Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Kabupaten Ende yaitu sebuah kabupaten di Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang terkenal dengan Danau Tiga Warna yang lebih dikenal dengan nama Danau Kelimutu yang tiada duanya di dunia, juga menyimpan sebuah warisan sejarah yaitu Situs Bekas Rumah Pengasingan Bung Karno.

Bung Karno di buang di Kota Ende terhitung sejak tanggal 14 Januari 1934 hingga 1938, bersama dengan istri pertamanya Inggit Garnasih, ibu mertuanya Amsih, anak angkatnya Ratna Juami, dan guru dari anak angkatnya Asmara Hadi.

 Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Situs Bekas Rumah Pengasingan Bung Karno yang berada di Jalan Perwira, Kota Ende, terletak diantara rumah-rumah penduduk yang cukup rapat. Meskipun sebuah rumah yang sangat sederhana tersebut, akan tetapi rumah tersebut masih terawat dengan baik.

Untuk tetap menjaga kelestarian dari Situs tersebut, pemerintah melindungi Situs itu dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.



Rumah tempat pengasingan Presiden Republik Indonesia pertama ini memiliki luas 12×9 meter persegi itu, mempunyai beberapa ruang, yaitu ruang tamu, terdapat dua kamar tidur, satu kamar kerja dan satu ruang khusus untuk bersemedi yang terletak di bagian belakang rumah. Kemudian ada kamar mandi dan dapur serta sebuah sumur tua di halaman belakang rumah yang airnya masih ada hingga saat ini.

Adapun beberapa benda milik Bung Karno dan keluarganya masih tertata rapi seperti lukisan Bung Karno, buku-buku, kacamata dan dosnya, tempat tidur, meja, kursi, lemari kaca, dan foto-foto selama Bung Karno dibuang di Kota Ende.

Tidak jauh dari rumah pengasingan Bung Karno, terdapat ada Pohon Pancasila yaitu Pohon Sukun yang terletak satu kilometer dari rumah pengasingan, tepatnya berada di Taman Kota Ende. Konon di bawah pohon sukun itulah, Bung Karno sering duduk merenung tentang negara serta merumuskan Pancasila yang menjadi Dasar Negara Republik Indonesia. Uniknya Pohon Pancasila ini, mempunyai jumlah batang yang tidak hanya satu, melainkan lima.

 

Lokasi Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende Nusa Tenggara Timur

Rumah Pengasingan Bung Karno Ende – Wisata Indonesia

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *