Ternyata Ini 4 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Selalu Menyala

Lampu indikator dari check engine yang berada di bagian dashboard dari motor dan mobil memiliki fungsi untuk menjadi pemberi tanda atau peringatan dini terhadap pengendara motor atau mobil jika ada sesuatu yang terjadi di bagian mesin.

5 Penyebab Lampu Indikator Check Engine

Dimana peringatan ini biasanya akan menjadikan para pengendara kendaraan menjadi lebih panik, apalagi saat sedang berkendara santai namun tiba-tiba lampu indikator check engine tersebut menyala.

Nah sebaiknya anda jangan langsung panik, sebab terkadang pada kasus tertentu terkadang lampu indikator check engine yang menyala tidak selalu berhubungan dengan kondisi dari mesin mobil.

Bisa jadi juga karena soket yang kendor, kebocoran di radiator bisa membuat lampu indikator check engine menjadi berkedip.

Jadi tidak selamanya lampu check engine yang menyala dan berkedip sebagai tanda dari terjadi masalah pada kendaraan Suzuki yang anda gunakan, namun bisa saja juga terjadi karena masalah-masalah lain yang tidak serius.

Penyebab Lampu Indikator Check Engine Selalu Menyala

Sebenarnya, indikator lampu check engine yang ada di kendaraan Suzuki bisa membantu para pengendara agar bisa memantau dari kondisi kendaraan yang digunakan.

Oleh sebab itu, paling tidak anda harus tahu tentang apa saja sih penyebab dari lampu indikator check engine menyala.

Setidaknya terdapat beberapa masalah yang dapat menyebabkan lampu indikator dari check engine menyala. Jadi anda harus tahu apa saja sih penyebab lampu indikator check engine selalu menyala yang sudah saya jelaskan berikut dibawah ini.

1. Filter Udara Yang Bermasalah

Pertama, penyebab dari lampu indikator check engine selalu menyala adalah karena filter udara yang kotor atau harus diganti.

Dimana filter udara ini memiliki hubungan yang erat dengan mass airflow sensor yang berguna untuk menentukan berapa sih jumlah bahan bakar yang harus dipakai berdasarkan udara yang masuk ke dalam mesin mobil.

Nah jika filter udara sudah cukup kotor, tentu saja bisa menghambat suplai dari udara yang akan masuk ke ruang bakar.

Inilah yang membuat mass airflow sensor menjadi rusak dan membuat lampu indikator check engine selalu menyala.

2. Sensor Oksigen Yang Rusak

Selain itu, penyebab lampu indikator check engine yang menyala adalah karena sensor oksigen yang mengalami kerusakan.

Dimana komponen ini sendiri memiliki fungsi untuk bisa memonitor oksigen di knalpot dan juga menentukan banyaknya bahan bakar yang sudah terbakar saat kendaraan digunakan.

Jadi, apabila sensor oksigen mengalami kerusakan atau tidak bisa bekerja dengan maksimal, tentu saja bisa mengganggu kinerja dari mesin dan juga membuat sendiri lampu indikator check engine menjadi selalu menyala.

3. Catalytic Converter Yang Rusak

Selanjutnya, penyebab dari lampu indikator check engine menyala adalah karena catalytic converter yang rusak atau bahan bakar menjadi cepat habis, sehingga mobil tidak mempunyai tenaga yang kuat untuk bisa melaju.

Bahkan walaupun pedal gas sudah diinjak dalam, mobil tidak akan bisa melaju sebagaimana mestinya.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa catalytic converter sendiri memiliki fungsi untuk bisa mengubah karbon monoksida serta zat-zat yang berbahaya lainnya untuk diubah menjadi senyawa yang aman dan ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan kinerja dari catalytic converter setiap saat agar lampu indikator check engine tidak menyala.

4. Tutup Bensin Yang Tidak Rapat

Terakhir, penyebab dari lampu indikator check engine yang menyala adalah karena anda tidak menutup tutup bensin dengan rapat.

Memang hal ini bisa dibilang cukup sepele, tapi tentu saja dampak yang dihasilkan cukup fatal karena bisa mengakibatkan kebakaran. Tutup bensin yang terbuka dan tidak rapat bisa dibaca oleh sensor ECU dan dianggap sebagai sinyal berbahaya.

Hal inilah yang menjadikan lampu indikator check engine selalu menyala. Untuk itu, pastikan agar anda berhenti sejenak dan menutup kembali tangki bahan bakar dengan rapat.

Tidak hanya itu saja, namun anda juga harus mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Nah itulah beberapa penyebab lampu indikator check engine yang selalu menyala.

Untuk kendaraan Suzuki tercinta anda jika mengalami masalah lain maka, bisa mengunjungi bengkel mitra dari Suzuki terdekat dibawah ini :

 

4 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Selalu Menyala

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.