Wisata Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

Tempat wisata yang tak kalah menarik di Cirebon adalah Taman Air Goa Sunyaragi. Di taman terdapat pesanggrahan dikelilingi oleh taman dan kolam meskipun airnya tidak ada dan beberapa goa. Lokasi yang terletak di pinggir jalan besar serta dilalui angkutan umum, memudahkan untuk dikunjungi.

Taman Air Goa Sunyaragi atau orang sering menyebut juga Gua Sunyaragi, Taman Air Sunyaragi, atau Tamansari Sunyaragi ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan masih wewengkon (daerah/wilayah) Keraton Kasepuhan.

Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

Taman Air Goa Sunyaragi

Memasuki destinasi wisata ini, pengunjung akan disuguhi dua bagian taman yaitu pesanggrahan dan goa. Pesanggrahan terdiri dari kamar tidur, serambi, ruang rias, dan ruang ibadah. Bagian pesanggrahan dikelilingi oleh taman dan kolam meskipun airnya tidak ada.

Pemandangan bangunan mirip candi yang tersusun dari batu dan karang. Dulu ketika taman ini masih dialiri air, taman sari dihiasi air terjun buatan serta bunga teratai warna merah yang indah. Walaupun airnya sudah kering, Taman Sari Goa Sunyaragi masih sangat eksotis untuk dikunjungi karena laksa makna dari setiap bangunan yang terdapat di situs ini.

Tamansari Sunyaragi Cirebon

Beberapa goa yang ada di taman ini yaitu Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa Arga Junub, Goa Pandekemasang, dan Goa Kelanggengan. Setiap patung dan bangunan goa memiliki makna tersendiri mulai dari relief dan namanya. Lumayan serem ketika menelusuri gua yang gelap gulita padahal diluar terang.

Misalkan, penamaan Goa Sunyaragi. “Sunya” berarti sepi dan “ragi” yang memiliki arti raga. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu goa ini difungsikan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan. Untuk memasuki goa pun harus dalam keadaan suci dengan berwudhu menggunakan air yang mengalir di sekitar goa. Selain kekayaan bangunan fisik di taman ini, terdapat acara pagelaran kesenian dan kebudayaan gostrasawala yang menjadi atraksi wisata di taman ini.

Selain itu, di wisata heritage satu ini juga memiliki mitos yang tak kalah menarik. Terdapat sebuah mitos jika seorang perempuan yang masih gadis atau perawan menyentuh Patung Perawan Sunti yang ada di kawasan Goa Peteng, konon nantinya akan sulit mendapatkan jodoh. Namun tenang saja, jika memang tak sengaja menyentuh, mitos efek sulit mendapatkan jodoh dapat ditangkal dengan masuk ke dalam Goa Kelanggengan. Percaya atau tidak mitos-mitos tersebut menjadi tambahan daya tarik dari wisata ini.

Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Fasilitas dan Lokasi Taman Air Goa Sunyaragi

Fasilitas yang ada di Taman Air Goa Sunyaragi cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat penjual makanan khas Cirebon seperti empal gentong sampai toko cenderamata khas Cirebon. Tempatnya lumayan bersih namun sepertinya kurang terawat dan situs ini sering dipakai oleh orang yang ingin semedi. Area parkir juga luas dan aman. Panggung kesenian juga ada, biasanya ketika hari libur terdapat penampilan tari topeng atau tari sintren kesenian Cirebon.

Untuk menambah daya tarik wisatawan, disediakan juga wahana bagi para pengunjung yaitu Sepeda terbang, Balon terbang, Ayunan Terbang, dan Panahan. View indah yang ada di Gua Sunyaragi ini sering kali digunakan untuk berfoto. Tidak hanya sekedar berfoto, pasangan pasangan yang hendak menikah pun menggunakan gua sunyaragi sebagai foto pre-wedding.

Taman Sunyaragi terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Rute untuk menuju wisata yang satu ini tidaklah sulit. Jika dari Cirebon Kota, pilih jalan menuju Kesambi selanjutnya lurus terus sampai di JL. Dr Cipto Mangunkusumo. Kemudian belok kiri menuju Jalan Sunyaragi, dekat dari situ sudah terlihat papan petunjuk menuju taman.

Peta lokasi Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

Untuk harga tiket sendiri cukup terjangkau, wisatawan perlu membayar Rp 10.000 untuk tiket masuk per orang dan Rp 5.000 untuk biaya parkir. Goa Sunyaragi beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Akan tetapi jika sedang ada festival atau acara, taman ini buka sampai malam. Wisatawan dapat menikmati indahnya lampu-lampu di taman batu ini

Di taman ini, wisatawan dapat berkeliling ditemani dengan pemandu. Pengunjung juga diberikan payung, mengingat cuaca di Kota Cirebon yang terik.

Tips berkunjung ke Taman Air Goa Sunyaragi:

  • Sebaiknya berkunjung ketika sore atau pagi hari karena siang hari akan terasa panas banget,  apalagi di musim kemarau.
  • Untuk yang suka mengambil foto bisa dijadikan salah satu referensi kunjungan jika datang ke Cirebon, dan disarankan saat sore agar mendapat view / cahaya sunset.
  • Jika terpaksa berkunjung siang hari, jangan lupa bawa payung dan topi.
  • Khusus wanita kalau bisa jangan menggunakan pakaian jenis “hotpants” mengingat ini daerah yang dianggap sakral, jika pun memakai hotpants nanti akan dipinjami selembar kain.

 

Wisata Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *