Nikmati Wisata Kuliner Yang Top di Cirebon

Kota Cirebon seringkali dijadikan transit untuk beristirahat bagi para pengguna jalan darat yang akan menuju ke Jawa Tengah. Di kota kecil ini tersedia berbagai akomodasi lengkap seperti penginapan dan tempat-tempat makan. Mereka pun terkadang menghabiskan waktu beberapa hari karena tertarik berwisata ke Keraton Kasepuhan Cirebon serta menikmati kuliner di Cirebon.

kuliner cirebon top

Cita rasa dan cara penyajian yang unik menjadikan makanan khas Cirebon banyak diminati dan di buru pecinta kuliner. Inilah beberapa makanan khas Cirebon yang direkomendasikan kedalam wisata kuliner.

Empal Gentong

Masakan ini terdiri dari daging dan jeroan sapi yang berkuah santan. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang gurih karena di masak di dalam gentong tanah liat di atas tungku kayu. Empal gentong disajikan bersama lontong atau nasi dan sambal bubuk yang terbuat dari cabe kering halus sebagai ciri khasnya. Beberapa empal gentong terlezat dapat di jumpai di jalan Plered.

Baca juga:   Kedai Kopi Aming Pontianak

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan menu lengkap dengan ciri khasnya nasi putih yang di bungkus daun jati dan lauk-pauknya yang terdiri dari sambal goreng, perkedel, tahu, tempe, cumi hitam, sate kentang, dan paru goreng. Nasi jamblang mang Dul yang terletak di jalan Gunungsari dan nasi jamblang di depan pelabuhan adalah yang paling banyak memiliki jumlah pelanggan.

Docang

Makanan ini merupakan sejenis lontong sayur yang bercita rasa gurih. Kuah docang yang terbuat dari oncom dage mengguyuri lontong dengan tauge dan daun singkong rebus. Kekhasan docang ini di taburi kelapa parut dan remahan krupuk aci. Docang mudah dijumpai hampir di setiap pasar tradisional dan di depan stasiun Cirebon.

Baca juga:   4 Kuliner Favorit Di Sulawesi Selatan

Mie Koclok

Mie koclok merupakan mie rebus, hanya saja mie kuning yang di buat terlalu lembek karena di rendam dengan air panas kemudian di koclok-koclok( di kocok) seperti membuat dadar telur. Pelengkap mie koclok adalah tauge rebus, irisan kol, ayam suwir, dan telor rebus. Mie koclok terasa gurih karena kuahnya yang kental yang terbuat dari santan dan maizena. Mie koclok yang paling banyak dikunjungi terletak di jalan Lawanggada.

Sambel Asem

Makanan ini sejenis rujak sayur yang terdiri dari tauge, kol, ketimun, kangkung, daun papaya, paria yang semuanya di rebus kemudian di beri kucuran sambal yang terbuat dari asem jawa, cabai dan gula merah. Sambal asem biasanya disajikan dengan kerupuk mlarat (krupuk aci warna warni yang di goreng dengan pasir) dan soun goreng. Sambel asem di pasar Kanoman dan di depan Grand Centre Jogja grand di jalan Siliwangi selalu di buru pecinta jajanan lokal Cirebon.

Baca juga:   Kuliner Soto Buntut Cak Choirul Sidoarjo

Masih banyak beberapa makanan khas Cirebon lainnya seperti tahu gejrot, sate kalong dan manisan buah kering atau basah yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi bila Anda berwisata di Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon.

 

Nikmati Wisata Kuliner Yang Top di Cirebon

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *