Berwisata Aman dengan Mobil Rental

Berkunjung ke sebuah kota mungkin saja akan tergoda mendatangi tempat-tempat menarik. Misalnya menikmati panorama alam, peninggalan budaya dan sejarah, atau bahkan sekadar berkeliling kota. Namun, dengan beberapa alasan, orang tidak membawa mobil pribadi sendiri, oleh karena itu salah satu cara mewujudkan niat berwisata ke beberapa tempat adalah dengan menyewa mobil yang banyak disediakan usaha rental kendaraan.

Berwisata dengan Mobil Rental

Tips Menggunakan Mobil Rental

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan mobil rental ini agar acara jalan-jalan Anda berjalan lancar, nyaman dan yang terpenting aman selama berwisata.

Lakukan perbandingan beberapa usaha rental. Walaupun sangat mungkin harga sewa relatif sama, tapi fasilitas dan layanan tambahan bisa saja berbeda pada setiap rental. Ambil contoh untuk batas waktu pemakaian, rental mobil yang satu mungkin akan mengenakan biaya tambahan sementara yang lainnya menganggap itu sebagai toleransi. Batas waktu pengembalian kendaraan yang fleksibel, tidak harus memaksa Anda memacu kendaraan secepat mungkin untuk menghindari penalti atau biaya tambahan. Merasa dikejar-kejar oleh batas waktu, sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan. Bentuk fasilitas lain, rental menyediakan mobil pengganti bila tiba-tiba mobil yang Anda sewa mogok atau bermasalah di perjalanan.

Pastikan surat-surat kendaraan yang Anda sewa lengkap dan tidak bermasalah agar perjalanan Anda tidak terganggu bila ada pemeriksaan di jalan.

Bagaimana dengan jaminan asuransi mobil? Tidak salah menanyakan kepada pihak rental, jenis asuransi yang meng-cover mobil dimaksud. Apakah all-risk yang berarti setiap jenis kerusakan sudah menjadi jaminan pihak asuransi. Dengan demikian, Anda cukup membayar biaya yang disebut Own Risk. Atau, boleh jadi jenis asuransinya TLO (Total Loss Only). Kalau yang terakhir ini, pihak asuransi hanya bertanggung jawab terhadap kehilangan unit atau mobil mengalami kerusakan total dengan tingkat kerusakan di atas 80%.



Perlu pula mengecek kelengkapan standar berupa tools kit dan emergency kit pada kendaraan rental. Perlengkapan standar yang tidak boleh diabaikan antara lain kotak P3K, segitiga pengaman, dongkrak, kunci-kunci termasuk kunci roda, obeng, tang dan sebagainya. Periksa pula ban cadangan, apakah dalam kondisi terisi angin dan masih layak pakai.

Lakukan pengecekan sendiri pada fisik mobil rental. Periksa kondisi ban, apakah ketebalan kembangannya masih bagus. Ingat, bila terjadi kecelakaan karena ban gundul misalnya, tanggung jawab sepenuhnya tetap pada diri Anda. Setelah itu, cermati pula apakah bagian mobil ada lecet, goresan atau kerusakan komponen lain yang bisa menjadi alasan pihak rental membebankan ganti rugi kepada Anda.

Mintalah petugas usaha rental mobil melakukan pengecekan ulang terhadap beberapa hal seperti kondisi oli mesin dan pelumas di bagian lainnya, cairan pendingin radiator dan lain-lain. Dampingi petugas selama proses pengecekan dilakukan.

Lakukan uji-coba atau test drive untuk mengetahui persis kinerja rem dan handling mobil. Bila Anda merasa ada sesuatu yang aneh atau kurang berkenan, jangan segan mengajukan permintaan untuk mengganti unit mobil yang akan Anda sewa.

Semoga dengan tips praktis tentang sewa mobil ini, perjalanan Anda menghasilkan pengelaman yang mengesankan. Yang terpenting pula, Anda kembali ke kota asal dengan selamat.

 

Tips Berwisata dengan Mobil Rental РKanal Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *