Asuransi Perjalanan: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Asuransi jiwa, kesehatan dan asuransi pendidikan menjadi sesuatu yang tidak asing di telinga masyarakat di Tanah Air. Sebagian dari masyarakat telah memiliki asuransi yang melingkupi ketiga hal tersebut. Akan tetapi apakah kebanyakan masyarakat mengetahui tentang asuransi perjalanan?

asuransi perjalanan garda oto

Karena banyak dari masyarakat yang belum mengetahui secara betul apa itu asuransi ketika perjalanan. Padahal asuransi ini termasuk dari asuransi yang penting, khususnya ketika seseorang tengah berlibur maupun mendapatkan tugas perjalanan ke luar kota.

Asuransi di perjalanan berbeda dengan asuransi kecelakaan. Sehingga perlu mengetahui lebih dalam tentang asuransi ini. Nah, informasi lengkap tentang informasi perjalanan ini akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang ditujukan kepada seseorang dengan tujuan untuk memberikan perlindungan terhadap segala bentuk risiko yang memungkinkan dapat terjadi ketika seseorang tengah melakukan perjalanan baik di dalam maupun di luar negeri.

Asuransi ini ditujukan kepada orang-orang yang mana punya mobilitas tinggi, seperti ketika pergi ke luar kota maupun ke luar negeri. Kepemilikan terhadap perlindungan ini fungsinya agar menekan dampak buruk dari finansial dan risiko kerugian yang mana dapat muncul pada saat perjalanan tengah dijalani.

Asuransi ini sifatnya tidaklah wajib, namun alangkah baiknya dimiliki bagi mereka yang hobi traveling atau melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negara. Asuransi ini juga cukup fleksibel sehingga dapat dibeli secara langsung pada saat bepergian. Asuransi ini dapat dibeli bersamaan dengan pembelian tiket perjalanan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Seberapa pentingkah asuransi di perjalanan pada saat traveling ataupun business trip? Apakah sesuai manfaat yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan? Simak penjelasan tentang manfaat asuransi ketika di perjalanan di bawah ini.

Mengganti rugi jika terjadi keterlambatan ataupun pembatalan perjalanan

Jika perjalanan mendadak delay ataupun batal sering kali membuat seseorang akan kesal. Berbagai rencana yang telah disusun akan rusak begitu saja. Risiko keterlambatan maupun pembatalan pastinya ada ketika melakukan perjalanan. Risiko ini dapat terjadi kapan saja.

Di sinilah asuransi untuk perjalanan penting dipilih. Adanya asuransi tersebut dapat membantu memberikan kompensasi bila situasi pembatalan atau keterlambatan terjadi. Asuransi ini berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

Mengganti rugi jika terjadi kerusakan maupun kehilangan bagasi

Dengan menggunakan asuransi ini, seseorang akan memperoleh ganti rugi bila terdapat kerusakan maupun kehilangan bagasi. Masalah bagasi yang hilang atau rusak pasti beberapa orang pernah mengalaminya.


Lalu masalah bagasi yang hilang atau rusak sering kali merusak momen perjalanan yang sebelumnya telah direncanakan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, pastikan memiliki asuransi yang dapat diklaim dan mengganti kerugian yang timbul akibat bagasi hilang atau rusak.

Dijamin santunan kecelakaan dan juga kematian

Dengan memiliki asuransi ini, santunan kecelakaan dan kematian akan ditanggung selama seseorang melakukan bepergian. Ini tentunya memberikan manfaat khususnya bagi para pencari nafkah utama di sebuah keluarga. Karena adanya uang asuransi ini dapat memberikan manfaat dalam bentuk uang pertanggung jawaban ke keluarga korban.

Terdapat biaya pengobatan yang ditanggung pihak asuransi

Seperti yang diketahui, sakit dapat datang kapan saja walaupun seseorang sedang berada di perjalanan. Bila sakit menyerang ketika dalam perjalanan tentunya akan merusak momen. Karena perjalanan menjadi tidak menyenangkan dan terkesan kurang menikmati.

Perasaan tidak enak akan menjadi menjengkelkan apabila sakit yang diderita membutuhkan perawatan yang biayanya mahal. Maka dari itu, perlu adanya asuransi di perjalanan yang dapat memberikan coverage bila terjadi sakit ketika bepergian.

Pihak asuransi sendiri juga memberikan tanggungan atas biaya medis yang nantinya dibayarkan oleh seseorang. Hal tersebut tentunya membuat keuangan aman dan perjalanan juga menjadi lebih nyaman.

Dapat menanggung kerugian finansial yang timbul akibat adanya faktor lain

Adanya asuransi ketika di perjalanan juga dapat menanggung segala kerugian finansial yang mungkin dapat timbul akibat faktor lain seperti terorisme, bencana alam maupun huru hara. Segala kerugian yang berbentuk fisik, mental maupun finansial akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi.

Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan biasanya dibedakan dari tujuan perjalanan. Seperti tujuan perjalanan untuk berlibur maka asuransi yang digunakan tujuannya untuk berlibur. Jika perjalanan merupakan business trip, maka asuransi yang digunakan adalah asuransi business trip. Perbedaannya sendiri terletak pada biaya preminya.

Adapun untuk perjalanan business trip, biaya premi untuk asuransi nya lebih besar. Ini karena risiko dan nilai coveragenya yang lebih besar juga.

Selain itu, asuransi ini juga dibedakan dari alat transportasi yang digunakan, yakni transportasi darat, laut maupun udara. Begitu juga untuk tujuannya, asuransi ini dibedakan dari tujuannya. Baik itu ke luar negeri maupun dalam negeri.

Bagi Anda yang sering bepergian, kini ada solusi untuk asuransi perjalanan dari Garda OTO. Dapatkan beberapa produk asuransi seperti perjalanan domestik dan international trip.

 

Asuransi Perjalanan: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *