5 Masakan Padang Yang Paling Populer

Yang pasti Rendang merupakan salah satu masakan Padang yang paling populer dan menjadi favorit orang Indonesia. Bahkan rendang sudah mendunia sejak dinobatkan sebagai salah satu masakan terlezat di dunia.

masakan padang favorit

Namun, tahukah Anda bahwa tidak hanya rendang yang menjadi andalan masakan populer Sumatera Barat. Masih banyak ragam masakan Padang lainnya yang menjadi favorit para pecinta masakan Padang. Seperti beberapa masakan Padang populer di bawah ini :

1. Sate Padang

Sate Padang sangat berbeda dengan sate kambing atau ayam berbumbu kacang yang sudah ada. Keunikan sate Padang terletak pada daging dan bumbunya. Daging sate Padang pada umumnya terbuat dari lidah sapi yang telah di rebus terlebih dahulu dan kemudian di bakar cukup sebentar. Saos sate Padang yang sangat kental dan berwarna kuning berasal dari olahan bumbu dapur komplit yang di campur tepung beras dan sagu. Bumbu tersebut di masak bersama air kaldu dari rebusan lidah sapi. Rasa sate Padang ini pedas dan gurih. Sate Padang disajikan bersama ketupat dan ditaburi bawang goreng.

2. Soto Padang

Kekhasan soto Padang terletak pada isinya yang terdiri dari perkedel kentang, irisan daging sapi yang di goreng, dan bihun. Soto Padang disajikan bersama kerupuk merah, sambal dan perasan jeruk. Biasanya menu soto Padang ini banyak dijumpai di setiap rumah makan Padang yang besar dan sudah ternama seperti rumah makan Padang Bintaro dan rumah makan Padang Sederhana.

3. Gulai Itiak ijo

Gulai itiak ijo merupakan masakan berbahan dasar daging itik atau bebek dengan cabai hijau. Daging itiknya sangat empuk dan pedas karena rahasianya terletak pada semua bahan yang di olah secara bersamaan. Saat di makan gulai itik juga tercium wangi rempah-rempah.

4. Gulai Paku atau Pakis

Namanya sedikit aneh karena tidak begitu umum untuk kategori sayur-sayuran. Gulai paku atau pakis memang terbuat dari tumbuhan pakis yang di olah dengan bumbu gulai seperti cabai, bawang, lengkuas, jahe, dan tidak ketinggalan santan. Rasa gulai pakis mirip dengan gulai daun singkong. Masyarakat Padang biasanya menyajikan menu gulai pakis sebagai hidangan lebaran yang di makan bersama ketupat.

5. Sambal Ijo

Bila kita makan di rumah makan Padang, sambal ijo merupakan salah satu masakan yang wajib ada di setiap rumah makan Padang. Sambal ijo ini berbeda dengan sambal pada umumnya yang terbuat dari cabai merah halus. Cabai hijau pada sambal ijo di giling kasar dan rasanya pun tidak terlalu pedas.

Masakan-masakan Padang tersebut tidak ada salahnya dimasukkan ke dalam daftar wisata kuliner yang patut untuk di coba. Selain menambah selera makan, mendapatkannya pun tidak terlalu sulit karena hampir semuanya tersedia di rumah makan Padang yang ada di kota Anda.

 

Masakan Padang Yang Paling Populer

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *