4 Kuliner Favorit Di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan sangat kaya akan keberagaman makanan khasnya. Bahkan setiap kabupaten dan kecamatan yang dimilikinya memiliki makanan cita rasa tersendiri dengan cara pembuatan dan penyajian yang unik.

kuliner favorit sulawesi selatan

 

Mungkin banyak yang sudah tidak asing lagi dengan beberapa ragam makanan Sulawesi Selatan. Sebut saja es pisang ijo, es palu butung, coto Makasar dan sop konro yang sudah banyak di jumpai di beberapa café atau restoran tanpa perlu lagi pergi mencari ke daerah asalnya.

Contohnya es pisang ijo yang sangat mudah ditemui di gerobak franchise yang menjamur hampir di setiap daerah Indonesia.

Makanan Favorit Dari Sulawesi Selatan

Meskipun banyak makanan khas Sulawesi Selatan, namun setidaknya 4 kuliner makanan Sulsel di bawah ini yang patut untuk di coba bila sedang berkunjung ke Makasar.

Baca juga:   Kuliner Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung

1. Nasu Palekko

Nasu Palekko merupakan lauk daging itik yang di olah dengan bumbu pedas, seperti bawang merah, bawang putih, rempah-rempah dan cabe rawit sebagai taburannya. Bumbu tersebut dihaluskan dan di tumis bersama dengan potongan daging itik. Meskipun nasu palekko olahan daging itik, tetapi sangat empuk ketika di makan. Hal ini karena nasu palekko harus di masak menggunakan kuali tanah sehingga daging mudah empuk.

2. Barobbo

Barobbo merupakan olahan bubur yang terbuat dari parutan jagung sebagai bahan utamanya. Daging ayam atau udang dan sayuran menjadi pelengkap bubur barobbo ini. Perpaduan rasa manis jagung dan gurih karena di masak dengan bumbu dasar menjadi kelezatan tersendiri dari bubur barobbo atau di kenal juga bubur jagung.

Baca juga:   Mal Keluarga di Summarecon Bekasi

3. Jalangkote

Jenis kudapan satu ini sangat serupa dengan kue pastel. Hanya saja yang membedakan jalangkote dengan pastel terletak pada isinya. Isi jalangkote lebih banyak dilengkapi sayuran seperti wortel, kentang, tauge dan ditambahkan soun. Isi tersebut di tumis bersama bumbu bawang putih dan bawang merah, serta ditambahkan sedikit merica untuk mendapat rasa sedikit pedas.

Sedangkan untuk kulitnya, Jalangkote berbahan dasar tepung terigu yang di olah bersama mentega, telur, santan dan sedikit garam. Jalangkote juga disamakan dengan kue panada dari Manado. Hanya saja Panada lebih tebal kulitnya seperti adonan roti. Jalangkote biasa disajikan beserta sambalnya yang terbuat dari asam cuka dan cabai merah.

Baca juga:   Wisata Rammang-Rammang, Karst Terbesar Ketiga di Dunia

4. Pisang Epe

Buah pisang banyak di pilih sebagai olahan camilan oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah pisang epe ini yang khusus menggunakan pisang kepok yang belum terlalu matang. Pisang epe juga di sebut pisang bakar atau pisang panggang yang dipipihkan kemudian di beri kucuran gula merah diatasnya serta di beri toping dengan pilihan keju, coklat atau duren. Pisang epe mudah ditemui di sepanjang pantai Losari saat berkunjung ke Makasar.

Itulah beberapa ragam kuliner makanan favorit dari Sulawesi Selatan yang sangat menggugah selera dan bisa dijadikan pilihan wisata kuliner Indonesia.

 

Kuliner Favorit Di Sulawesi Selatan

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *