17 Destinasi Wisata di Jogja Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Menghabiskan waktu liburan di kota Yogyakarta seringkali dijadikan pilihan tepat oleh masyarakat Indonesia. Namun bagi Anda yang bingung harus pergi ke mana, berikut ini terdapat 17 destinasi wisata jogja populer yang ramai di kunjungi oleh wisatawan yang telah dirangkum dalam paket liburan ke jogja oleh Kartanesia Tour.

Destinasi Wisata di Jogja Populer

17 Destinasi Wisata di Jogja Yang Ramai

 

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro yang berada di kawasan Yogyakarta dikenal sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan. Jalan Malioboro sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena dikenal sebagai tempat untuk belanja dan juga wisata kuliner dan jajanan yang tiada habisnya, baik itu pagi, siang, sore atau bahkan malam hari tempat ini selalu ramai dan dipadati oleh para pengunjung.

2. Kampung Wisata Taman Sari

Kampung wisata ini dikenal pula dengan sebutan Istana Air Taman Sari. Pada mulanya tempat ini digunakan sebagai lahan rekreasi atau tempat meditasi bagi keluarga kerajaan. Lebih dari itu, tempat ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan kerajaan dari serangan musuh. Namun untuk saat ini tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata yang memiliki udara sejuk dan dihiasi dengan kolam buatan disertai bunga-bunga yang harum.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah bangunan bersejarah dari Kesultanan Yogyakarta. Bangunan yang satu ini ditinggali oleh  Sultan dan anggota keluarganya. Sebagai tempat bersejarah Keraton Yogyakarta memiliki arsitektur unik dan khas, selain itu di dalamnya pun terdapat museum yang menyimpan beragam jenis barang berharga milik Kesultanan Yogyakarta dan dikenal sebagai hadiah dari raja-raja Eropa pada jaman dahulu. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini pastikanlah untuk datang di pagi hari, karena Keraton Yogyakarta dibuka dari pukul 08.00 pagi hingga 02.00 siang.

4. Gembira Loka Zoo

Kebun binatang Gembira Loka mempunyai banyak koleksi fauna dari berbagai daerah di dunia. Kebun binatang ini juga dikenal sebagai tempat rekreasi keluarga yang layak untuk anda kunjungi. Karena selain dapat melihat fauna, anda juga dapat menikmati beberapa wahana atraksi yang disediakan olehnya seperti halnya ATV, kolam tangkap ikan, wahana sepeda air, menunggang gajah dan lainnya.

5. Pasar Beringharjo

Pasar ini dikenal sebagai lokasi wisata yang masih berkaitan dengan Malioboro. Lebih dari itu pasar ini juga menjadi bagian dari Catur Tunggal selain daripada Alun-alun Utara serta Keraton Yogyakarta. Pasar Beringharjo dikenal dengan fungsi ekonomi di kawasan Yogyakarta dan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin membeli  beragam jenis batik karena di pasar tersebut terdapat banyak pilihan batik yang tersedia.

6. Museum Benteng Vredeburg 

Museum yang banyak dikunjungi para wisatawan di kota Yogyakarta ini pada awalnya dikenal dengan nama Museum Benteng Rustenburg dan memiliki arti sebagai benteng peristirahatan.  Namun karena sempat runtuh oleh gempa yang terjadi di Yogyakarta, akhirnya tempat ini pun berganti nama menjadi Museum Benteng Vredeburg. Selain itu, konsep bangunan pun diubah menjadi museum. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat wisata bersejarah yang ada di kota Yogyakarta.

7. Taman pintar Yogyakarta

Berbeda dengan jenis taman pintar di kota lainnya, taman ini dibuat dengan konsep yang menyatukan antara tempat rekreasi dengan sarana edukasi.  Karena itulah Taman Pintar Yogyakarta ini pun dibagi menjadi beberapa zona untuk arena belajar dan bermain yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dengan demikian pengunjung pun dapat menentukan zona mana yang akan dikunjungi oleh nya.

8. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta atau landmark dari kota Yogyakarta ini juga dikenal sebagai kawasan wisata yang banyak dikunjungi. Tugu ini didirikan tepat setahun setelah Keraton Yogyakarta berdiri, dan dikenal sebagai Monumen yang menggambarkan semangat persatuan antara rakyat dengan penguasa untuk melawan penjajah. Bagi Anda yang ingin melihat tugu Jogja Dengan lebih puas terdapat sebuah bangku yang disediakan di bagian pojok dari jalan Pangeran  Mangkubumi yang dapat ditempati dan untuk mendapatkan hasil pemandangan terbaik maka cobalah untuk mengunjunginya pada pukul 05.00 hingga 06.00 pagi.

9. Jalan Prawirotaman

Jalan ini adalah kawasan yang paling banyak digunakan oleh turis asing untuk berkumpul, karena itulah jalan ini sering pula disebut sebagai kampung turis internasional. Ketika anda mengunjungi tempat tersebut tentunya anda akan mendapati pemandangan dari suasana khas kampung namun berada tepat di tengah kota. Selain itu, orang orang disekitarnya pun saling bertukar sapa dengan menggunakan bahasa asing. Keunikan lain dari tempat ini yaitu terdapat banyaknya bangunan bergaya klasik hingga jenis bangunan modern masa kini.

Destinasi Wisata di Jogja Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

 

10. De Mata Museum Yogyakarta 

De Mata Museum Yogyakarta atau lebih dikenal Sebagai De Mata Trick Eye adalah tempat wisata bernuansa museum pertama di Yogyakarta yang di dalamnya dihiasi dengan beragam gambar berbeda. Setiap gambar tentunya memiliki tema tersendiri dimulai dari tema olahraga, binatang, alam, sirkus, roman, superhero, dan lainnya. Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini tentunya dapat mengabadikan momen berharga dengan latar gambar unik serta dapat mengelabui mata yang melihatnya.

11. Alun-alun Kidul Yogyakarta

Keraton Yogyakarta memiliki dua bagian alun-alun berbeda yaitu alun-alun utara dan alun-alun selatan yang dikenal sebagai alun-alun kidul. Kedua alun-alun tersebut memiliki fungsi yang berbeda, jika alun-alun utara digunakan untuk tempat berkumpulnya masyarakat yang memiliki watak ribut maka alun-alun kidul atau selatan digunakan sebagai tempat penyeimbangnya. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai tempat istirahatnya para dewa.

12. Museum Sonobudoyo

Museum yang satu ini dikenal sebagai museum terlengkap kedua setelah museum nasional di kota Jakarta. Hal ini tidak lepas dari beragam koleksi barang bersejarah pada bidang kesenian serta kebudayaan yang dimilikinya. Museum Sonobudoyo kini terbagi menjadi dua bagian, satu bagian terletak di kawasan alun-alun utara Keraton Yogyakarta sedangkan bagian lainnya berlokasi di Wijilan.

13. Jalan Sosrowijayan

Sosrowijayan adalah kampung turis lainnya di kawasan Yogyakarta yang terkenal selain Prawirotaman. Di kampung ini terdapat banyak pilihan dari tempat menginap bagi para turis ataupun wisatawan yang ingin menginap dengan harga terjangkau di kota Yogyakarta. Selain itu, kampung turis ini juga menyediakan studio, hotel kuno, hingga tempat kursus untuk membatik.

14. Ramayana Ballet Purawisata 

Ramayana Ballet Purawisata dikenal sebagai bentuk pertunjukan kisah cinta Rama dan Shinta yang dipertunjukkan bagi para wisatawan di atas panggung pertunjukan disertai dengan tarian serta alunan musik gamelan. Pertunjukan ini dikenal sebagai daya tarik wisatawan yang menarik dari kota Yogyakarta.

15. Jogja National Museum

Museum ini berisikan beragam macam benda dan karya lainnya hasil dari seni kontemporer di kawasan Yogyakarta. Museum ini berlokasi di bekas Kampus ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) .

16. The house of Raminten

The house of Raminten dikenal sebagai restoran dengan gaya unik di kawasan Yogyakarta. Dengan gaya nyentrik yang ditampilkan oleh restoran satu ini banyak para wisatawan menjadikan tempat tersebut sebagai tujuan wisata kuliner serta jajanan yang wajib untuk dikunjungi.

17. The Arca Statue Museum Yogyakarta 

Selain beberapa tempat wisata di bagian atas tadi, ada pula tempat wisata unik lainnya di Yogyakarta. The arca statue museum ini memiliki banyak spot foto berupa patung dari tokoh tokoh tertentu, dimulai dari sosok pahlawan hingga artis terkenal.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari 17 Destinasi Wisata di Jogja Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan. Tentu saja masih banyak tempat wisata lainnya di Yogyakarta dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi.

 

Tempat Wisata di Jogja Yang Ramai Dikunjungi

Recommended For You

About the Author: kwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *