Eloknya Batu Granit Tua di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Ke Bangka Belitung, tidak sah rasanya kalau belum menikmati panorama laut dan pantai dengan keunikan batu-batu besar berusia ratusan juta yang menghiasi Pantai Tanjung Tinggi, sebuah pantai yang pertama kali dikenal lewat film Laskar Pelangi karena menjadi salah satu lokasi syutingnya.

Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya serta hamparan batu-batu granit besar hitam yang merupakan Granit tertua berumur Trias (Triassic) yang menghiasi sepanjang pantai. Tidak berlebihan jika pantai ini menjadi andalan pariwisata Bangka Belitung.

Batu granit hitam yang berusia 65-200 juta tahun di Tanjung Tinggi Belitung ini sebenarnya adalah bagian dari batuan dasar Indonesia bagian barat yang disebut sebagai Batolit. Sebarannya tidak hanya di Bangka Belitung saja, tapi juga muncul di Kepulauan Riau hingga Semenanjung Malaysia.

Batu Granit Tua di Pantai Tanjung Tinggi
Batu Granit Tua di Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi yang juga dinamakan Pantai Pelabuhan Bilik oleh warga setempat ini, selain memiliki keindahan juga memiliki laut yang dangkal dan landai serta berteluk sehingga aman bagi wisatawan yang ingin menikmati kejernihan pantai. Ada juga yang patut dilihat tentang Eloknya Pantai Trikora Pulau Bintan Kepulauan Riau

Bukan hanya itu saja, Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Pelabuhan Bilik menyimpan sisa-sisa laut purba zaman dahulu, yaitu lapisan kerang teritip yang melekat pada bebatuan pantai. Sisa cangkang kerang teritip yang hidup di kala muka air laut berada diatas ketinggian air laut sekarang.

Jenisnya adalah Balanus sp. yang sisa-sisanya masih melekat di bebatuan granit Pantai Tanjung Tinggi. Kerang Teritip ini saat ini ditemukan berada di ketinggian dua meter dpl. Ada beberapa titik singkapan sisa-sisa teritip purba dan terumbu karang tua.

Kerang Teritip adalah salah satu jenis kerang laut yang hidupnya menempel di bebatuan maupun di kayu yang hanyut di lautan. Area hidupnya adalah batas antara level air pasang naik dan level air pasang surut (tidal area) di ekosistem pantai.

Danau Kaolin Tanjung Pandan

Selain Pantai Tanjung Tinggi yang memiliki keunikan batu granit tua, terdapat tempat lain yang tidak kalah unik yang berlokasi dekat pusat Kota Tanjung Pandanyaitu sebuah danau yang bernama danau kaolin.

Danau Kaolin Tanjung Pandan
Danau Kaolin Tanjung Pandan

Danau kaolin memiliki warna daratan putih bersih dan air yang berwarna biru menyala terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan ini dan alam menyempurnakan dengan keindahannya.

Kaolin adalah bahan dasar pembuatan kosmetik, kertas, pasta gigi dan makanan yang telah ditinggalkan ini dan alam menyempurnakan dengan keindahannya.

 

Eloknya Batu Granit Tua di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Recommended For You

About the Author: kwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *