Road Trip ke Jakarta – Bali Aman dan Hemat, Jangan Lupa Proteksi Perjalanan!

Bagi warga ibu kota, liburan ke Bali kerap menjadi pilihan melepas penat dari beragam aktivitas. Selain memiliki banyak destinasi wisata yang indah, budaya Bali juga tak kalah menarik.

asuransi perjalanan

Salah satu cara untuk bisa menikmati perjalanan kesana yaitu dengan melakukan road trip atau perjalanan jalur darat bisa ditempuh dengan mobil pribadi. Terdengar melelahkan, namun road trip memberikan pengalaman perjalanan lebih mengesankan dan tidak terlupakan, apalagi Anda bisa singgah ke beberapa kota dalam perjalanan.

Agar perjalanan aman dan nyaman, temukan asuransi perjalanan terbaik di sini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Selain itu, Anda juga bisa melindungi kendaraan dengan asuransi perjalanan.

Temukan pula asuransi online paling direkomendasikan. Asuransi melindungi keuangan dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan.

Tips Road Trip Jakarta Bali

Dibutuhkan persiapan lebih dibandingkan melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Mulai dari persiapan kondisi kesehatan, mempersiapkan mobil hingga biaya perjalanan menuju pulau Dewata.

Akan lebih baik mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari agar perjalanan lebih terencana. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Pastikan kondisi mobil sebelum berangkat

Sebelum melakukan perjalanan jauh Jakarta-Bali, lakukan pemeriksaan pada mobil secara menyeluruh. Mulai dari mesin, ban, karburator hingga instrumen keselamatan seperti airbag dan sebagainya.

Anda bisa melakukan servis untuk memastikan seluruh bagian mobil berfungsi dengan baik. Hal ini demi keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Persiapkan kondisi kesehatan

Selain kondisi mobil, kondisi tubuh dalam keadaan fit merupakan hal penting. Karena tidak mengemudi jarak jauh akan sangat melelahkan. Begitu pun dalam perjalanan, jika dirasa mulai lelah jangan ragu untuk menepi untuk beristirahat.

Carilah rest area terdekat untuk beristirahat, ketika sudah cukup bugar barulah lanjutkan perjalanan. Jangan sampai mengemudi dalam kondisi lelah karena dapat berbahaya untuk keselamatan.

Pelajari rute perjalanan

Rute perjalanan Jakarta-Bali diperkirakan membutuhkan waktu 48 jam namun karena kini sudah ada Tol Trans Jawa, waktunya berkurang lebih dari setengahnya. Anda perlu mempelajari rute terbaik yang diinginkan.

Jika mau berhemat, jarang terus mengikuti jalur tol, pilih jalur alternatif untuk mengurangi biaya tol.

Selain bisa berhemat Anda bisa singgah ke beberapa kota dan menemukan hal-hal baru di tempat baru. Namun, pastikan sudah memilih rute alternatif dengan tepat agar tidak nyasar.

Membawa perbekalan perjalanan

Perbekalan dibutuhkan agar Anda tidak harus menepi ketika membutuhkan sesuatu. Perbekalan yang dibutuhkan berupa makanan secukupnya, air minum, kotak P3K dan lainnya.

Terutama jika Anda melakukan perjalanan dengan anak-anak, penting untuk memperhatikan kebutuhan mereka.

Perbekalan yang cukup membuat perjalanan terasa nyaman. Selain itu Anda membutuhkan perlengkapan perbaikan mobil jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mobil.

Menyusun biaya perjalanan

Menyiapkan biaya perjalanan sangat penting dan akan lebih baik jika sebelumnya sudah disusun agar tidak membengkak. Anda dapat menyusun dengan detail untuk memudahkan dan tepat guna sesuai kebutuhan.

Buat prioritas penggunaan uang, mulai uang bensin, uang tol, penyeberangan, makan dan lainnya. Apalagi dalam perjalanan jauh, jangan sampai biaya membengkak di perjalanan dan kehabisan uang sebelum pulang.

Buat list wisata sepanjang perjalanan

Jangan hanya fokus pada wisata di Bali, karena spesialnya dari road trip adalah menikmati pesona berbagai wilayah sepanjang perjalanan.

Buatlah list tempat menarik di setiap kota yang dilalui, namun jangan berhenti di semua kota karena bisa membuat perjalanan terlalu lama. Pilihlah beberapa yang menarik.

Anda juga bisa mencoba kuliner khas di kota-kota tertentu. Tentu sepanjang perjalanan Anda butuh makan, jadi sekalian wisata kuliner tidak akan membuang waktu.

Misalnya, mencoba sajian burung emprit khas Kediri, nasi tempong khas Banyuwangi dan sebagainya.

Lindungi dengan asuransi

Selain persiapan teknis dalam perjalanan, penting memastikan diri Anda terlindungi dengan asuransi baik asuransi untuk kendaraan dan asuransi perjalanan.

Banyak orang berpikir asuransi sangat memberatkan, padahal mereka dapat memilih sesuai dengan kemampuan.

Padahal, asuransi memberikan rasa aman, sebab melindungi Anda dari risiko kerugian yang mungkin terjadi selama perjalanan road trip.

Itulah tips road trip Jakarta Bali tetap aman dan hemat yang bisa Anda coba. Jadi, tunggu apalagi, ajak orang-orang tersayang, keluarga atau teman-teman agar perjalanan semakin menyenangkan.

Isi liburan dengan pengalaman berharga dan buat kenangan tidak terlupakan bersama!

 

Road Trip ke Jakarta – Bali Aman dan Hemat, Jangan Lupa Proteksi Perjalanan!

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.