Pantai Teluk Penyu Cilacap

Konon menurut cerita yang beredar, dahulunya pantai Teluk Penyu ini merupakan tempat hidup dan tempat berkembang biak bagi penyu-penyu. Keberadaan penyu inilah yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu.

Namanya memang cukup unik karena awalnya pantai ini digunakan sebagai tempat pengembangan penyu. Namun saat ini sudah tidak banyak penyu ada di lokasi pantai ini. Ciri khas dari Pantai Teluk Penyu Cilacap ini adalah pasirnya berwarna hitam dan memiliki ombak yang besar.

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Berkunjung ke Cilacap, Jawa Tengah, cobalah mengunjungi beberapa kawasan wisata di kota ini. Salah satunya adalah Pantai Teluk Penyu. Terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Teluk Penyu, seperti bermain bola, berenang, memancing, bersantai dan lainnya.

Jika beruntung, anda bisa menyaksikan tradisi sedekah laut yang rutin dilakukan oleh nelayan sekitar pantai.Yang menjadi salah satu kegiatan favorit di Pantai Teluk Penyu adalah memancing di tengah laut. Untuk bisa memancing di tengah laut, Anda akan dikenakan tarif perahu nelayan sekitar Rp 70.000 sampai dengan 100.000.

Sedangkan bagi anda yang ingin berenang, tapi takut ombaknya yang besar tidak perlu takut karena Pantai Teluk Penyu memiliki penjaga pantai yang siap untuk menolong layaknya Baywatch. Lokasi Pantai Teluk Penyu Cilacap terletak di kecamatan Cilacap, Jawa Tengah.

Jika dari pusat kabupaten Cilacap berjarak sekitar 2 km. Akses menuju lokasi Pantai Teluk Penyu sangat mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Di lokasi ini terdapat perahu penyeberangan ke Pulau Nusakambangan.

Peta Lokasi Pantai Teluk Penyu, Cilacap

Dengan menggunakan perahu nelayan bisa menyeberang ke Pulau Nusakambangan, mengunjungi obyek wisata yang masih alami, dengan pepohonan yang masih rimbun. Di pulau Nusakambangan juga terdapat Benteng Pendem dan beberapa gua yang bisa kita kunjungi. Disamping juga wisata alam mengelilingi hutan dan menikmati indahnya Pantai Pasir Putih.

Nusakambangan yang berada di lepas pantai Cilacap ini dikenal juga sebagai Pulau Penjara. Di sinilah para narapidana dari kasus-kasus kriminal berat seperti terorisme dan peredaran narkoba disel di balik jeruji besi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Tapi, di balik kesan seram dan sangar, pulau ini ternyata menyimpan berbagai potensi wisata yang sanggup menarik hati untuk menjelajah kemari.

 

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Recommended For You

About the Author: kwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *