Keunikan Pink Beach di Lombok (Tangsi)

Salah satu tempat menarik di Lombok tetapi masih jarang dikunjungi wisatawan adalah kawasan pantai Tangsi yang lebih populer disebut Pink Beach. Keunikan pasir pantainya yang berwarna semu kemerahan ini membuat penasaran turis domestik maupun mancanegara.

Keunikan Pink Beach di Lombok (Tangsi)

Fenomena yang lebih cocok dilihat saat musim kemarau (mei-oktober) ini berupa efek cahaya matahari sore yang menerpa permukaan pasir. Anda ingin menguak seperti apa keindahan pantai pink ini? Pastikan liburan anda juga memasukkan tempat wisata unik di Lombok ini sebagai salah satu destinasi kunjungan. Dan berikut ini panduan yang dapat anda gunakan sebagai pedoman pengenalan wilayah pantai Tangsi sebelum menyambanginya.

Penjelasan Ilmiah Pink Beach Lombok

Banyak pihak yang terheran-heran dengan fenomena yang terjadi di pink beach ini. Jelas nyata perbedaannya dengan pantai di Lombok lainnya yang pada umumnya berwarna putih. Bahkan wilayah yang dikenal dengan keindahan pantai seperti di Bali juga menawarkan liburan di pasir putih. Khusus yang di pantai Tangsi ini warna semburat merah muda adalah kejadian langka yang memiliki penjelasan ilmiah.

Baca juga:   Tradisi Penangkapan Paus di Lembata Nusa Tenggara Timur

Adapun keberadaan warna pink pada pantai ini disebabkan keberadaan mikroorganisme yang tumbuh pada pecahan koral. Senyawa yang terjadi antara koral, mikroorganisme, air laut serta sudut tertentu terpaan sinar matahari merupakan kombinasi yang menjadikan pantai Tangsi Lombok terlihat unik dan memukau.

Di dunia, fenomena alam seperti ini hanya terjadi di tujuh tempat dan dua diantaranya di Indonesia, yaitu di kawasan ini serta di Flores. Warna pink yang tercipta akan terlihat semakin kuat jika anda datang ke tempat ini pada siang hari menjelang sore, di lihat pada ketinggian tertentu, dan saat ombak pantai menghampiri butiran pasir pantai. Satu lagi keajaiban alam, yang kami sampaikan setelah anda mengenal keajaiban sinkhole yang menjadi tempat wisata di Palu yang cukup unik.

Akses Menuju Lokasi

Jika anda ingin mengunjungi pink beach Lombok ini ada dua cara yang dapat ditempuh. Yaitu:

1. Melalui jalur darat.

Perjalanan yang ditempuh dari bandara Praya menuju pantai Pink ini ditempuh selama tiga jam dengan menggunakan mobil. Lokasi desa Tangsi di kecamatan Jeruwaru ini memiliki jalur darat yang cukup menyulitkan dan bahkan hingga saat artikel ini kami tulis, ada ruas yang belum diaspal dan berdebu selama beberapa kilometer menjelang wilayah di lombok Timur tersebut. Anda akan melintasi bukit lalu jalanan menurun menuju tepi pantai. Kondisi inilah yang menjadikan obyek wisata ini jarang dimasukkan sebagai agenda perjalanan pada paket yang disusun oleh travel agent.

Baca juga:   Wisata Pantai Peh Pulo, Blitar

2. Melalui jalur laut.

Anda dapat mengunjungi pelabuhan Tanjung Luar dengan jarak tempuh sekitar dua jam dan menyewa perahu di sana. Dari pelabuhan ini menuju pantai Tangsi Pink ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit dan menyaksikan keindahan pesisir Lombok Timur. Biasanya paket tour khusus ini tersedia pada biro perjalanan.

Kegiatan Wisata

Mengingat keindahan pantai ini terletak pada warna pasir pink, maka kegiatan wisatawan yang utama adalah berfoto dengan latar belakang semburat kemerahan. Dan biasanya dibarengi dengan aktivitas:

  1. Berjemur. Banyak turis mancanegara yang memanfaatkan pantai sepi di desa Tangsi ini untuk berjemur. Kombinasi warna kulit yang putih dengan pasir coklat kemerahan menjadi sasaran bidikan fotografer “nakal” dengan alasan seni.
  2. Berenang dan bermain pasir. Kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh wisatawan domestik yang datang ke pink beach ini. Lombok memang identik dengan aktivitas berenang dan bermain air, karena obyek pesisir laut yang menawan dengan airnya yang hangat.
  3. Berfoto dari bukit. Jika anda tidak memiliki kamera drone (kamera terbang), maka tempat terbaik berfoto adalah dari ketinggian bukit di sekitar desa Tangsi. Hal ini disebabkan warna murah muda terlihat sangat kuat jika anda melihat pada ketinggian tertentu.
Baca juga:   Pantai Kartini Kabupaten Jepara, Pesona Wisata Pantai Nan Alami

Demikianlah pedoman singkat yang dapat anda gunakan untuk mengenal obyek wisata pantai Tangsi yang unik di wilayah Lombok. Semoga dengan keberadaan panduan pengenalan wilayah ini, anda semakin penasaran dan ingin sekali mengunjungi pink beach saat liburan nanti.

 

Keunikan Pink Beach di Lombok (Tangsi)

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *