Wisata Taman Nasional Taka Bonerate

Wisata Alam Taman Nasional Taka Bonerate – Kepulauan Selayar terletak di selatan Sulawesi masuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Taman nasional yang termasuk cagar biosfer di Indonesia ini merupakan kawasan laut dengan pulau-pulau kecil, dengan sejumlah terumbu karang dan atol yang sangat indah. Selain itu, terdapat hutan mangrove yang berfungsi sebagai penghalang terhadap gelombang laut yang kuat dan sebagai tempat tinggal berbagai jenis ikan dan spesies burung.

Wisata taman nasional Taka Bonerate – Kepulauan Selayar dengan luas wilayah darat dan laut: 4.410,736 ha, berasa pada lokasi Latitude: 05 ° 42’S – 07 ° 35’S Bujur: 120 ° 15’E – 122 ° 30 ‘ E Midpoint: 06 ° 38’35 “S – 121 ° 22’22” E.

Taman Nasional Taka Bonerate Selayar

Di Cagar biosfer Taka Bonerate – Kepulauan Selayar terdapat atol terbesar di Asia Tenggara dan ketiga terbesar di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Selain atol, terdapat terumbu karang dengan luas 91.382 ha dengan beberapa spesies yang ada di sekitar kepulauan Selayar, diantaranya terumbu karang atol (cincin), terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang dan terumbu Patch ( karang gosong ).

Hutan mangrove di kawasan taman nasional laut ini terdapat beraneka jenis mangrove dengan 22 – 26 spesies dari 14 keluarga, yang menjadi tempat berlindung 34 spesies burung, yang terdiri dari jenis burung 12 lahan, jenis burung 13 shore dan 9 spesies burung laut.



Spesies fauna laut yang dilindungi di Wisata Taman Nasional Taka Bonerate – Kepulauan Selayar adalah penyu sisik ( Eretmochelys imbricate ), penyu hijau ( Chelonia mydas ), lumba-lumba ( Delphinus delphis ), ikan napoleon ( Cheilinus undulates ), paus sperma ( Physeter microcephalus ) dan paus sirip ( Globicephala macrorhyncus ).

Taman Nasional Taka Bonerate yang memiliki lima belas pulau ini sangat cocok untuk tujuan wisatawan yang ingin melakukan kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

 

Taman Nasional Taka Bonerate – Wisata Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *