Pantai Pasir Putih di Pulau Nusa Kambangan

Perjalanan ke Pantai Pasir Putih di Pulau Nusa Kambangan akan melewati semacam pintu gerbang kecil, dan tak jauh dari pintu gerbang itu terdapat sebuah meriam tua yang sangat besar namun patah ditengahnya sehingga panjangnya hanya setengahnya.

Di sekitar meriam tersebut, terdapat 1 meriam lagi yang masih utuh hanya saja ukurannya tidak sebesar meriam yang patah, mungkin meriam-meriam ini pada zamannya menjadi senjata yang sangat ampuh dan mematikan terutama untuk menghalau kapal-kapal musuh, karena meriam-meriam tersebut mengarah ke pantai.

Pantai Pasir Putih di Pulau Nusa Kambangan
foto: Citizen6 – Liputan6.com

Pantainya sangat indah dengan hamparan pasir putih, laut yang biru dengan deburan ombak yang membentuk buih-buih yang menari-nari diatas gelombang, sungguh indah pemandangannya.

Sebenarnya tidak jauh dari lokasi wisata ini, ada Benteng Pendem Pulau Nusakambangan atau Benteng Karang Bolong. Namun lokasi ini jarang diketahui oleh banyak orang karena bukan pada jalur transportasi umum serta masih sulit ditempuh sehingga harus menggunakan menyewa perahu nelayan.

Udara di pantai ini juga tidak seterik pantai lainnya, mungkin karena masih banyak pepohonan untuk berteduh, hembusan angin yang sejuk membelai-belai tubuh kami mengajak istirahat sejenak di bawah rindangan pohon sambil menikmati suguhan alam yang begitu indah.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar hanya pantai inilah yang berpasir putih, tidak seperti pantai lainnya berpasir hitam seperti Pantai Teluk Penyu. Berada di suasana seperti ini terasa sangat menyenangkan, laut yang biru, deburan ombak yang saling susul menyusul, buih-buih yang menari-nari, hamparan pasir putih, hembusan angin, pepohonan yang rindang, begitu indah alam ini, namun karena waktu yang beranjak siang kami harus kembali.

Tidak jauh dari Pantai Pasir Putih ada sumur tua. Konon katanya di sumur ini dahulu ditemukan tulang-belulang manusia yang dibungkus dalam tiga karung. Memang sumur tersebut masih ada dan kondisinya juga masih utuh hanya saja sudah tidak mengeluarkan air lagi sehingga menjadi seperti sumur mati.

Di dekat sumur itu juga terdapat sebuah pantai lagi yang cukup landai, hanya saja kondisi dan pemandangannya tidak seindah Pantai Pasir Putih.

Peta Lokasi Pantai Pasir Putih Pulau Nusa Kambangan

 

Wisata: Pantai Pasir Putih di Pulau Nusa Kambangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *