Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Patut Dikunjungi

Banyak orang mengenal Pekalongan adalah kota batik. Kota Pekalongan memang identik dengan batik. Selain terdapat museum Batik, banyak industri dan penjualan batik di kota ini baik produksi lokal maupun batik produksi dari daerah lain. Namun, Pekalongan ternyata memiliki pesona alam yang menakjubkan sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Pekalongan merupakan salah satu kota di  provinsi Jawa Tengah yang berada wilayah di pesisir pantai utara Laut Jawa. Menurut cerita masyarakat, nama Pekalongan berasal dari kata “Kalong” yang dikaitkan dengan kegiatan ritual Raden Bahu pada zaman dahulu di kawasan ini yaitu melakukan “topo ngalong” atau “bertapa seperti kelelawar”.

Tempat Wisata Di Pekalongan

 

Jika Anda datang ke Pekalongan untuk membeli batik atau sekedar lewat di kota ini, jangan lewatkan untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata populer di wilayah Pekalongan berikut ini:

Wisata Alam Pekalongan

Wisata alam di Pekalongan ini merupakan lokasi kegiatan rekreasi untuk menikmati keindahan alam yang ada dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik itu  alami maupun budidaya. Beberapa wisata alam yang ada, antara lain:

Curug Muncar

Wilayah Pekalongan memiliki beberapa curug atau air terjun yang cukup populer. Curug Muncar yang berada di ketinggian 900 meter ini memiliki kondisi alam masih sangat alami dengan air terjun dan pemandangan alam sekitar yang sangat asri.

Tempat wisata ini cocok bagi yang senang berpetualang karena dibutuhkan usaha dan kekuatan fisik melewati jalan yang menanjak untuk mencapai lokasi. Di kawasan ini juga tersedia camping ground, pendopo, toilet, tempat bermain dan pos penjagaan.

Curug Bajing

Selain curug Muncar, wisata alam di Pekalongan terdapat juga air terjun Curug Bajing yang tak kalah cantik. Di kawasan ini, suguhan pemandangan alam yang asri, hawa yang sejuk, dan air terjun yang mengalir deras akan membuat wisatawan yang datang merasakan sensasi yang berbeda.

Namun, seperti halnya Curug Muncar, untuk mencapai kawasan air terjun di kawasan Desa Telogo Pakis, Kecamatan Petungkriyono ini dibutuhkan sedikit perjuangan melalui jalan setapak untuk mencapai lokasi.

Puncak Hanoman Kendalisodo



Pekalongan juga memiliki kawasan wisata yang menarik untuk menikmati matahari terbit di pagi hari. Meskipun belum termasuk pemandangan sunrise terbaik di Indonesia, namun pada Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo dapat melihat semburat keemasan yang mulai menyirami lembah dan pepohonan begitu memukau saat sunrise tiba.

Untuk mencapai Puncak Hanoman Kendalisodo dengan keindahan panorama alam sekitar yang memesona, juga cukup mudah. Medan yang harus ditempuh tidak terlalu sulit sehingga sangat cocok bagi para pendaki pemula. Bagi para pendaki profesional pun tak ada salahnya mampir ke tempat ini karena pemandangannya yang terlalu indah untuk dilewatkan.

Wisata Kota Pekalongan

Wisata kota Pekalongan merupakan lokasi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara yang berada di sekitar kota, dengan menyediakan sarana akomodasi dan program kunjungan di kota Pekalongan. Beberapa wisata kota Pekalongan, antara lain:

Wisata Kota Pekalongan

Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pekalongan. Pantai yang berada di kota ini menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang menawan serta aneka biota laut di dalamnya.

Pantai Pasir Kencana berada di lokasi yang strategis yaitu Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Selain keindahan alam, di lokasi ini terdapat jembatan cinta yang bagus untuk dijadikan spot berfoto. Makna jembatan cinta banyak yang mengartikan macam-macam. Ada hal yang menarik lagi dari tempat wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan ini, yaitu terdapat pelelangan ikan untuk membeli ikan segar dengan harga murah sebagai oleh-oleh.

 

Museum Batik Pekalongan

Berwisata ke Pekalongan belum lengkap rasanya jika belum singgah ke Museum Batik Pekalongan. Di tempat ini, Anda bisa melihat aneka jenis dan corak batik pekalongan. Jumlah koleksi batik di museum ini mencapai ratusan. Museum ini berada di Jalan Jetayu, Kabupaten Pekalongan.

Pusat Batik Internasional

Selain mengunjungi museum batik, jangan lupa mampir ke pusat batik internasional di kawasan Jalan Achmad Yani, Wiradesa, Pekalongan. Di tempat ini, Anda dapat membeli aneka macam batik khas Pekalongan maupun batik lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

Sumber: artikel dan gambar Wisata Pekalongan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *