setelah 30 hari sejak pengajuan dilakukan. Atau paling lambat 45 hari setelah pembatalan berhasil melalui skema transfer bank.

Sekarang tidak perlu bingung lagi, karena kamu bisa membatalkan atau mengatur ulang jadwal tiket KA secara online. Jika, ingin membeli tiket kereta api dengan mudah dan praktis, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Pegipegi. 

Sumber:

  • https://travel.tribunnews.com/2019/02/14/6-tips-batalkan-tiket-kereta-api-versi-pegi-pegi-jangan-sampai-lewat-batas-waktu
  • https://www.pegipegi.com/travel/ini-dia-mekanisme-lengkap-pembatalan-tiket-kereta-api/

 

Cara Mudah Refund Tiket Kereta Api di Pegipegi

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *