Indahnya Pulau Sikuai di Ranah Minang

Sumatra Barat memang selalu menyimpan banyak misteri keindahan alam yang asri. Ditambah lagi dengan penduduknya yang ramah dan sopan. Semakin menunjukkan jati diri, bahwa daerah tersebut layak untuk mendapat tempat dalam hati penggila traveling. Salah satu destinasi yang akan mendapat tempat di hati kita saat ini adalah Pulau Sikuai. Dari Pulau Sikuai Anda juga bisa menikmati pemandangan pulau kecil yang mengelilinginya.

Pulau Sikuai di Sumatera barat

Suasana Pulau Sikuai sangat sejuk – hembusan angin laut yang menerpa tubuh memberikan nilai tersendiri. Birunya air laut terbentang luas seolah-olah mengajak pengunjung untuk berenang dan menceburkan diri ke dalamnya. Apalagi ditambah indahnya warna-warni ikan dan terumbu karang. Suatu keindahan yang tak ada duanya. Selain itu suasana di sana masih sangat alami dan jauh dari sentuhan tangan-tangan jahil manusia yang tidak bertanggungjawab.

Wisata Bahari Pulau Sikuai

Sikuai adalah nama sebuah pulau yang bersih, dilengkapi dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Setiba di Pulau Sikuai dan turun dari kapal, Anda akan disambut dengan segarnya air kelapa muda yang sudah dipersiapkan oleh pengelola pulau. Itu merupakan welcome drink khas bagi pengunjung Pulau Sikuai.

Snorkeling tentunya sudah menjadi aktivitas pilihan utama. Semua peralatan seperti kacamata masker, pelampung, dan sebagainya sudah tersedia. Seru, berbagai macam ikan laut yang berkejaran di antara terumbu karang berwarna-warni menjadi objek menarik. Jika ingin lebih seru seperti diving, tinggal minta pada pihak resort.

Kita semua tahu, kalau terumbu karang merupakan biota laut yang sangat penting dalam kelangsungan hidup ekosistem laut beserta isinya. Tidak sedikit pula terumbu karang yang telah hancur di negara ini. Oleh karena itu, pengelola Pulau Sikuai mengajak tamunya untuk berpartisipasi langsung dalam merehabilitasi terumbu karang. Anda akan diajak langsung menanam terumbu karang – sekaligus menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan laut.

Kalau memang ingin mau berpartisipasi menanam terumbu karang tinggal bilang pada pegawai New Sikuai Island Resort. Anda akan diajari cara bertanam dan langsung praktek menanam terumbu karang. Setelah itu, resmilah Anda menjadi relawan pelestarian terumbu karang.

Ingin yang lebih fun atau seru-seruan? Bisa main banana boat yang sudah disiapkan di dermaga. Suasana akan semakin meriah dengan penuh teriakan dan canda tawa. Selain itu canoing juga patut dicoba. Dari awal kedatangan, beberapa cano sudah berjajar di pinggir pantai lengkap dengan dayungnya. Tinggal bilang pada petugas yang ada, setelah itu bawa cano ke pantai, naiki dan dayung. Bisa dibayangkan suasana keceriaan yang akan muncul saat itu.

Jika sudah lelah beraktivitas dengan air, bisa langsung tiduran di pinggir pantai dengan kursi panjang sambil ditemani semilir angin. Ditambah lagi dengan sayup-sayup suara gesekan daun kelapa dan deburan ombak. Tentunya ini bisa menjadi terapi relaksasi atas kepusingan hiruk-pikuk ramainya kota.

Sore pun datang. Seiring dengan turunnya sang fajar dari ufuk barat. Itulah momen-momen yang paling ditunggu. Menikmati sunset di Sunset Plaza yang berada di atas bukit Pulau Sikuai. Sunset Plaza yaitu kolam renang yang terdapat di puncak pulau yang sengaja dibuat untuk menikmati sunset. Tinggal menaiki beberapa tangga, Anda sudah sampai di Sunset Plaza. Di atas itu Anda akan menikmati terbenamnya matahari nan eksotik. Menikmati sunset dari atas – di mana lagi kalau bukan di Pulau Sikuai.

Suasana malam di pulau ini juga tak kalah eksotik. Ketika malam tiba, pulau dihiasi obor. Suasana romantis pun menyapa. Sambil duduk bersantai di pinggiran pantai, ditemani tiupan angin laut dan gemericik ombak gelora asmara pun kembali datang. Jika datang bersama teman-teman maka malam akan lebih meriah dengan diadakan pesta kecil ditemani api unggun

New Sikuai Island Resort

Bila Anda sudah memutuskan untuk menginap, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat singgah dan menginap. Di pulau itu sudah ada New Sikuai Island Resort yang dikelilingi pohon-pohon tropis nan hijau dan menghadap ke laut luas. Menyenangkan, semua kebutuhan Anda untuk menikmati indahnya pulau tersebut sudah disediakan oleh pihak New Sikuai Island Resort.

New Sikuai Island Resort

Pegawai New Sikuai Island Resort selalu ada selama 24 jam dan tidak perlu kuatir dengan ancaman gempa dan tsunami. Pulau ini aman dari bencana tersebut karena telah dipasang alat pendeteksi gempa dan tsunami. Alat tersebut berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang bekerjasama dengan California Institute of Technology.

Untuk kepuasan tamu, pihak manajemen membangun semua infrastruktur. Anda akan menemukan jalanan aspal yang sengaja dibuat mengelilingi pulau yang luasnya sekitar 40 hektar itu. Awali petualangan dengan berjalan kaki sambil mengitari pulau – agar acara jalan-jalan keliling pulau lebih bermakna, pihak pengelola juga menyediakan pemandu yang akan menemani dan menceritakan seluk-beluk serta sejarah Pulau Sikuai.

Setelah beristirahat dan ingin kembali berpetualang mengelilingi pulau, namun malas berjalan kaki? Tenang saja. Di depan pintu utama New Sikuai Island Resort sudah berjajar sepeda yang siap digunakan. Asik bukan, refreshing mengelilingi pulau sambil bersepeda santai. Badan menjadi sehat dan pikiran menjadi tenang.

Bagi yang suka bidang fotografi Pulau Sikuai merupakan objek yang paling indah. Setiap sudutnya dapat dijadikan sebagai objek menarik dan mempunyai daya tarik tersendiri untuk diabadikan dalam kamera. Begitu juga dengan aktivitas penghuninya, bisa dijadikan objek menarik dan mempunyai cerita tersendiri.

Selama jalan-jalan Anda akan menemui berbagai macam keunikan, yang pasti Anda akan menemukan berbagai jenis hewan tropis seperti burung, biawak serta monyet. Tidak perlu takut karena semua hewan tersebut tidak akan menyerang dan mengganggu. Sungguh indah, bisa melihat hewan-hewan pulau berkeliaran bebas dan leluasa.

Ketika rasa lapar datang menyerang, tinggal melangkahkan kaki menuju restoran. Tidak perlu khawatir dengan menu yang ada karena berbagai macam hidangan sudah siap untuk dipesan. Bagi yang kurang suka ikan laut, dapat juga memesan makanan ikan air tawar karena di pulau tengah laut ini juga terdapat kolam ikan air tawar. Kolam itu sengaja dibuat untuk perkembangbiakan ikan air tawar. Kita pun boleh mengunjunginya dan ikut memberi makan ikan yang sudah disediakan.

Kalau ingin mencoba yang khas dari pulau ini, Anda harus mencoba daging kerang besar yang langsung diambil dari laut. Cara memakannya tinggal meminta tolong sama pegawai restoran untuk membuka kerang tersebut. Lalu dibersihkan dan langsung dimakan mentah dengan bumbu khusus. Rasanya gurih campur asin dengan daging yang agak kenyal akan memberikan kenikmatan.

Lokasi dan Akses Ke Pulau Sikuai

Sikuai, merupakan salah satu dari puluhan pulau yang tercatat dalam wilayah administratif Kota Padang, Sumatra Barat. Tepatnya terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang juga salah satu tempat wisata bahari yang diunggulkan kota tersebut.

Perjalanan menuju pulau nan indah tersebut tidak terlalu sulit. Hanya melalui beberapa tahap saja. Yang pasti harus sampai dulu di kota Padang. Setelah itu tinggal mencari Dermaga Wisata Bahari yang terletak di Jalan Batang Harau. Jangan takut kesasar, karena hampir semua orang tahu keberadaan tempat ini. Jadi kalau bingung, tinggal bertanya pada penduduk setempat, pasti langsung diberitahu arah yang benar menuju dermaga tersebut.

Lokasi Dermaga Wisata Bahari cukup nyaman. Dengan konsep open door – ingin laut menjadi bebas menyapa para tamu yang datang dan seolah-olah mengucapkan selamat datang. Jika membawa mobil, tidak perlu bingung karena di dermaga juga tersedia parkir mobil. Dari dermaga menuju Pulau Sikuai para pengunjung menggunakan kapal wisata dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Bila ingin lebih cepat, bisa menyewa speedboat dengan waktu perjalanan kurang dari setengah jam.

Saat naik kapal wisata – selain menikmati keindahan laut, Anda juga menemukan aktivitas nelayan tradisional yang sedang mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perjuangan yang cukup luar biasa untuk mencari sesuap nasi. Terkadang, kita juga bisa melihat ikan-ikan yang berlompat-lompatan dengan bebas. Pemandangan yang menarik dan sulit untuk dilewatkan. Eloknya Pantai Trikora Pulau Bintan Kepulauan Riau

Tips Pergi ke Pulau Sikuai

Berikut ada tip yang bisa Anda lakukan jika mau pergi ke Pulau Sikuai.

  1. Konfirmasi dan booking dari jauh-jauh hari sebelum berangkat.
  2. Ajak teman yang memang suka pergi pantai dan laut.
  3. Jangan membawa barang bawaan yang berlebihan.
  4. Jangan mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang selama perjalanan.
  5. Jangan lupa membawa kamera saku untuk mengabadikan momen-momen tertentu.
  6. Selalu membawa sunblock agar kesehatan kulit terjaga dan yang lebih penting jangan lupa membawa obat-obatan bagi yang punya penyakit khusus.

 

Indahnya Pulau Sikuai di Ranah Minang

Recommended For You

About the Author: Kanal Wisata

Blogger yang suka jalan-jalan dan menikmati alam budaya dan kuliner Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *