Wisata Taman Nasional Cibodas

Wisata Taman Nasional Cibodas terletak di di Provinsi Jawa Barat yang merupakan salah satu cagar biosfer pertama kali tetapkan oleh Unesco untuk Indonesia. Cibodas lebih dikenal dengan Kebun Raya Cibodas yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Kawasan wisata ini meliputi gunung berapi kembar dan pegunungan hutan tropis, termasuk di dalamnya terdapat banyak spesies endemik Jawa.

TN Cibodas Gunung Gede - Pangrango

 

Kawasan Wisata Alam Taman Nasional Cibodas dengan lokasi Latitude: 6 ° 42’S – 6 ° 52’S Bujur: 106 ° 49’E – 107 ° 04’E Midpoint: 06 ° 47’00 “S – 106 ° 56’30” E, terdapat gunung berapi Gede (2,958m) dan Pangrango (3,109m) dengan puncak yang dikenal sebagai Kandang Badak (2.400 mdpl). Lereng pegunungan yang sangat curam memiliki lembah dengan aliran sungai yang panjang. Di kawasan ini terdapat juga rawa alami  seperti rawa Goyonggong, Rawa Denok, dan Situgunung.



Kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, telah lama menjadi kawasan konservasi untuk studi botani, penelitian biologi dan ekologi. Secara geologi, Gunung Gede terdaftar sebagai gunung berapi aktif dan merupakan salah satu wilayah paling basah di pulau Jawa dengan curah hujan berkisar antara 3.000 mm dan 4.200 mm per tahun.

Wisata Cagar Alam Taman Nasional Cibodas dihuni lebih dari 1.000 spesies flora dari 57 keluarga. Fauna yang ada di sana terdiri dari 251 jenis burung yang merupakan lebih dari 50% spesies burung di Pulau Jawa. Taman ini juga sebagai tempat bagi; 110 spesies mamalia, termasuk langka Owa Jawa (Hylobates Moloch); lebih dari 300 spesies serangga dan; sekitar 75 spesies reptil. Salah satu jenis burung, yang elang jawa (Spizaetus bartelsi), dinyatakan sebagai fauna langka dan dijadikan sebagai simbol nasional Burung Garuda dengan Keputusan Presiden.

Wisata Cibodas paling sering dikunjungi oleh pendaki untuk mendaki gunung Gede dan Pangrango. Selain itu kawasan ini terdapat wisata air terjun yang menarik, lokasi perkemahan dan melihat flora dan fauna secara langsung untuk penelitian, pendidikan maupun refreshing.

 

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *