Kawasan Wisata Pegunungan Dieng

Kawasan wisata Pegunungan Dieng terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng merupakan Sebuah desa di wilayah Kecamatan Kejajar dan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat Wisata ini di apit oleh Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang tingginya di atas 3.000 meter diatas permukaan laut. Kabarnya, bila musim hujan datang, sering turun hujan es. 

Nama Dieng berasal dari bahasa Sunda Kuno ‘Di yang berarti “tempat atau gunung dan Hyang dari kata hyang (Dewa, Tuhan), yang artinya tempat para dewa dewi. Jadi Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Daerah ini sebelum kira-kira tahun 600 Masehi memang didiami oleh Suku Sunda dan bukan Suku Jawa.

Kawasan Wisata Pegunungan Dieng

Wisata Pegunungan Dieng

 

Banyak objek peninggalan, baik alam maupun manusia yang dijadikan objek wisata, dan selalu ramai dikunjungi Wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Telaga Warna. Disebut Telaga Warna barangkali karena Warnanya selalu berubah-ubah Setiap harinya, terkadang warna merah, hijau, biru, putih, lembayung. Di telaga ini pengunjung dapat naik rakit atau perahu yang dapat di Sewa Secara beramai-ramai. Sementara itu di pinggir danau terdapat mainan anak-anak, Seperti ayunan.

Selain telaga warna yang selalu ramai dikunjungi, ada Telaga Pengilon (Telaga Cermin), Kawah Sikidang, Sileri, Sinila (yang kadang meletus dan pernah mengeluarkan gas beracun) serta air terjun yang indah dan kawah yang masih bergolak juga merupakan daya tarik para turis.



Kawasan wisata Pegunungan Dieng ini ada Goa Semar yang mitosnya adalah tempat pertemuan alam dunia dengan alam gaib, yang jika dilihat dari bentuk fisiknya sepertinya tidak meyakinkan sebab hanya berupa Onggokan batu besar yang berlumut dan berlubang. Selain itu Pegunungan Dieng banyak sumur alam serta mata air Sungai Serayu.

Di kawasan wisata Dieng juga terdapat beberapa Candi yang mengandung nilai Sejarah, diantaranya Candi Hindu (Abad VII) Gatotkaca, Bima, Arjuna.

Lokasi Wisata Pegunungan Dieng

 

Udara kawasan pegunungan Dieng yang segar, bersih dan sejuk dingin serta keindahan alam yang  menakjubkan dan didukung keramah-tamahan penduduk lokal menjadikan Dieng Plateau area menjadikan daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jumlah Kunjungan wisata ke Dieng terus meningkat dari tahun ke tahun, menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu Wisata unggulan di Jawa-tengah danIndonesia.

 

 

Kawasan Wisata Pegunungan Dieng – Kanal Wisata Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *