7 Tips Tetap Aman Belanja Langsung dan di Supermarket Online

Masa pandemi mulai menunjukkan tanda-tanda berakhir. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga kesehatan dan beraktivitas secara aman. Seperti menerapkan protokol kesehatan, mengurangi kegiatan di luar rumah, atau berbelanja melalui supermarket online.

tips belanja di Supermarket Online

Memasuki masa akhir pandemi, banyak aktivitas dan tempat umum yang kembali dibuka. Anda juga mulai bisa mengunjungi berbagai tempat hiburan dan fasilitas umum. Termasuk berbelanja kebutuhan mingguan dan bulanan di toko dan pusat perbelanjaan.

Tips Belanja Kebutuhan Bulanan Dengan Aman

Jika Anda lebih memilih berbelanja secara langsung daripada belanja di supermarket online, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keamanan saat berbelanja. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman saat berbelanja:

1. Gunakan Masker atau Face Shield

Meski penyebaran COVID-19 sudah mulai mereda, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jika harus berbelanja di supermarket, pastikan Anda tetap menggunakan masker atau face shield dengan benar.

Penggunaan masker atau face shield bukan hanya membantu mengurangi resiko penyebaran virus COVID-19 saja. Tapi juga menurunkan risiko terinfeksi penyakit lain yang mungkin terjadi.

2. Bawa Masker Cadangan dan Hand Sanitizer

Kalau Anda pergi cukup lama, sebaiknya bawa juga masker cadangan untuk berjaga-jaga. Jika masker yang Anda gunakan kotor, basah, atau tidak bisa digunakan, Anda bisa langsung menggunakan masker cadangan tersebut.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa peralatan lain yang mungkin diperlukan. Seperti hand sanitizer, tisu basah dengan alkohol, tisu kering, sabun kemasan kecil, dan lain-lain.

3. Sering Cuci Tangan

Jangan lupa untuk terus menjaga tangan Anda tetap bersih. Misalnya dengan menggunakan hand sanitizer secara berkala, atau mencuci tangan ketika memungkinkan. Khususnya sebelum makan atau sebelum menyentuh wajah.

Berbelanja secara langsung membuat Anda menyentuh lebih banyak barang. Sehingga, risiko terpapar kuman atau virus juga akan meningkat. Mencuci tangan dengan sabun dapat membantu menurunkan risiko paparan tersebut.

4. Jaga Jarak Aman

Berbeda dengan belanja di supermarket online, Anda pasti akan bertemu dengan banyak pengunjung lain saat belanja di toko. Akan tetapi, pastikan untuk tetap menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya. Setidaknya, pastikan Anda dan pengunjung lain memiliki jarak sekitar 1 meter.

Hindari berada terlalu dekat dengan pengunjung lain di toko. Khususnya saat berada di kasir. Biasanya, pihak supermarket telah mengatur jarak antrian di kasir. Perhatikan aturan jarak antrian tersebut dan tidak perlu tergesa-gesa saat berada di kasir.

5. Pilih Pembayaran Non Tunai

Uang adalah salah satu benda yang memiliki banyak kuman dan virus. Menggunakan sistem pembayaran non tunai mengurangi risiko pertukaran virus dan kuman melalui uang. Apalagi, hampir sebagian besar supermarket sudah mendukung sistem pembayaran non tunai. Mulai dari e-money, dompet digital, kartu, dan lain-lain.

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk kembali mencuci tangan. Anda juga dapat memanfaatkan hand sanitizer yang biasanya tersedia di kasir supermarket.

6. Bersihkan Diri dan Belanjaan

Setelah selesai berbelanja dan sampai di rumah, jangan lupa untuk segera membersihkan diri. Mulai dari mencuci tangan, mandi, hingga keramas. Sehingga, rumah dan anggota keluarga lainnya bisa tetap terjaga dari paparan virus dari luar rumah.

Bersihkan juga belanjaan yang Anda bawa pulang. Pisahkan barang yang perlu disimpan sesegera mungkin. Jangan lupa untuk memeriksa dan membuang barang yang tidak lagi diperlukan. Seperti struk belanja, plastik dari supermarket, dan lain sebagainya.

7. Belanja Melalui Supermarket Online

Selain tips yang disebutkan, Anda juga bisa memanfaatkan cara belanja melalui supermarket online. Dengan berbelanja secara online, Anda bisa terhindar dari berbagai virus dan kuman di luar rumah.

Anda juga tidak perlu repot memilih barang yang akan dibeli. Cukup duduk manis di rumah, dan barang belanjaan Anda akan langsung diantar ke depan rumah Anda. Sangat mudah bukan?

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan layanan gratis ongkir dan satu jam sampai melalui Sayurbox. Layanan ini bisa Anda dapatkan jika melakukan pembelian melalui aplikasi atau website Sayurboc di https://www.sayurbox.com/. Tertarik untuk mencobanya langsung?

 

7 Tips Tetap Aman Belanja Langsung dan di Supermarket Online

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.