Panduan Tempat Wisata Utama di Wilayah Bandung

Informasi tentang tempat wisata yang utama dan menjadi andalan di kota Bandung yang Kanal Wisata sajikan ini, sangat tepat dijadikan panduan berlibur bagi anda dan keluarga. Pedoman yang sangat penting sebagai persiapan agar kunjungan anda menjadi lebih lengkap dan berkesan, bukan hanya menjelaskan obyek wisata alam secara natural saja. Melainkan, kami sajikan juga info tentang kuliner, keliling kota, tempat bersejarah, kesenian dan budaya Sunda, belanja murah serta lokasi hangout yang menarik dan wisata di malam hari.

Tempat Wisata Utama di Wilayah Bandung

Wilayah Bandung memiliki banyak sekali obyek rekomendasi untuk dikunjungi saat musim libur. Silakan simak informasi berikut ini, yang kami sajikan dalam beberapa kategori wilayah yaitu Selatan, Utara, dan Tengah (dalam kota).

Tempat Wisata di Selatan Bandung

Adapun obyek wisata menarik yang dapat anda kunjungi di wilayah Selatan meliputi:

Kawah Putih

Kawah Putih di CiwideyPesona keindahan alam Kawah Putih yang berada di Ciwidey, Bandung, sering menjadi pembicaraan para turis baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kawah putih dapat dicapai dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota. Tempat populer di Bandung ini berada di puncak gunung Patuha yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di kawasan Kawah Putih ini sudah tentu saja dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal apabila anda berkunjung ke sini. [info lengkap..]

Situ Patenggang

Wisata Situ Patenggang Ciwidey BandungBerkunjung ke Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak melihat keindahan tempat wisata di Situ Patenggang. Kedamaian alam yang tercipta di danau romantis tersebut menambah suasana hati menjadi tentram bagi para pengunjung. Obyek alam ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan berada di kaki Gunung Patuha. Karena posisinya yang tinggi, Anda akan merasakan udara yang dingin dan segar saat mengunjungi danau ini. Di tepi danau, perahu-perahu dengan warna-warna yang terang siap mengantarkan Anda dan keluarga menjelajahi lebih jauh danau ini. [info lengkap..]

Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu CiwideyKolam air panas Cimanggu ini adalah salah satu surga wisata alam yang dimiliki oleh Bandung Selatan, Ciwidey. Kawasan ini tak kalah tinggi dengan tempat-tempat liburan lainnya di Ciwidey, Cimanggu berada di ketinggian 1100 m dpl yang pasti membuat anda kedinginan. Namun jangan kuatir, di sini anda bisa menikmati pemandian air panas yang airnya bersumber langsung dari Gunung Patuha. Jika anda akan berkunjung ke Situ Patenggang anda akan melewati Pemandian Air Panas Cimanggu. Alamat lengkap Pemandian Air Panas ini di desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Jawa Barat. Obyek wisata ini memiliki lahan yang cukup luas yaitu sekitar 154 hektare. [info lengkap..]

Baca juga:   Tempat Wisata di Bandung Yang Patut Dikunjungi

Kebun Strawberry

Agrowisata Kebun Strawberry CiwideyDaya tarik agrowisata strawberry yang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Ciwidey ini adalah, para pengunjung diperbolehkan memetik sendiri buah strawberry langsung dari tanamannya. Pengunjung bisa memakan langsung atau membawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk harga tiket masuk, kebun strawberry di Bandung ini tidak menetapkan tarif khusus seperti objek wisata lainnya. Pengunjung hanya akan disuruh membayar berdasarkan berat dari buah strawberry yang sudah dipetik. Jika anda tertarik mengunjungi, pastikan anda paham cara memilih strawberry yang matang dan datanglah pada musim kemarau. [info lengkap..]

Tempat Wisata di Wilayah Utara Bandung

Adapun obyek liburan yang direkomendasikan di wilayah Bandung Utara yang meliputi area Lembang dan sekitarnya meliputi:

Gunung Tangkuban Perahu

Kawah di Gunung Tangkuban PerahuObyek ini merupakan salah satu gunung terbesar di dataran Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu berada di utara Lembang, Bandung. Tempat wisata dengan udara sejuk, hamparan kebun teh, lembah dan tingginya pohon pinus menemani perjalanan Anda menuju pintu gerbang kawasan ini. Untuk memasuki kawasan Tangkuban Perahu, Anda harus membayar tiket Rp 15.000,- per orang. Gunung ini tergolong stratovulcano dengan pusat erupsi yang beralih dari arah timur ke barat. Jenis bebatuan yang dikeluarkan lewat letusan umumnya yaitu lava serta sulfur, sedangkan mineral yang dikeluarkan yaitu sulfur belerang yang berupa uap. [info lengkap..]

De’Ranch

De’RanchLokasi tempat wisata “coboy” ini terdapat di Jalan Maribaya Lembang Bandung, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari pusat kota. Dari pasar Lembang, hanya butuh waktu sekitar 3 menit untuk mencapai lokasi De’Ranch, setelah melewati pompa bensin, silahkan menuju jalan maribaya, kurang lebih 1 KM dari sana anda akan menemukan lokasi obyek ini di sebelah kiri jalan. Biasanya sambil menunggu anak-anak bermain di sana, para orang tua dapat bersantai sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan, belanja di Factory Outlet, menikmati berbagai makanan atau berfoto dengan latar suasana cowboy.

Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah WonderlandObyek wisata ini berupa waterboom paling populer di wilayah Bandung. Water adventure park yang memiliki lebih dari 20 atraksi wahana permainan ini, sangat ramai di akhir pekan dan hari libur. Lokasi Kampung Gajah Wonderland yang berada di jalan Sersan Bajuri KM 3.8 Lembang ini dapat ditempuh dalam waktu setengah jam dari pusat kota. Di sini, anda dapat mencoba segala permainan water park (waterboom) dan mencicipi kuliner lezat. Bahkan untuk resto yang disediakan juga terdiri atas beberapa tematik diantaranya: Sundanese, Oriental, Western dan Japanese. Seru, bukan?

Curug Dago

Curug DagoTempat menarik ini berada di area Taman Hutan Raya Juanda ini dikelilingi oleh berbagai tanaman tropis dengan pemandangan hijau. Untuk menuju lokasi air terjun di Bandung ini, dari terminal Dago lanjutkan perjalanan menuju Taman Budaya. Anda dapat memarkirkan kendaraan di area tersebut. Dari sana, terdapat jalan setapak sepanjang 1,2 km. Selain menyimpan keindahan alam, di sini terdapat Prasasti peninggalan bersejarah dengan tulisan dan bahasa thailand yang menyebutkan raja-raja Thailand Thailand ke V dan VII, yang konon pernah berkunjung ke Bandung. Oleh warga Budha di Indonesia, prasasti di curug ini dianggap sebagai tempat suci dan kramat.

Baca juga:   Nikmatnya Durian Bang Ucok Medan

Dusun Bambu

Dusun BambuTempat menarik yang terletak di perbatasan Lembang dengan wilayah Bandung Barat adalah obyek wisata baru yang cukup populer di wilayah ini. Dusun Bambu memberikan konsep liburan satu atap (one stop travelling) ini wajib anda kunjungi. Walau masih baru, tetapi namanya sudah cukup populer dan sangat ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun hari libur. Ada banyak kegiatan seru perpaduan wisata alam yang dengan wahana permainan serta kuliner dan villa yang sangat nyaman. Lokasinya berada di Jl. Kertawangi (Komplek Komando), Cisarua, atau dapat pula ditempuh melalui Jl. Kolonel Masturi KM 11, Lembang.

Teropong Bintang Bosscha

Teropong Bintang BosschaMenuju ke lokasi Observatorium Bosscha ini tidaklah jauh, karena jaraknya hanya sekitar 15 kilometer saja ketika anda berangkat dari pusat Kota Bandung. Tempat wisata pendidikan ini cukup luas mencapai sekitar 6 hektar dan memiliki tinggi sekitar 1310 meter, obyek ini menjadi lokasi memantau berbagai benda angkasa. Bosscha pun menjadi lembaga penelitian bagi mahasiswa ITB, salah satu kampus terbaik di negeri ini. Kunjungan ke Bosscha dibagi menjadi dua tipe kunjungan, yaitu kunjungan siang dan kunjungan malam. Untuk kunjungan siang, dibuka dari pukul 09.00-13.00 WIB dan kunjungan malam dari pukul 17.00-20.00 WIB.

Obyek Wisata di dalam kota Bandung

Berikut ini tempat liburan utama yang dikunjungi oleh wisatawan di dalam kota di ibukota Jawa Barat ini. Adapun tempat menarik tersebut adalah:

Trans Studio Bandung

Trans Studio BandungJika anda ingin berwisata menuju Trans Studio yang megah dan mengagumkan ini pastikan datang di pagi hari. Agar semua wahana permainan yang seru dapat dicoba. Sebagai wahana permainan di dalam ruangan terbesar di Indonesia, tempat ini sangat cocok untuk segala usia. Ada permainan yang dapat digunakan oleh anak kecil, remaja maupun orang dewasa. Jika Anda menginginkan pelayanan lebih, anda bisa menggunakan VIP Access, yaitu jalur antrian khusus yang lebih cepat. Hal ini penting karena di akhir pekan atau hari libur, antrian di tempat wisata terpopuler di kota ini, sangat panjang dan kadang menjengkelkan lamanya.

Gedung Sate dan Lapangan Gasibu

Gedung Sate dan Lapangan GasibuJika anda datang ke kota Bandung di saat akhir pekan, maka hari minggu pagi adalah waktu yang tepat mengunjungi Gedung Sate. Lapangan rumput yang luas di halaman depannya yang disebut Gasibu, sering dijadikan sebagai tempat wisata gratis dan pusat kegiatan olahraga masyarakat. Di sini, anda dapat berfoto dengan background gedung Sate, seolah berdiri di depan gedung putih Amerika. Dan setelah puas berfoto, berolah raga, serta mencicipi lezatnya nanas dan nangka goreng, maka anda dan keluarga dapat mengunjungi obyek liburan lainnya yang direkomendasikan. Jangan lupa beli oleh-oleh yang dijual di sekitar lapangan Gasibu.

Baca juga:   8 Obyek Wisata Menarik Di Ubud Bali

Jalan Braga

Jalan BragaPada zaman dahulu, jalan terkenal di Bandung ini populer sebagai “jalan culik” karena sering terjadi penculikan. Seiring berjalannya waktu, kondisi sepi yang mencekam berangsur menjadi ramai pada awal tahun 1900. Mulailah didirikan toko, bar maupun tempat hiburan oleh pengusaha berkebangsaan Belanda. Bahkan di tahun 1920, jalan Braga mulai ramai dengan pertokoan yang menjadi tren setter fashion. Banyak sekali pasangan muda yang berfoto, berbelanja di butik dan mal, maupun hangout sambil nonton pentas tari maupun musik di sini. Apalagi, di sini juga ada beberapa seniman lukis jalanan dengan hasil lukisan yang menawan. Tempat wisata ini sering dijadikan obyek foto pra nikah juga.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang BandungKebun binatang Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu kegiatan berwisata yang murah bagi keluarga. kebun binatang ini dulunya memiliki nama Derenten yang didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP). Kemudian BZP dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari. Nama itu didasari karena lokasinya di area Taman Sari. Jika anda berkunjung ke kota ini, carilah kampus ITB dan lokasi bonbin ini ada didekatnya. Koleksi hewan di obyek menarik ini, Jumlahnya sekitar 1800 ekor dan seluruhnya tertampung dalam satu area seluas 13,5 hektar.

Kuliner dan Belanja Murah Bandung

Kota ini dikenal sebagai pusat mode di Indonesia dan sebagai wilayah dengan wisata kuliner dan mall yang beragam. Pembahasan tentang tempat nongkrong di Bandung seperti Paris Van Java Mall, Cihampelas Walk (Ciwalk mall) dan pusat perbelanjaan lainnya yang murah akan diulas pada artikel terpisah. 8 Tempat Wisata Belanja Murah di Bandung

Begitu juga tempat kuliner lezat seperti Surabi Enhaii, Resto Kampung Daun dan yang lain, akan kami bahas terpisah pula. Tempat Jajan Murah Meriah Dan Lezat di Bandung. Berlibur ke kota ini menjadi lebih lengkap jika anda mengunjungi dan mencicipi kuliner khas daerah ini.

Demikianlah panduan liburan ke tempat-tempat wisata di Bandung yang utama, yang wajib anda kunjungi. Obyek menarik di kota yang indah ini cukup bervariasi dan dapat anda sambangi seluruhnya dalam waktu beberapa hari saja. Kami menyarankan untuk meluangkan waktu sekitar seminggu jika ingin mengenal lebih dekat seluruhnya.

 

Panduan Tempat Wisata Utama di Wilayah Bandung

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *