Wisata Alam Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Wisata alam Goa Akbar terletak di Jalan Gajah Mada Tuban, Jawa timur. Tidak sulit untuk menemukan Goa Akbar karena letaknya di jalur utama dari Surabaya menuju Semarang. Apalagi berlokasi tepat di belakang pasar baru Tuban.

kanal wisata goa akbar tuban

Luas tempat lokasi wisata alam ini sekitar 1 hektar dan baru dikelola dengan serius oleh pemerintah daerah Tuban sejak tahun 1998. Sebelumnya, dibiarkan terbengkalai dan banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan goa tersebut, yang konon merupakan tempat persembunyian brandal Lokajaya yang kemudian dikenal sebagai Sunan Kalijaga.

Goa Akbar Legenda Tuban Masa Lalu

 

Saat ini Goa Akbar menjadi wisata andalan kota Tuban yang dipercantik dengan beberapa fasilitas pendukung agar wisatawan nyaman berkunjung untuk menikmati suasana Goa yang menakjubkan. Dekorasi gua yang dibantu dengan lampu hias menyuguhkan dimensi bebatuan yang mengagumkan.

wisata Goa akbar tuban

Pelataran dan jalur menuju goa telah paving block dan di beri pagar steinless steel sebagai pagar pembatas dan keselamatan pengunjung.

Ada beberapa versi yang berkaitan dengan nama Goa Akbar ini. Dahulu di sekitar goa banyak dijumpai pohon Ngabar (Abar) yang dalam bahasa Jawa berarti latihan. Goa ini menjadi tempat latihan prajurit Ronggolawe, yang berencana mengadakan pemberontakan ke Kerajaan Majapahit karena ketidakpuasan atas pelantikan Nambi sebagai Maha Patih Majapahit. Akhirnya masyarakat setempat menamakan tempat ini menjadi Dusun Ngabar yang sekarang masuk wilayah Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.



Versi lain menyebutkan, nama Goa Akbar diberikan oleh Sunan Bonang saat berkunjung ke dalam goa setelah diajak oleh berandal Lokajaya yang diusir oleh ayahnya. Beliau terpesona dan seketika berucap “Allahu Akbar”. Sejak itulah disebut Goa Akbar.

Di wisata alam Goa Akbar terdapat sumber air yang bernama Kedung Tirta Agung dan terdapat ruang yang sangat luas yang dikenal sebagai Paseban (ruang pertemuan) dengan hiasan Stalagtit dan stalagmit dan dipercaya sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah para Sunan.

 

Hotel berbintang dengan tarif murah yang dekat dengan lokasi wisata alam Goa akbar Tuban berada di Surabaya.

 

hotel murah Kanal wisata

 

Kanal Wisata Alam Goa Akbar Tuban

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *