Panorama Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Banyuwangi karena keindahan alamnya serta memiliki keunikan tersendiri yaitu salah satu cagar biosfer Indonesia, danau kawah di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa, salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan tingkat keasaman mendekati nol serta adanya blue fire yang hanya ada dua di dunia yaitu Indonesia (Ijen) dan Islandia.

Kawasan Wisata Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen yang masih aktif dengan ketinggian 2.443 mdpl berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi. Lokasi Kawah Ijen termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare yang berada di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Panorama Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Pintu utama memasuki wisata kawah Ijen adalah Pos Paltuding yang juga merupakan pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) milik Perhutani yang memiliki area sangat luas dan dilengkapi fasilitas yang cukup memadai seperti tempat parkir, kamar mandi, toilet dan mushola dan warung makan. Sebelum masuk ke kawasan kawah Ijen, pengunjung wajib melaporkan diri dan membayar tiket masuk.

Selanjutnya, sebelum mencapai puncak gunung Ijen yang berjarak sekitar 3 km dari Paltuding, terdapat pos Bunder yang merupakan pos terakhir sebelum masuk ke kawasan Kawah Ijen. Di pos ini, merupakan tempat untuk menimbang belerang yang diambil oleh para penambang dari Kawah Ijen serta terdapat warung penjual makanan ­minuman. Meskipun jarak tidak terlalu jauh, namun kondisi medan dengan jalur tanah berpasir dan batu halus dengan sudut kemiringan bervariasi antara 10 sampai 35 derajat dan kemampuan setiap orang yang berbeda diperlukan waktu antara 2 sampai 3 jam untuk mencapai puncak. Di Pos Bunder ini pengunjung dapat beristirahat sejenak.



Namun perlu diperhatikan, pendakian ke kawah Ijen secara normal yang paling efektif adalah mulai pukul 01.00 WIB sampai 12.00 WIB, namun jalur pendakian akan ditutup jika kondisi alam tidak memungkinkan dan dapat membahayakan pengunjung seperti hujan yang sangat lebat, longsor, kebakaran hutan atau asap belerang yang mengarah ke jalur pendakian.

Video Panorama Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

 

 

 

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi – Kanal Wisata Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *