Wisata Religi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Wisata religi Sunan Gresik  terletak di Jalan Malik Ibrahim, Desa Gapurosukolilo, Gresik, Jawa Timur. Sunan Gresik atau yang lebih dikenal dengan nama Maulana Malik Ibrahim merupakan Wali pertama dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Beliau juga ayahanda Sunan Ampel.

 

Wisata Religi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Sejarah Singkat  Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

 

Sunan Gresik nama aslinya Syekh Maulana Malik Ibrahim, datang di pulau Jawa pada tahun 1380 dan wafat di Gresik pada tahun 1419. Beliau bukan saja seorang ulama tetapi juga ahli sosiologi. Ayahnya bernama  Barabad Zainal Alam berasal dari Gujarat India, tetapi ibunya wanita dari Campa.

Rombongan Syekh Maulana Malik Ibrahim dari Campa, tiba di Gresik pada tahun 1381 lalu menetap di desa Leran 9 km dari kota Gresik. Adapun rombongan ini terdiri dari 40 orang datang dengan sebuah kapal dengan maksud akan mengislamkan Majapahit  yang ketika itu mulai runtuh. Maka jadilah beliau Wali pertama dari sembilan wali yang terbentuk kemudian hari

Dengan Jalan berdagang, membuka toko, beliau mencoba mendekati rakyat membantu dan mengajari hal-hal yang belum dikenal oleh mereka, lalu menjadi tabib dan karena banyak orang yang berhasil di tolong maka nama Sunan Gresik pun kian harum



Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) wafat 9 april 1419 masehi di Gresik  setelah lama meninggalkan desa Leran dimana Beliau untuk pertama kalinya datang di pulau jawa.

Lokasi Wisata Religi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

 

Lokasi Hotel Terdekat dengan Wisata Religi Sunan Gresik

Anda dapat memperoleh Hotel berbintang dengan tarif murah di Surabaya.

hotel murah Kanal wisata

Kanal Wisata Religi Sunan Gresik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *