Agrowisata Kebun Strawberry di Ciwidey Bandung

Salah satu kegiatan unik yang menyenangkan bagi keluarga yang berlibur ke Bandung adalah mengunjungi agrowisata kebun strawberry yang ada di Ciwidey, Bandung Selatan. Buah yang berguna sebagai penurun kadar kolesterol tubuh ini memiliki rasa yang manis segar dengan warna yang kemerahan.

Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey

Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey

Tidak banyak wilayah yang cocok sebagai tempat perkembangbiakan buah strawberry ini di Indonesia. Makanya di wilayah yang dikenal sebagai sentra perkebunan buah ini selalu menjadi obyek liburan menarik. Salah satu tempat kegiatan unik dengan memetik buah sendiri ini adalah di wilayah Bandung.

Pada hari biasa, pengunjung yang datang ke Ciwidey sekitar 10-20 orang tiap harinya, sedangkan pada waktu hari libur panjang bisa mencapai lebih dari 100 orang per harinya. Jika Anda hendak mengunjungi wisata Bandung yang unik ini, saya sarankan pada waktu musim kemarau, karena pada waktu musim kemarau kualitas buahnya sangat bagus. Agrowisata kebun strawberry Ciwidey ini sangat layak anda kunjungi jika mengajak anak-anak.

Baca juga:   Wisata Rammang-Rammang, Karst Terbesar Ketiga di Dunia

Lokasi Kebun di Ciwidey

Jika anda ingin menuju kebun strawberry yang ada di Ciwidey, maka cara mencapainya cukup mudah. Tempat ini jaraknya sekitar 61 Km dari kota Bandung. Arahkan kendaraan anda menuju Soreang melalui Kopo atau Buah Batu.

Lokasi kebun strawberry yang ada di Ciwidey sangat dekat dengan obyek Kawah putih maupun pemandian air panas Cimanggu. Atau, anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti Bus atau Elf dari terminal Leuwipanjang yang akan langsung menuju Ciwidey.

Saat Terbaik Petik Buah

Buah strawberry merupakan salah satu produk agrowisata unggulan dari Kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey. Di lokasi ini banyak sekali perkebunan strawberry baik yang dikelola secara manual dan tradisional maupun secara profesional. Anda yang berkunjung ke kebun buah strawberry ini, diberikan kebebasan untuk memetik buah strawberry sepuasnya.

Untuk mendapat strawberry yang berkualitas baik Anda dituntut untuk mengetahui kondisi yang pas untuk memetiknya. Menurut pengelola kebun strawberry di Ciwidey kualitas buah yang baik justru akan didapatkan ketika musim kemarau karena strawberry sifatnya mudah rusak sehingga sangat sensitif terhadap kadar air di sekitarnya.

Baca juga:   4 Gunung di Indonesia Dengan Pemandangan Sunrise Terbaik

Jadi saat terbaik petik buah bagi anda adalah di sekitar bulan mei hingga oktober, sebelum datangnya musim hujan. Biasanya jumlah pengunjung perkebunan strawberry akan ramai ketika musim liburan sekolah anak atau saat liburan hari raya.

Tak heran jika kuliner Bandung yang lezat ini menjadi favorite berlibur keluarga karena menghadirkan konsep yang disebut dengan “Strawberry Walk” dimana para pengunjungnya bisa memetik langsung buah yang sesuai selera. Di sekitar kebun di Ciwidey Bandung ini juga terdapat beberapa penjual strawberry yang sudah dibungkus rapi dan kondisinya matang segar. dan macam-macam makanan lain.

Tips Memilih Strawberry

Sebelum anda berkunjung ke daerah pegunungan yang indah dan berhawa sejuk ini, sebaiknya anda pelajari cara memilih buah strawberry yang benar. Karena jika sudah tiba di lokasi kebun yang ada di Ciwidey, biasanya pengunjung tidak sempat untuk bertanya-tanya cara memilih buahnya. Adapun Tips bagi anda adalah:

  1. Pilihlah buah strawberry yang memiliki warna merah terang, jangan pilih yang kusam dan tidak mengkilap. Warna merah yang cerah menandakan bahwa buah strawberry tersebut sudah matang.
  2. Tekan bagian bawah buah, jika yang segar tidak akan berasa lembek dan alot.
  3. Jangan memilih buah strawberry yang layu dan memiliki cacat pada permukaannya.
  4. Jangan berpatokan pada ukuran yang besar adalah yang lebih baik, justru yang berukuran kecil dan sedang memiliki rasa lebih manis dari pada yang besar.
  5. Tapi jika anda menginginkan yang memiliki kadar air lebih banyak, maka pilihlah yang berukuran besar. Tapi perlu diingat rasanya tentu tidak semanis buah yang berukuran kecil dan sedang.
Baca juga:   Tempat Wisata di Bandung Yang Patut Dikunjungi

Sudah siap mengunjungi kebun buah strawberry di Ciwidey Bandung Selatan ini? Jangan sampai keduluan pengunjung lain ya.. Sebaiknya anda berangkat pagi hari. Agar perjalanan anda lebih mudah, silakan ikuti peta di bawah ini.

 

Agrowisata Kebun Strawberry di Ciwidey Bandung

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *