Tips Menginap Di Dormitori

Dormitori merupakan salah satu alternatif tempat penginapan yang murah saat berwisata, terutama bagi backpackers. Namun bagi traveler yang belum biasa menggunakan dormitori perlu memperhatikan beberapa hal karena model penginapan ini umumnya kamar diisi oleh 4-12 orang sekaligus dengan kasur berjejer atau kasur tingkat, mirip di asrama.

Jika satu rombongan atau keluarga besar mungkin tidak ada masalah karena saling kenal, namun jika sendiri atau hanya beberapa orang kemungkinan akan bergabung dengan penghuni lain yang belum dikenal karena ini sudah umum jika menginap di sebuah dormitori.

Tips Menginap Di Dormitori

 

Tips Menginap Di Dormitori

 

Kanal Wisata mencoba memberi beberapa tips yang dikumpulkan dari beberapa sumber dan pengalaman backpackers ketika mendapat penginapan nyaman dengan harga murah di Dormitory Backpackers Di Banyuwangi alias penginapan dengan gaya barak atau asrama. Tips ini mungkin berguna terutama bagi wisatawan yang datang sendiri dan menginap bareng turis lain.

 

Berkenalan dengan teman sekamar

Berkenalan dengan teman sekamar sebaiknya dilakukan terlebih dahulu karena sama-sama asing dan dapat membuat lebih nyaman. Selain mendapat teman baru, suasana akan lebih kondusif dan bisa menjadi kesempatan untuk berbagi cerita dengan mereka tentang lokasi wisata maupun pengalaman traveling.

Namun ingat, mungkin ada tamu yang ingin beristirahat, jadi obrolan jangan sampai mengganggu tamu yang lain.

 

Pilih tempat tidur paling bawah

Terkadang pada kamar dormitori hanya menyediakan tempat tidur tingkat, untuk itu jika memungkinkan pilih tempat tidur bagian bawah apabila traveling sendirian. Terutama bagi traveler yang sering pergi ke toilet.

Bisa dibayangkan jika mendapat kasur di atas dan sering ke toilet, bisa mengganggu yang di bawah dan cukup repot naik turun kasur. Selain itu, berada di kasur bawah memudahkan untuk bergerak ke sana-sini.

 

Membawa gembok sendiri



Jika sejak awal memang berniat menginap di dormitory sebaiknya membawa gembok sendiri. Umumnya pihak pengelola dormitory menyediakan lemari atau loker untuk menaruh tas dan barang bawaan tamu. Terkadang gembok atau kunci bisa saja sudah tidak berfungsi dengan baik.

Dengan membawa gembok sendiri, kita bisa tenang dengan barang bawaan yang di simpan di loker.

 

Simpan barang berharga saat tidur

Terkadang kita tidak tahu apa yang sedang dipikirkan atau niat orang lain, apalagi orang yang belum dikenal dengan baik yang bisa saja memiliki maksud lain saat menginap bareng di dormitori.

Untuk itu mencegah lebih baik. Jangan meletakkan barang berharga seperti ponsel, dompet di tepi kasur atau meja. Lebih baik simpan dalam satu tas kecil dan tas tersebut ditaruh dibawah bantal atau selempangkan pada tubuh saat kita tidur.

 

Pakai pakaian tidur yang sopan

Saat menginap di dormitori, kita bergabung dengan orang lain yang mungkin saja tidak terbiasa melihat orang tidur dengan baju terbuka atau seadanya. Lebih baik kenakan baju atau pakaian tidur yang sopan dan pantas.

Selain untuk berjaga-jaga, kita bisa tidur dengan nyenyak tanpa dihantui perasaan was-was.

 

Membawa multi steker

Saat ini banyak aneka barang elektrik yang dibawa saat traveling seperti ponsel, kamera, laptop dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut biasanya memerlukan pengisian daya setelah digunakan.

Meskipun, di dormitori  sudah disediakan namun banyaknya penghuni bisa membuat antri menggunakan sumber listrik. Jika membawa multi steker sendiri akan menghilangkan waktu menunggu giliran.

 

Tips Menginap Di Dormitori – Kanal Wisata Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *