Wisata Seni dan Budaya Indonesia

Keanekaragaman seni dan budaya Indonesia merupakan aset bangsa dan negara yang tidak ternilai harganya. Hal ini yang dapat membuat nilai wisata semakin tinggi dan banyak dilirik oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Maka dari itu sudah selayaknya seluruh lapisan masyarakat ikut melestarikan dan menjaga ragam seni dan budaya yang ada di Indonesia agar dapat bertahan dan berkembang untuk kepentingan semua.

Seni dan Budaya Indonesia tumbuh dari ide atau gagasan sebuah proses pemikiran rakyat Indonesia. Sebuah ekspresi cipta rasa manusia dalam kreatifitas yang memiliki keunikan tersendiri dari individu maupun kelompok (suku). Seni dan budaya yang memiliki corak tersendiri sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia dan memiliki nilai-nilai yang diterjemahkan dalam adat istiadat setempat. Nilai-nilai ini dapat “dijual” sebagai wisata Indonesia yang menarik.

 

wisata seni budaya indonesia

Seni dan Budaya Indonesia Untuk Wisata



 

Dalam kehidupan sehari-hari, seni dan budaya yang ada dalam masyarakat kelompok kecil (suku/daerah) mungkin sudah dianggap lumrah. Namun bagi kelompok lain, bisa saja dianggap sesuatu yang baru. Banyak masyarakat Indonesia masih belum tahu seni dan budaya kelompok lain yang ada di Indonesia. Dari sinilah wisata dapat berkembang.

Dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, selama berabad-abad Indonesia dipengaruhi oleh budaya bangsa lain seperti India, Cina, Arab, hingga Eropa. Masuknya budaya asing tersebut mempengaruhi budaya lokal sehingga menimbulkan budaya baru sebagai adaptasi, serapan maupun asimilasi terhadap tradisi yang ada sebelumnya. Apalagi untuk saat ini, perkembangan global termasuk kemudahan untuk mencari informasi mampu mempengaruhi masyarakat menemukan budaya-budaya lainnya.

Bagi yang senang melakukan perjalanan (traveling) ke berbagai daerah di Indonesia, khususnya bagi yang rasa ingin tahunya cukup tinggi terhadap beragam seni dan budaya, wisata Indonesia dapat menjadi ajang pengenalan adat dan tradisi Indonesia yang beragam.

Wisata Seni dan Budaya Indonesia – Kanal Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *