Lokasi Ideal Melihat Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana matahari Total (GMT) 2016 yang terjadi di Indonesia akan diserbu para awak media, menjadi sorotan media, peneliti, dan tidak ketinggalan wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk menyaksikan Baily’s Beads, efek cincin berlian dan kromosfer matahari. Fenomena alam ini hanya bisa disaksikan di Indonesia dengan sempurna. Untuk itu, daerah yang akan dilintasi GMT akan menyuguhkan potensi wisata baik itu alam, budaya maupun kuliner.

gerhana matahari total Indonesia

Meskipun Gerhana Matahari Total melintas di 12 provinsi di Indonesia, namun hanya ada beberapa tempat yang ideal untuk melihat GMT. Selain itu, pemerintah setempat telah menyiapkan beragam kegiatan untuk menyambut wisatawan seperti kesenian budaya daerah, festival, kuliner hingga obyek wisata yang menjadi andalan daerah tersebut.

Lokasi Ideal Melihat Gerhana Matahari Total

 

Palembang, Sumatera

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 07.20 wib selama 1 menit 52 detik. Mulai gerhana pk 06.20 sampai 08.31 wib

Tempat ideal untuk menyaksikan Gerhana matahari total adalah Balkon Aryaduta, Pulau Kemaro, gedung atas Kantor Walikota dan Jembatan Ampera. Dinas Pariwisata akan mengadakan sarapan bersama di Jembatan Ampera dan pembagian kacamata oleh Lapan.

Bangka Tengah, Sumetera

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 07.21 WIB selama 2 menit 8 detik. Mulai gerhana 06.20 sampai 08.33 WIB

Tempat yang ideal dijadikan titik pengamatan adalah Pantai Penyak dan Pantai Terentang di Koba, ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Banyak wisatawan dan peneliti dari China, Singapura sudah berencana datang ke Bangka Tengah.

Belitung, Sumatera

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 07.22 WIB selama 2 menit 10 detik. Mulai gerhana 06.21 sampai 08.35 WIB

Hampir seluruh wilayah Pulau Belitung akan gelap karena tertutup gerhana matahari total. Tempat ideal adalah Pulau Bukulimau dan Pantai Tambak di Kabupaten Belitung. Karena penerbangan dan hotel sudah penuh dipesan, Kementerian Koordinator Maritim menyiapkan yacht untuk wisatawan.

Palangkaraya, Kalimantan



Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 07.28 WIB selama2 menit 29 detik. Mulai gerhana 06.23 sampai 08.46 WIB

Lokasi yang ideal untuk menyaksikan GMT di Bukit Tangkiling. Pemerintah Kota Palangkaraya telah menyiapkan paket wisata yaitu kota tua di Kawasan Pahadut, kuliner khas Dayak, situs Sandung dan melihat kehidupan orangutan di Orangutan Survival.

Balikpapan, Kalimantan

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 08.33 WITA selama 1 menit 9 detik. Mulai gerhana 07.25 hingga 09.53 WITA.

Lokasi ideal ada di Pantai Manggar. Selama gerhana berlangsung, akan diadakan juga pesta laut yang terdiri atas kuliner masakan laut gratis, lomba perahu naga dan bazar.

Palu, Sulawesi

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 08.37 WITA  selama 2 menit 4 detik. Mulai gerhana 07.27 hingga 10.00 WITA

Lokasi titik yang ideal dijadikan pengamatan adalah Teluk Palu yang terletak di tengah-tengah kota Gumbasa di Kabupaten Sigi. Sudah banyak wisatawan dari Jepang, Amerika Serikat dan Inggris sudah memastikan kedatangannya.

Poso, Sulawesi

Gerhana matahari total akan berlangsung pkl 08.38 WITA  selama 2 menit 40 detik. Mulai gerhana 07.28 sampai 10.02 WITA

Tempat ideal di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, sekira 40 kilometer ke utara Kota Poso. Malam hari sebelum gerhana berlangsung, Kota Poso akan diramaikan oleh tari-tarian dan lagu daerah yang dirangkum ke dalam Festival Kawaninya.

 

Lokasi Gerhana Matahari Total – Kanal Wisata Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *