Cara Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula yang Tepat

Berwisata ke Jerman akan lebih terbantu jika mengerti bahasa Jerman. Banyak masyarakat Jerman yang hanya mengerti bahasanya sendiri serta banyak yang tidak mengerti bahasa Inggris. Tidak harus benar-benar fasih berbahasa Jerman, namun setidaknya mengerti kosakata yang digunakan sehari-hari.

bahasa jerman sehari-hari

Untuk itu, tidak ada salahnya belajar bahasa Jerman untuk Pemula. Akan tetapi, apakah cara belajarmu sudah efektif untuk menguasai bahasa Jerman? Tidak semua orang dapat menangkap materi dengan kecepatan yang sama.

Banyak juga yang akhirnya menyerah, padahal baru belajar satu dan dua bulan saja. Memulai belajar memang mudah, tapi mempertahankan konsistensi belajar itulah yang sulit untuk itulah Kamu bisa belajar Jerman Surabaya.

Selain itu jika kamu ingin belajar bahasa Jerman maka nikmati prosesnya dan jangan terburu-buru. Selalu temukan tujuan belajar bahasa Jerman ketika semangat belajar sedang menurun. Tentukan juga jadwal belajar yang efektif dan efisien, tentunya dengan materi belajar yang mudah dipahami.

5 Trik Belajar Bahasa Jerman Bagi Pemula

Cara belajar kini lebih dipermudah dengan hadirnya teknologi. Kamu tidak harus belajar bahasa Jerman di dalam kelas, cukup dengan smartphone dan mengunduh aplikasi belajar khusus. Di dalamnya terdapat banyak materi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan belajar kamu.

Baca juga:   Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis yang Tepat

Selain menggunakan aplikasi, ada beberapa trik yang perlu diikuti. Berikut ini trik yang perlu dilakukan pemula saat mempelajari bahasa Jerman:

1. Kuasai cara membaca alfabet

Alfabet adalah hal yang paling dasar sebelum kamu mempelajari kosakata. Bahasa Jerman memiliki alfabet yang berbeda dengan bahasa Indonesia, begitu pula dengan pelafalannya. Jika kamu langsung mempelajari kosakata, maka cara membaca pun bisa salah.

Cara belajar alfabet adalah dengan mendengarkan bagaimana bunyi pengucapannya yang benar. Di beberapa aplikasi biasanya terdapat audio pengucapan alfabet yang bisa kamu dengarkan berulang kali. Fokuskan materi belajar dengan alfabet Ä, Ö, Ü. Ada beberapa huruf konsonan yang sama tetapi pengucapannya berbeda ketika digunakan dalam sebuah kota dan berdiri sendiri.

2. Belajar kosakata dasar

Kamu sudah menguasai pengucapan alfabet dengan benar, saatnya masuk ke dalam materi kosakata. Ada ribuan kosakata, tapi cara paling mudah adalah dengan mempelajari kosakata dasar yang sering digunakan. Misalnya saja seperti kosakata sapaan atau mengucapkan kata terima kasih.

Kosakata dasar ini digunakan sehari-hari, jadi kamu pasti akan lebih mudah mempelajarinya. Beberapa ungkapan dasar seperti berikut ini bisa dipelajari.

  • Hallo – Halo
  • Guten Morgen – Selamat pagi
  • Guten Abend – Selamat sore
  • Gute Nacht – Selamat malam
  • Danke – Terima kasih
  • Tschüss – Selamat tinggal
  • Bis später – Sampai jumpa lagi
Baca juga:   Sejahtera Usia Muda Lewat Asuransi dan Investasi

Apabila ungkapan ini sudah kamu kuasai, maka selanjutnya adalah kosakata dalam beberapa tema. Seperti kosakata tentang nama hewan, nama tanaman, waktu, olahraga, hobi, dan tema lain yang kamu sukai. Mempelajari tema yang disukai tentunya akan lebih cepat dihafalkan oleh otak.

Buatlah daftar kosakata harian yang harus kamu hafalkan dan review setiap akhir pekan. Kira-kira dalam satu minggu berapa banyak kosakata yang bisa kamu hafalkan? Tambahkan jumlahnya setiap harinya.

3. Mempelajari kata benda, kata kerja dan kata sifat

Setelah menguasai ungkapan serta kosakata dasar dalam bahasa Jerman, saatnya untuk melangkah lebih jauh. Demi mempersiapkan kemampuan percakapan kamu harus mempelajari kata benda, kata kerja dan juga kata sifat. Terutama kata benda karena dalam bahasa Jerman kata ini dibagi sesuai dengan gender.

Semua kata benda juga ditulis dengan awalan huruf besar yang terbagi menjadi tiga gender yaitu masculine, feminin dan netral. Sedangkan untuk kata kerja sendiri terbagi menjadi beberapa konjugasi. Yaitu kata kerja beraturan, kata kerja pengecualian dan kata kerja tidak beraturan. Melalui kata kerja, kamu akan mengetahui bagaimana pembagian waktu dalam kalimat berbahasa Jerman.

Baca juga:   Aplikasi NowMe Live Commerce Pertama di Asia Tenggara

Kata sifat dalam bahasa Jerman juga terbagi menjadi beberapa bagian. Ketika kamu mempelajari kosakata, baik kata benda, kata kerja dan kata sifat termasuk di dalamnya. Kamu hanya perlu mempelajari pembagian dan perubahannya saja.

4. Belajar tentang grammar

Urutan yang keempat adalah mempelajari grammar bahasa Jerman. Soal tata bahasa apapun seringkali menjadi bagian yang sulit untuk dipelajari. Mengapa? Karena didalamnya terdapat struktur bentuk rumus yang perlu dikuasai. Jika kamu sudah menguasai konjugasi pada kata kerja sebelumnya, maka materi grammar akan lebih mudah dipelajari.

5. Mulailah kelas percakapan mini

Trik belajar yang terakhir adalah mempraktekkan semua teori yang sudah kamu pelajari dalam sebuah percakapan. Kamu bisa membuat kelas mini dengan teman lain. Jika kesulitan mencari teman bisa mencarinya di aplikasi belajar online. Beberapa aplikasi akan menghubungkan dengan teman lainnya yang juga sama-sama sedang belajar.

 

Cara Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula yang Tepat

kwisata

turut membahas informasi pariwisata berdasarkan tempat lokasi tujuan wisata-wisata khususnya yang ada di Indonesia, juga info pendukung wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *