Wisata Umbul Ponggok Klaten

Saat ini Umbul Ponggok menjadi perbincangan yang hangat sebagai tempat yang sangat asyik untuk berenang dan snorkeling di kolam alami. Semula kolam alami yang berada di lokasi desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten ini adalah sebuah kolam biasa yang bersumber dari mata air bawah tanah yang sudah ada sejak jaman Belanda. Namun kejernihan air yang membuat dasar kolam dapat terlihat jelas akhirnya dikelola dengan serius sebagai salah satu wisata air alam di Klaten Jawa Tengah.

Wisata Umbul Ponggok Klaten

Umbul yang berarti sumber mata air di desa Ponggok ini merupakan salah satu alternatif wisata di Klaten untuk yang senang berenang dan menyelam. Kejernihan dan kedalaman Umbul Ponggok yang tidak rata, berkisar antara 1,5 meter sampai 2,8 dengan dasar kolam yang berpasir dan berbatu sangat menarik untuk kegiatan berenang dan menyelam menyusuri dasar kolam yang luasnya sekitar 50 x 25 meter. Tidak heran tempat ini sering digunakan sebagai latihan menyelam bagi para diving pemula karena mirip suasana bawah laut.

Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

 

Untuk menemukan lokasi ini sangat mudah karena berada di pinggir jalan desa Ponggok. Dari jalan raya antara Yogyakarta dan Solo, sesampai di terminal Penggung, terdapat persimpangan jalan. Ambil arah ke utara dari Trafficlight dan ikuti saja sampai di kantor Koramil yang berada di simpang tiga, kemudian ambil arah kanan. Kurang lebih 2 kilo meter akan sampai di wisata Umbul Ponggok Klaten.

Tiket masuk umbul ponggok cukup murah hanya Rp 8.000 karena dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa. Obyek wisata sumber air alami Ponggok mulai dibenahi sejak tahun 2011 dan telah dilengkapi dengan papan seluncur, payung dan berbagai fasilitas penunjang  wisata sehingga terlihat lebih apik dan segar. Wisata Umbul Ponggok Klaten ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.



Yang menjadi andalan di lokasi wisata Umbul Ponggok ini adalah berfoto di dasar kolam dengan berbagai latar belakang yang unik. Bagi yang tidak memiliki kamera bawah air, ada persewaan kamera atau memilih jasa pemotretan yang telah tersedia di sana. Tidak lupa jika ingin melakukan snorkeling dan diving juga disediakan disana dengan tarif sewa yang terjangkau.

Tips Memotret Bawah Air di Umbul Ponggok

Agar hasil pemotretan terlihat bagus di Umbul Ponggok, sebaiknya dilakukan datang pada hari Senin – Jumat antara pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB dikarenakan pagi atau sore hari air lebih jernih dan sinar matahari pada posisi samping tidak tepat di atas kepala. Jika pemotretan dilakukan pada Sabtu – Minggu atau hari libur biasanya pengunjung ramai sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

foto di dasar umbul ponggok

 

Wisata Umbul Ponggok Klaten – Wisata Indonesia

4 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *