Menjelajahi Keeksotisan Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo adalah salah satu goa di kabupaten Kulonprogo yang sangat eksotis dan sangat sayang untuk tidak dijelajahi. Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, Anda perlu datang ke tempat wisata satu ini. Penasaran dengan keindahan wisata Goa Sriti? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Goa Sriti Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Goa Sriti Kulon Progo

Ada berbagai objek wisata di Kabupaten Kulonprogo yang banyak dikunjungi seperti Pantai Glagah, Pantai Congot, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Puncak Suroloyo, Gua Kiskendo, Desa Wisata Nglinggo, Kalibiru, Sermo, Siderejo dan Jatimulyo.

Adapula wisata religius seperti Sendangsono, Pemakaman Nyi Ageng Serang, Pemakaman Girigondo, wisata pendidikan seperti pusat penyelamatan liar, dan Dolan Deso Boro. Wisata minat khusus seperti arung jeram dan olahraga memancing. Beberapa acara budaya suku juga sering dilakukan di Kabupaten Kulonprogo seperti Labuhan Pura Pakualaman, Saparan Jayakusuma dan sebagainya.

Namun untuk Anda yang suka dengan wisata yang menantang adrenalin, Anda wajib datang Goa Sriti. Goa ini adalah tempat wisata yang cukup populer di Kulonprogo. Tidak seperti gua biasa, gua ini telah menjadi warisan sejarah dan budaya daerah yang penting. Gua itu pernah digunakan oleh Pangeran Dipenogoro yang terkenal sebagai tempat tersembunyi selama perang melawan Belanda.

Dalam hal pariwisata, gua ini cocok untuk Anda yang menyukai fotografi, suka belajar sejarah, dan eksplorasi. Nah, untuk masuk ke goa ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000. Namun untuk Anda yang ingin menyusuri goa akan dikenakan tarif Rp. 30.000 per orang.

Goa Sriti Yogyakarta

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo

Anda yang menyukai petualangan harus mempertimbangkan untuk mengunjungi Kabupaten Kulon Progo selama liburan. Seperti yang telah disebutkan di atas, daerah ini memiliki banyak tempat menarik untuk melakukan eksplorasi dan petualangan. Nah, salah satunya adalah Goa Sriti yang  terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh.

Gua Sriti dianggap mudah dijangkau, untuk sampai ke tempat wisata ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Dari pusat kota, Anda bisa s langsung menuju ke Kabupaten Kulon Progo dan mengambil jalan Yogyakarta – Wates.

Jarak antara Yogyakarta ke tempat wisata adalah 36,7 km. Dari Kulon Progo, kemudian, Anda harus mengambil Sentolo Nanggulan dan sampai ke Gua Sriti. Perjalanan dari  jalan Wates ke wisata ini memakan waktu sekitar 48 menit, karena jaraknya 27,9 km. Jika rekan – rekan ingin berkunjung ke tempat wisata ini dan ingin  berlibur di Jogja, rekan – rekan dapat menggunakan jasa Paket Liburan Jogja bersama https://tripjogja.co.id.

Fasilitas Goa Sriti Kulon Progo

Fasilitas yang disediakan di wisata ini adalah :

  • Peralatan untuk cave tubing
  • Alat pelampung
  • Tempat Parkir
  • Kamar mandi

Meski tempat wisata ini cukup legendaris, sayangnya masih sedikit orang yang datang ke wisata Kulonprogo ini. Dikatakan jumlah pengunjung rendah, bahkan saat liburan. Hanya 10 atau 20 orang yang bisa dilihat selama liburan panjang.

Orang-orang ini sebagian besar pecinta alam dan sejarah. Namun, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan gua, disarankan untuk menyewa pemandu lokal. Tujuannya adalah untuk belajar sejarah, terutama mengenai keseharian Pangeran Diponegoro selama bersembunyi di gua.

Jam Buka Goa Sriti Kulon Progo

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata Goa Sriti, Anda bisa datang saat pagi sampai sore hari. Wisata ini tidak memiliki jam buka sehingga bisa dikatakan tempat ini buka 24 jam. Selain cave tubing dan belajar sejarah, Anda bisa melakukan eksplorasi gua.

Anda bisa menyaksikan keindahan stalagmit dan stalaktit. Nuansa lembab dan gelap membuat aktivitas ini memang sedikit tidak nyaman sehingga setiap orang yang datang harus menggunakan senter dan memakai alas kaki yang bagus selama eksplorasi.

Penasaran dengan keeksotisan Goa Sriti Kulon Progo? Datang saja segera ke tempat wisata yang terletak di Kecamatan Samigaluh ini.

 

Menjelajahi Keeksotisan Goa Sriti Kulon Progo

Recommended For You

About the Author: kwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *